Cara Pasang Stiker Kulkas yang Tepat

cara-pasang-stiker-kulkas

Di dalam pembahasan kali ini, kami akan berikan bagaimana cara pasang stiker kulkas yang tepat dan tidak merusak permukaan serta awet menempel dalam waktu yang lama sehingga anda bisa terhindar dari kesalahan yang juga bisa merusak stiker.

Salah satu media yang paling umum digunakan, dan bahkan bisa dibilang serbaguna di suatu rumah adalah alat pendingin makanan yang juga umum disebut dengan kulkas, yang tentunya sangat sering kita temui sebagai tempat untuk menempelkan hiasan dari magnet.

Namun tidak hanya digunakan untuk menempel hiasan dari magnet, kulaks juga sering menjadi media yang umum untuk ditempeli oleh beragam stiker dengan beragam kebutuhan, mulai dari untuk memberikan informasi hingga kepada stiker dekorasi, ataupun bahkan menempelkan stiker pada keseluruhan badan kulkas untuk memberikan desain yang unik dan kreatif.

Apapun tujuannya, tentunya tidak akan berguna apabila kita tidak memahami bagaimana cara pasang stiker kulkas yang tepat sehingga hasilnya pun akan rapih, awet dan juga akan lebih tahan lama ketimbang yang dipasang secara asal-asalan, terutama apabila yang anda inginkan adalah memasang stiker pada keseluruhan kulkas.

Tapi sebelumnya, apabila anda ingin mempelajari lebih lanjut mengenai sablon dan percetakan, silahkan baca bberapa artikel kami yang dapat menambah wawasan anda seperti apa saja jenis sablon terbaik yang ada, kemudian apa saja tips cara membuat poster yang kreatif, pengertian leaflet dan fungsinya, serta banyak lagi artikel lainnya.

Jenis Stiker Kulkas

jenis-stiker-kulkas

Sebenarnya tidak ada batasan dalam memakai bahan stiker untuk ditempelkan di kulkas, karena bisa dibilang semua jenis bahan stiker bisa anda tempelkan ke bagian manapun dari kulkas dan akan erat menempel.

Yang benar-benar perlu anda perhatikan adalah pada saat ingin menempelkan stiker ke keseluruhan badan kulkas, karena tentiunya anda tidak menginginkan stiker tersebut mudah sobek, cepat luntur, dan bahkan cepat memudar warnanya.

Apabila yang anda inginkan hanyalah sekedar menempel stiker berukuran kecil yang bertujuan untuk memberikan informasi seperti “jangan lupa menutup pintu kulkas” dan sebagainya, atau sekedar stiker logo atau hiasan, maka anda bisa menggunakan bahan apa saja mulai dari HVS, kromo, hingga vinyl.

Tapi apabila stiker berukuran besar yang melapisi keseluruhan pintu atau badan kulkas, sebaiknya anda menggunakan pilihan bahan vinyl yang dikeluarkan oleh Ritrama atau Oracal yang memang sudah terbukti dan teruji kualitasnya.

Untuk desainnya, anda bisa mendesain sendiri pada software desain grafis seperti Coreldraw, Adobe Ilustrator, Adobe Photoshop, dan lain sebagainya, atau membeli stiker jadi pada penyedia jasa digital printing atau pada toko online.

Sementara untuk jenis stikernya, anda bisa menggunakan beragam jenis stiker sebagai berikut:

  1. Stiker Kromo (Tidak disarankan untuk stiker pelapis kulkas)
  2. Stiker Vinyl Ritrama
  3. Stiker Vinyl Oracal
  4. Stiker Scotchlight
  5. Stiker Transparan
  6. Cutting Stiker
  7. Dsb.

Ukuran Stiker Kulkas

ukuran-stiker-kulkas

Yang tidak kalah pentingnya adalah anda harus mengetahui berapa ukuran stiker yang sesuai dengan kulkas yang ingin anda tempeli stiker, karena apabila ada kesalahan dalam pemesanan atau produksi, maka stiker tidak akan cukup atau bahkan terlalu besar untuk menutupi kulkas sehingga malah akan terlihat jelek.

Ukuran standar untuk kulkas satu pintu adalah sekitar 60 cm x 125 cm per sisi nya, dan kemudian ukuran yang umum untuk kulkas dua pintu adalah sekitar 65 cm x 150 cm per sisinya, meskipun untuk lebih pasti sebaiknya anda ukur dengan menggunakan meteran.

