Cara Pasang Stiker Kaca dengan Mudah

cara-pasang-stiker-kaca

Berikut ini kami akan memberikan panduan mengenai bagaimana cara pasang stiker kaca dengan mudah untuk anda ketahui dan doharapkan bisa mencoba serta melakukannya sendiri tanpa mengalami kendala.

Memasang stiker merupakan suatu hal yang umum dilakukan oleh semua orang, meskipun bisa dibilang masing-masing akan memiliki keinginan serta tujuan yang berbeda-beda dari pemasangan stiker tersebut.

Entah itu sebagai dekorasi, menambah nilai artistik, atau untuk menyampaikan pesan atau informasi, dan atau sebagai bagian dari strategi pemasaran untuk suatu merek atau produk yang juga banyak dilakukan oleh para pelaku usaha.

Banyak media yang umum digunakan untuk menempelkan stiker tersebut tergantung dari pesan dan tujuannya, mulai dari badan mobil, motor, helm, kulkas, meja, buku, dinsing, ataupun pada kaca rumah dan kaca mobil.

Masing-masing media tersebut tentunya membutuhkan proses penempelan yang berbeda supaya stiker dapat menempel dengan sempurna dan tahan lama serta tidak mudah terkelupas, dan kali ini kami akan membahas lebih dalam mengenai cara pasang stiker pada kaca.

Sebelum kami lanjutkan, anda bisa membaca terlebih dahulu berbagai artikel kami terkait dengan stiker seperti definisi dan kegunaan stiker vinyl, lalu definisi dan kegunaan stiker transparan, kemudian anda juga bisa mengetahui tentang manfaat stiker sebagai alat promosi, dan lain sebagainya.

Alasan Menempelkan Stiker pada Kaca

stiker-oneway
Sumber: papaprinting.com

Seperti telah kami sebutkan di atas, penempelan stiker banyak dilakukan di ragam media yang berbeda, dan diantaranya adalah media yang menggunakan bahan kaca seperti jendela, meja, ataupun kaca mobil.

Tentunya masing-masing media ini umum digunakan untuk kebutuhan yang berbeda-beda, mulai dari dekorasi hingga kepada pemberian informasi, yang selengkapnya akan kami jelaskan lebih lanjut berikut ini.

1. Menempelkan Stiker pada Kaca Jendela Rumah atau Mobil

Ada banyak jenis stiker yang umum digunakan dan ditempel pada kaca jendela, mulai dari sekedar stiker informasi nomor RT dan RW dari suatu rumah, stiker lainnya yang terkait dengan kependudukan, hingga kepada stiker ukuran penuh yang digunakan untuk dekorasi.

Stiker yang digunakan untuk penyampaian informasi kependudukan misalnya, biasanya hanyalah stiker kromo atau vinyl biasa yang ukurannya tidak terlalu besar serta memang sifatnya hanya untuk dijadikan informasi dari suatu rumah atau kantor.

Sementara stiker yang berukuran penuh (sebesar ukuran jendela) umumnya menggunakan jenis stiker sandblast yang berguna untuk membuat visual semacam grafir atau ukiran pada kaca , yang warna stikernya umumnya transparan dan memiliki tekstur seperti butiran pasir.

Jenis stiker ini berfungsi supaya kaca jendela tampak cantik dan indah apabila dilihat dari luar atau dalam, tergantung titik penempatannya apakah satu sisi atau dua sisi, serta juga untuk membatasi pandangan seseorang dari luar untuk melihat ke dalam dan sebaliknya.

2. Menempelkan Stiker pada Kaca Pembatas Ruangan

Apabila anda pernah memasuki ruang perkantoran, atau misalnya pada kantor tempat anda bekerja saat ini, tentunya juga sering melihat ukiran atau grafir pada kaca-kaca pembatas ruangan, yang biasanya juga menggunakan stiker sandblast atau menggunakan kaca akrilik.

Jenis stiker sandblast ini biasanya tidak tembus pandang dikarenakan memang fungsinya adalah supaya seseorang tidak bisa melihat apa yang terjadi di balik kaca atau di dalam ruangan, selain juga berfungsi sebagai dekorasi interior kantor yang cantik.

Tapi sering juga pada stiker pembatas ruangan ini menggunakan stiker berjenis one way vision, tapi terkadang juga ditemukan pada ruangan atasan yang memungkinkan atasan tersebut untuk dapat melihat pekerjaan karyawannya dari dalam ruangan.

