8 Cara Merawat Kaos Sablon Tetap Tahan Lama

77
Cara Merawat Kaos Sablon

Saat kamu memiliki kaos dengan banyak sablon di permukaannya, maka sebaiknya kamu mempelajari cara merawat kaos sablon tersebut dengan baik. Tanpa cara perawatan yang tepat, sablon pada kaos akan mudah sekali rusak. Jika sablon tersebut telah rusak, maka kaos pun menjadi tidak menarik lagi saat digunakan. Tentu kamu akan merasa sangat kecewa, apalagi jika kaos tersebut adalah kaos favorit kamu. Menghindari kondisi yang tidak diinginkan seperti itu, maka sebaiknya kamu tahu apa saja yang harus kamu lakukan untuk merawat kaos dengan sablon (cetak saring).

Sablon pada kaos adalah hasil cetakan desain yang bertujuan untuk membuat kaos menjadi unik, keren, dan menarik. Setiap jenis sablonan sangat mungkin berbeda-beda, dan hal tersebut yang menjadi daya tarik bagi pembeli. Itulah mengapa jika sablon pada kaos rusak, maka kaos menjadi kurang menarik lagi untuk digunakan. Kamu yang gemar menggunakan kaos dengan sablon ini disarankan untuk melakukan berbagai cara merawat kaos sablon tetap tahan lama. Sudahkah kamu tahu apa saja cara-cara tersebut?

8 Cara Merawat Kaos Sablon Tetap Tahan Lama

Tentunya kaos yang tahan lama tidak bisa dihasilkan begitu saja tanpa adanya perawatan. Jika kamu juga ingin kaos sablon yang kamu punya dapat bertahan lama, maka lakukanlah perawatan yang dibutuhkan. Informasi mengenai apa saja jenis perawatan yang dibutuhkan tersebut dapat kamu ketahui pada penjelasan di bagian berikut ini.

1. Hindari Menyikat Kaos

Kaos yang disablon sebaiknya tidak dicuci dengan cara disikat. Jika kamu menyikat kaos, maka sablon menjadi lebih mudah untuk lepas atau rusak. Kucek perlahan dengan tangan saja, jika memang ada noda yang membandel.

2. Jangan Gunakan Kaos untuk Tidur

Kebiasaan buruk pun  harus kamu hilangkan jika ingin kaos kamu tetap tahan lama. Salah satu kebiasaan buruk tersebut adalah menggunakan kaos untuk tidur. Kaos yang digunakan untuk tidur akan sangat mudah rusak bagian sablonnya. Jadi ganti kaos favorit kamu sebelum tidur ya.

3. Jangan Lama Membersihkan Noda di Kaos

Jika ada noda yang ditemukan di kaos, segeralah bersihkan. Jangan menunggu lama hanya untuk membersihkan noda tersebut. Semakin lama kamu membersihkannya, noda akan semakin sulit untuk hilang dan terpaksa harus disikat lalu sablon menjadi cepat lepas.

4. Jangan Mencuci Kaos dengan Mesin

Kebiasaan lain yang juga harus kamu hilangkan adalah mencuci kaos sablon dengan mesin cuci. Mesin cuci akan mengaduk kaos tanpa memperhatikan permukaannya. Hal ini yang kemudian menyebabkan sablon kaos menjadi rusak dan cepat hilang jika dicuci dengan mesin.

5. Jemur Kaos dengan Dibalik

Pakaian berupa kaos sablon yang akan dijemur, sebaiknya dijemur dengan dibalik permukaannya. Kamu harus melakukan hal ini agar sinar matahari tidak langsung mengenai permukaan kaos yang disablon dan membuatnya lebih mudah rusak.

6. Pisahkan Kaos dari Cucian Lain

Agar kaos favorit kamu tetap tahan lama, biasakan juga memisahkan cuciannya dari cucian lain sebagai cara mencuci kaos polos dan bersablon dengan baik. Jika ada pakaian lain yang mudah luntur misalnya, maka saat dicuci bisa merusak kaos favorit kamu dan membuatnya tidak bagus lagi untuk dikenakan.

7. Saat Dicuci, Rendam Sebentar Saja

Sebelum mencuci, biasanya kamu merendam pakaian bukan agar kotorannya lekang akibat air? Hal ini tidak perlu terlalu lama dilakukan pada kaos sablon. Rendam hanya cukup sebentar saja. Jika terlalu lama, permukaan sablon akan mudah lepas karena pengaruh air dan sabun.

8. Selalu Setrika Kaos Setelah Dicuci

Kamu juga wajib menstrika kaos setiap selesai dicuci dan kering. Menyetrika kaos akan membuat permukaannya tetap terjaga bentuknya. Namun hindari menyetrika bagian sablonnya. Hanya setrika melalui lapisan dalam saja, jika memang diperlukan.

Demikian penjelasan mengenai 8 cara merawat kaos sablon tetap tahan lama yang dapat kamu juga coba lakukan. Sebenarnya cara-cara tersebut tidak sulit bukan? Hanya saja mungkin selama ini kebanyakan orang tidak mengetahuinya dan mengabaikannya. Tentu kamu tidak ingin memiliki kaos favorit yang cepat rusak karena tidak dirawat, Jadi selalu rawat kaos yang kamu miliki sesuai panduan cara yang dijelaskan di atas. Selamat merawat kaos sablon dengan baik!