Patokan ukuran tersebut adalah untuk satu sisi saja, dan nantinya apabila anda ingin melapisi stiker pada keseluruhan sisi dari kulkas (minus bagian belakang), maka anda memerlukan 3 lembar stiker ukuran satu sisi tersebut.

Kenapa harus 3 lembar dan tidak memesan satu stiker saja yang ukurannya sudah mencakup keseluruhan kulkas? Karena nantinya anda akan direpotkan pada saat pemasangan mengingat bentuk kulkas yang umumnya adalah berbentuk kotak dengan banyak lengkungan di permukaannya.

Tentunya ini akan berbeda apabila anda hanya ingin menempelkan stiker berukuran kecil seperti stiker peringatan atau stiker ukuran standar pada umumnya dan patokan ukuran di atas tidak perlu anda perhatikan.

Memilih Desain Stiker Kulkas

desain-stiker-kulkas

Seperti telah kami sebutkan, anda bisa menggunakan bahan stiker apapun untuk digunakan sebagai stiker yang akan ditempel dengan kulkas, dengan pengecualian untuk stiker yang menutupi seluruh kulkas di mana anda kami sarankan hanya menggunakan stiker berbahan vinyl atau yang kualitasnya sejenis.

Demikian halnya untuk desain yang bisa anda tempelkan pada kulkas, ini akan sangat bergantung dengan kebutuhan dan tujuan anda menempelkan stiker kulkas tersebut.

Apabila yang anda inginkan adalah menempelkan stiker kulkas untuk menutupi keseluruhan badan kulkas, maka ada beberapa tips yang bisa anda perhatikan supaya hasilnya apik dan sesuai dengan tema ruangan.

Misalnya kulkas anda sudah memiliki warna yang pudar, dan secara keseluruhan tema ruangan anda adalah minimalis, maka sebaiknya pilih warna-warna pastel tanpa banyak motif desain untuk digunakan sebagai stiker pelapis kulkas.

Atau bisa juga kalau anda ingin terlihat vintage dan sudah menggunakan lantai parket, maka anda bisa memilih stiker dengan motif kayu guna memperkuat kesan alami dan klasik pada ruangan.

Memilih warna-warna yang cerah dengan corak yang ebragam sebaiknya dilakukan apabila ruangan tempat anda menaruh kulkas memiliki pencahayaan yang terang dan cerah, sehingga warna tersebut akan lebih menonjol dan semakin mempercantik ruangan tempat anda menaruh kulkas tersebut.

Kemudian memilih warna cerah atau kontras juga bisa dilakukan apabila ruangan anda diisi dengan furnitur berwarna gelap, sehingga kulkas akan terlihat lebih menonjol dibandingkan benda-benda lainnya yang ada di ruangan tersebut.

Anda juga bisa memasang stiker dengan desain yang bertema dapur dan ruang makan, seperti stiker bergambar makanan atau memiliki gambar alat-alat dapur yang lucu, terutama apabila kulkas anda ditempatkan di ruang makan atau dapur.

Tentunya beberapa hal yang kami sebutkan di atas bukanlah hal yang mutlak, karena tentunya selera setiap orang berbeda-beda, tapi secara umum kami sarankan sebaiknya sesuaikan dengan tema dan warna dominan yang ada pada ruangan tersebut,

Cara Pasang Stiker Kulkas

panduan-cara-pasang-stiker-kulkas

Selanjutnya kami akan membahas bagaimana cara pasang stiker kulkas yang benar, dan tentunya kami akan lebih memfokuskan kepada stiker dengan ukuran yang besar karena memang memerlukan cara-cara yang benar untuk melakukannya.

Pertama-tama, anda perlu menyiapkan alat-alat sebagai berikut:

  1. Stiker kulkas yang akan ditempel (3 lembar untuk 3 sisi, atau sesuai keinginan anda),
  2. Spray yang diisi air sabun atau shampoo,
  3. Serokan/Rakel untuk kaca
  4. kartu bekas perdana,
  5. Kain Lap kering,
  6. Cutter,
  7. Obeng.