3. Menempelkan Stiker pada Kaca Jendela Mobil

Salah satu media kaca yang juga umum untuk ditempelakn oleh stiker adalah pada kaca jendela mobil, baik itu kaca depan, kaca samping, ataupun kaca belakang, yang memiliki tujuan bermacam-macam sesuai jenis stikernya.

Misalnya pada kaca depan, umumnya akan ditempel stiker yang bersifat informatif seperti stiker tanda parkir berlangganan, stiker nomor urut kendaraan dalam suatu konvoi, ataupun juga untuk kebutuhan dekorasi seperti stiker dengan motif, corak, ataupun gambar objek yang disukai oleh si pemilik mobil.

Pada kaca samping, umumnya stiker juga bersifat informatif seperti pada kaca depan, misalnya stiker logo suatu perusahaan atau merek, namun bisa juga terkadang berbentuk dekoratif seperti stiker yang menjadi perpanjangan desain dari motif pada badan mobil bagian samping sehingga tampilan mobil menjadi lebih keren, atau stiker dengan gambar tokoh kartun yang lucu, dan lain sebagainya.

Kemudian kaca belakang merupakan area yang paling umum ditempeli stiker, mulai dari stiker almamater, stiker informatif, stiker dengan kata-kata unik, ataupun stiker yang menjadi dekorasi untuk bagian belakang mobil.

Cara Pasang Stiker Kaca

stiker-sandblast

Selanjutnya kami akan membahas mengenai cara pasang stiker pada media kaca, yang akan kami bagi berdasarkan beberapa jenisnya, seperti stiker kromo, vinyl, sandblast, dan juga stiker one way vision.

1. Cara Pasang Stiker Kromo dan Vinyl pada Kaca

Untuk pemasangan stiker kromo dan vinyl, cara pemasangan stiker tidak terlalu rumit, terutama apabila ukuran stiker tidak terlalu besar, karena umumnya memang tinggal langsung ditempelkan saja pada kaca.

Tetapi untuk hasil yang lebih maksimal, maka sebaiknya anda melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Semprotkan kaca dengan air sabun,
  2. Tempelkan stiker dan sesuaikan, stiker tidak akan langsung menempel karena masih ada air sabun pada kaca, sehingga bisa anda atur sesuka hati hingga mendapatkan letak dan posisi yang diinginkan,
  3. Untuk stiker yang berukuran penuh, ratakan permukaan stiker dengan serokan kaca, terutama pada bagian pinggir untuk membuang sisa air sabun yang terkumpul di bagian belakang stiker,
  4. Untuk stiker ukuran kecil, anda bisa menggunakan tangan untuk meratakan stiker tersebut,
  5. Pastikan stiker tidak menggelembung sehingga akan menempel dengan sempurna.

Stiker kromo biasanya jarang digunakan untuk menempelkan stiker pada kaca, karena seringnya akan meninggalkan bekas dan bahkan sobek pada saat dicabut, terutama apabila telah lama ditempel.

Untuk stiker Vinyl sendiri adalah opsi yang lebih baik dibandingkan kromo apabila anda ingin menempelkan stiker berukuran besar, dan anda bisa memilih apakah akan menggunakan vinyl transparan ataupun vinyl biasa yang memiliki latar belakang putih.

2. Cara Pasang Stiker Sandblast pada Kaca

Untuk menempelkan stiker jenis sandblast pada kaca, pada dasarnya caranya serupa dengan metode yang kami jelaskan di atas, tetapi memang karena ini biasanya dikhususkan untuk dekorasi dan umumnya berukuran besar, anda lebih memerlukan ketelatenan dan kehati-hatian saat memasangnya.

Langkah-langkah pemasangannya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan stiker sandblast yang sudah dipotong dan siap untuk ditempel,
  2. Basahi kaca dengan menggunakan air sabun,
  3. Tempelkan stiker dan sesuaikan hingga berada pada posisi yang anda inginkan,
  4. Gunakan serokan untuk membuang air sabun yang menumpuk di belakang stiker,
  5. Setelah tidak ada gelembung, diamkan stiker hinga kering,
  6. Rapihkan bagian-bagian yang tidak perlu dari stiker sandblast dengan menggunakan pisau atau cutter.

3. Cara Pasang Stiker One Way Vision pada Kaca

Stiker yang umum ditemukan pada kaca pembatas ruangan ataupun pada kaca mobil bagian belakng ini juga tidak terlalu berbeda dalam proses pemasangannya, yaotu dengan menggunakan air sabun dan serokan, namun bisa ditambah dengan menggunakan hair dryer.

