5 Langkah Cara Sablon Kaos Sublim dengan Benar

Cara Sablon Kaos Sublim

Sablon kaos dengan cara yang praktis, mudah, juga murah adalah cara sablon kaos sublim yang belakangan banyak diminati dalam dunia bisnis. Bisnis sablon kaos diketahui adalah salah satu peluang bisnis yang sudah memiliki pasar yang jelas. Kaos merupakan pakaian yang tidak pernah habis dan hilang zaman kepopulerannya. Setiap saat kaos masih terus diproduksi dan dibeli oleh masyarakat. Tentunya hal ini yang membuat kamu pun juga membangun bisnis dalam usaha kaos dan juga sablonnya.

Khusus untuk bisnis pada bidang sablon kaos, kamu perlu mengetahui apa saja teknik sablon kaos yang ada. Saat baru memulai bisnis, tentunya memilih teknik yang praktis, mudah, dan juga murah seperti teknik sublim adalah pilihan yang terbaik. Teknik sablon kaos sublim ini adalah teknik pencetakan desain ke kaos dengan memanfaatkan printer tinta sublim, kertas sublim, dan mesin press. Ketiga alat tersebut adalah alat yang dibutuhkan untuk melakukan sablon jenis ini. Jika kamu sudah menyiapkan masing-masing alat yang dibutuhkan, barulah kamu dapat melakukan cara sablon kaos sublim tersebut. Pertanyaannya apa saja langkah-langkah dalam melakukan sablon kaos sublim? Sudahkah kamu mengetahui hal tersebut sebelumnya?

5 Langkah Cara Sablon Kaos Sublim dengan Benar

Bagi kamu yang ingin menggunakan teknik sublim pada bisnis kaos yang kamu miliki, maka kamu perlu menyiapkan alat yang dibutuhkan dan mengetahui cara yang harus dilakukan. Seperti dijelaskan sebelumnya ada tiga alat pertama yang dibutuhkan. Sudahkah kamu memilikinya? Jika kamu sudah memilikinya, maka lakukan cara untuk menyablon kaos dengan teknik sublim ini. Penjelasan mengenai berbagai langkah yang harus dilalui pada teknik sublim dapat kamu pelajari melalui paparannya di bagian berikut ini.

1. Buat Desain dan Print dengan Tinta Sublim

Langkah yang pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat desain. Buatlah desain sebaik mungkin dan sesuai dengan target pasar, kemudian print desain tersebut. Desain harus di print pada kertas sublim dengan printer yang menggunakan tinta sublim (dye sublimation printer).

2. Siapkan Kaos yang akan Disablon

Jika sudah selesai dengan desain yang dibutuhkan, selanjutnya kamu harus menyiapkan kaos yang akan disablon. Letakkan kaos tersebut pada mesin press kaos. Pastikan posisinya pas dan sesuai dengan desain yang akan dipress.

3. Siapkan Kertas dengan Hasil Print Desain

Setelah kaos siap di atas mesin press, kamu dapat menaruh kertas hasil print desain di atas kaos. Desain yang diprint harus menghadap ke permukaan kaos yang akan dicetak. Pastikan lagi posisinya tepat dan tidak miring.

4. Lakukan Press Kaos untuk Mencetak Desain

Langkah berikutnya, kamu harus menggunakan fungsi dari mesin press. Press kaos dan kertas sublim pada suhu sekitar 120 – 159 derajat celcius. Biasanya dengan suhu tinggi tersebut, kamu hanya perlu melakukan press kaos selama 5 – 10 detik saja.

5. Lepaskan Kertas Desain dan Kaos Selesai Disablon

Terakhir, kaos sudah selesai kamu press dan lepaskan kertas sublim dengan hati-hati dari permukaan kaos. Setelah itu, kamu bisa melihat hasil sablon pada permukaan kaos bukan? Bagaimana apakah hasilnya cukup memuaskan?

Itulah tadi langkah dan cara sablon kaos sublim yang benar untuk kamu coba lakukan. Jika kamu sudah memahami setiap langkahnya, tentu saat melakukannya akan menjadi lebih mudah dan siap. Teknik sablon sublim ini pun memiliki resiko gagal yang sangat kecil. Mengingat sebagian besar prosesnya dilakukan oleh mesin. Jadi pelajari dan pahami dulu sebelum mencoba melakukan cara menyablon kaos yang satu ini. Selamat belajar cara sablon kaos sublim!