Setelah alat-alat tersebut anda siapkan, barulah anda bisa memulai pengerjaan pemasangan stiker pada badan kulkas, yang mana langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan lembaran stiker yang akan ditempelkan pada kulkas,
  2. Lepaskan bagian gagang kulkas dengan menggunakan obeng yang sudah disiapkan,
  3. Buka sedikit bagian atas dari lembaran stiker dan jangan dulu dibuka keseluruhan,
  4. Tempelkan bagian atas stiker yang terbuka pada bagian atas dari sisi kulkas yang akan ditempelkan stiker,
  5. Semprotkan permukaan kulkas yang belum tertutup stiker dengan menggunakan air sabun/shampoo secara merata,
  6. Lepaskan sisa bagian stiker yang belum terlepas, kemudian semprotkan bagian lem/adhesive dari stiker tersebut dengan air sabun/shampoo,
  7. Tempelkan stiker ke seluruh permukaan sisi kulkas yang ingin ditempel,
  8. Atur posisi stiker dan pastikan tidak ada kerutan pada stiker tersebut,
  9. Ratakan lapisan stiker dengan menggunakan kain lap kering, sementara untuk bagian lekukan pada kulkas ratakan dengan menggunakan serokan/rakel,
  10. Sekali lagi pastikan tidak ada kerutan ataupun gelembung pada lapisan permukaan stiker,
  11. Lubangi bagian logo kulkas dengan cutter apabila terdapat logo kulkas yang menonjol pada sisi permukaan kulkas yang ditempel stiker,
  12. Ratakan celah yang timbul akibat lubang cutter di sekitar area logo dengan menggunakan kartu perdana bekas atau rakel, pastikan tidak ada kerutan,
  13. Rapikan lebihan stiker atau sisa stiker yang menggelantung pada bagian pinggiran kulkas dengan memotongnya menggunakan cutter,
  14. Sekali lagi, pastikan sudah tidak ada kerutan atau gelembung pada permukaan stiker, dan apabila masih ada maka lepas stiker dan semprotkan kembali air sabun untuk kemudian kembali mengatur posisinya.
  15. Lakukan hal serupa pada sisi kulkas lainnya.

Untuk bagian sisi kulkas sebelah kanan dan kiri yang cenderung datar, anda bisa melakukan tahapan serupa dengan lebih mudah karena anda hanya perlu memastikan stiker tertempel dengan lurus dan tidak ada gelembung serta kerutan pada lapisan permukaannya.

Kesimpulan

Menggunakan stiker kulkas sebagai salah satu cara dalam mendekorasi ruangan secara keseluruhan memang patut dijadikan pertimbangan, terutama bagi anda yang memiliki kulkas tua yang warnanya sudah memudar atau menguning.

Dengan menggunakan stiker kulkas, maka anda akan membuat kulkas terlihat seperti baru kembali dan akan membantu meningkatkan keapikan visual dari ruangan tempat kulkas tersebut berada.

Tentunya anda perlu berhati-hati pada saat melakukan pemasangan stiker dengan cara mengikuti panduan serta langkah-langkah yang telah kami berikan di atas, supaya hasil penempelan tidak malah membuat kulkas tampak lebih buruk dibandingkan sebelumnya dan tidak nyaman dilihat.

Hal tersebut terutama bagi anda yang ingin melapisi keseluruhan sisi kulkas dengan stiker menggunakan motif tertentu, dan bukan sekedar menempel stiker berukuran kecil yang umumnya ditempelkan pada kulkas bagian atas atau pada pintu freezer untuk kulkas 2 pintu.

Jangan terburu-buru dalam melakukan pemasangan stiker kulkas tersebut, dan lakukan secara perlahan sembari anda rapihkan dengan sabar, karena bagi yang belum terbiasa, memasang stiker pada permukaan yang lebar bukanlah pekerjaan yang bisa dibilang mudah.

Baca juga beberapa artikel kami lainnya terkait dengan stiker yang ada di website ini, seperti apa saja manfaat stiker sebagai alat promosi, kemudian apa definisi dan kegunaan stiker transparan, lalu baca juga beberapa tips cara desain stiker yang bisa anda coba, dan masih banyak lagi artikel lainnya.

Kami harapkan panduan kami mengenai cara pasang stiker kulkas yang tepat ini akan dapat membantu anda yang kesulitan dalam melakukan hal tersebut, sehingga stiker bisa terpasang dengan rapih dan apik, yang akhirnya akan membuat kulkas terlihat lebih fresh dan juga mempercantik interior rumah anda secara keseluruhan.