Langkah-langkah memasang stiker one way di kaca adalah sebagai berikut:

  1. Semprotkan air sabun pada kaca jendela atau kaca pembatas yang akan ditempeli stiker one way,
  2. Tempelkan stiker tersebut dan sesuaikan posisinya,
  3. Gunakan serokan pada permukaan stiker untuk menghilangkan gelembung dan membersihkan air sabun yang menumpuk,
  4. Kelupas bagian stiker yang tidak digunakan apabila stiker sudah di cutting menggunakan plotter, atau potong manual dengan pisau atau cutter apabila tidak,
  5. Diamkan beberapa saat kemudian gunakan hair dryer untuk benar-benar mengeringkan stiker dari sisa-sisa air yang masih menempel di sekitarnya.

Stiker one way ini umumnya akan dicetak ukuran penuh sesuai dengan ukuran kaca yang akan dilapisi, dan umumnya digunakan sebagai stiker promosi dari suatu merek produk, jasa, ataupun perusahaan meskipun terkadang ada juga yang sepenuhnya untuk dekorasi.

Jenis Stiker Kaca Lainnya

kaca-film

Tidak hanya keempat jenis stiker di atas yang umum digunakan untuk melapisi permukaan kaca, karena memang masih banyak jenis lainnya yang belum kami sebutkan dikarenakan cara pemasangannya yang serupa.

Salah satu jenis lainnya adalah yang lazim disebut dengan istilah kaca film, yang biasa digunakan untuk melapisi kaca jendela mobil ataupun pada jendela rumah dan gedung perkantoran, supaya bagian interior terlindung dari sengatan matahari.

Kaca film yang banyak beredar di Indonesia biasanya adalah kaca film buatan produsen luar negeri, yang lebih dikenal dengan nama mereknya, seperti:

  1. Kaca film V-Kool
  2. Kaca film Solargard
  3. Kaca film Rayban
  4. Kaca film Sparta

Masing-masing kaca film tersebut biasanya dijual berdasarkan persentase kegelapannya apabila dilihat dari luar dan dalam, misalnya 20%, 40%, 60%, 80%, dan bahkan ada yang mencapai 100%.

Pada masing-masing jenis kaca film tersebut umumnya sudah dilengkapi dengan teknologi anti Ultraviolet sehingga bisa menghalangi radiasi UV dari sinar matahari untuk masuk ke dalam ruangan, yang juga bagus untuk membuat ruangan menjadi adem.

Tidak hanya itu, untuk beberapa jenis kaca film ada yang menawarkan fitur anti pecah, dalam artian apabila kaca terkena benturan maka serpihannya tidak akan berserakan melainkan menumpuk dan terlihat remuk di dalam lapisan kaca film sehingga lebih aman.

Kaca film tersebut juga biasanya dijual dengan beragam varian warna, dan tidak hanya warna hitam saja, ada yang menjual warna merah, hijau, biru, kuning, dan juga coklat yang bisa anda pilih sesuai selera dan kebutuhan.

Khusus untuk kaca film sparta, biasanya dijual dengan harga paling murah dan umumnya merupakan kaca film reflektif yang mana apabila dilihat dari luar anda seakan sedang berkaca pada cermin karena sifatnya yang memantulkan cahaya.

Kesimpulan

Beragam jenis stiker kaca yang telah kami sebutkan di atas tentunya bisa anda jadikan referensi dalam memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan anda, baik itu untuk kebutuhan penyampaian informasi, promosi, ataupun dekorasi.

Teknik pemasangan pada kaca pun umumnya serupa meskipun jenis stiker yang digunakan berbeda-beda, yaitu melapisi kaca dengan air sabun terlebih dahulu sebelum stiker ditempel dan disesuaikan.

Apabila anda ingin mengetahui tentang branding, promosi dan pemasaran, anda bisa membaca artikel kami yang ada di website ini seperti cara menjadi dropshipper bisnis online, lalu ada juga penjelasan mengenai cara kerja reseller dan keuntungannya, kemudian apa saja jenis promosi offline untuk bisnis online yang bisa anda coba, dan lain sebagainya.

Kami harapkan setelah membaca artikel mengenai cara pasang stiker kaca dengan mudah ini anda akan dapat lebih mengetahui bagaimana teknik pemasangan stiker pada media kaca yang baik dan benar, sehingga tidak terjadi kesalahan pada saat melakukannya.