Cara Menghilangkan Bekas Stiker dengan Mudah

cara-menghilangkan-bekas-stiker

Di dalam tulisan kami kali ini, kami akan membahas mengenai bagaimana cara menghilangkan bekas stiker dengan mudah tanpa harus merusak permukaan sehingga akan kembali seperti sedia kala.

Menempel suatu objek dengan stiker bagi sebagian besar orang merupakan hal yang lumrah untuk dilakukan, karena memang apabila dilakukan dengan tepat akan dapat menghiasi objek tersebut, atau bisa juga memberi pengingat akan suatu informasi.

Baik itu stiker yang ditempelkan pada kulkas, kaca mobil. kaca jendela, badan mobil atau motor, helm, dan sebagainya, masing-masing tentu memiliki alasan dan tujuannya tersendiri dengan ditempeli stiker tersebut.

Sayangnya terkadang pada saat dilepas, stiker-stiker tersebut akan meninggalkan bekas tempelan yang cukup mengganggu dan sangat sulit untuk dihilangkan, sehingga kita memerlukan suatu cara untuk menghilangkannya.

Karena itulah Porinto ingin memberikan panduan mengenai bagaimana cara menghilangkan bekas stiker dengan mudah dan tidak merusak lapisan dari permukaan objek tersebut sehingga akan mulus seperti sedia kala.

Baca juga artikel kami terkait dengan stiker lainnya seperti apa saja kelebihan stiker sebagai media promosi, kemudian definisi dan kegunaan stiker transparan, serta definisi dan kegunaan stiker vinyl, dan banyak lagi artikel lainnya yang bisa anda baca.

Kenapa Stiker Meninggalkan Bekas ?

cara-melepas-stiker-yang-lengket

Stiker adalah suatu objek yang memiliki lapisan perekat yang biasa disebut dengan adhesive di bagian bawahnya atau di bagian yang akan menempel pada permukaan objek.

Adhesive ini bisa menggunakan beberapa macam jenis bahan, mulai dari selotip, cairan lem, dan bisa juga menggunakan campuran gelatin dengan gula atau sirup jagung, yang masing-masing akan berbeda kekuatan rekatnya.

Untuk stiker kualitas tinggi yang diproduksi oleh pabrikan, stiker biasanya diproduksi dalam bentuk gulungan/roll dengan bagian yang memiliki perekat sudah ditutupi oleh lapisan yang mudah dilepas dan berguna untuk melindungi bagian perekat tersebut supaya tidak menempel kemana-mana.

Karena adanya lapisan perekat adhesive ini, pada saat lapisan tersebut merekat ke suatu objek, mereka akan menahan supaya bagian permukaan stiker dengan objek yang ditempel akan merekat dalam waktu yang lama.

Lama kelamaan perekat akan semakin erat menahan bagian permukaan stiker, yang biasanya terbuat dari kertas, lebih kuat dibandingkan kekuatan dari bahan stiker nya sendiri.

Sehingga saat stiker dilepas, bagian kertas dari stiker akan tetap menempel pada perekat, sehingga yang terlepas hanyalah bagian permukaan dari stikernya saja dan karenanya meninggalkan bekas.

Karenanya biasanya stiker yang terbuat dari bahan kertas akan lebih mungkin untuk meninggalkan bekas, sementara untuk stiker yang menggunakan bahan vinyl lebih jarang berbekas pada permukaan objek.

Stiker Vinyl sendiri biasanya meninggalkan bekas bukan dalam bentuk lapisan kertas yang menempel, tetapi justru lapisan dari adhesive nya yang meninggalkan bekas, umumnya pada pinggiran stiker.

Namun begitu, ada juga yang meninggalkan bekas akibat terlalu lama menempel dan menjadikan banyak debut serta kotoran yang menempel pada pinggiran stiker.

Jenis Stiker yang Tidak Meninggalkan Bekas

jenis-stiker-vinyl
sumber: stikermobilbranding.blogspot.com

Sebagai referensi kedepannya, kami akan berikan beberapa jenis stiker yang memiliki kemungkinan terkecil untuk meninggalkan bekas, sehingga bisa anda gunakan di kemudian hari.

Umumnya, seperti yang telah kami sebutkan, stiker dengan bahan vinyl adalah opsi teraman, tapi ada juga beberapa jenis stiker lain yang juga bisa anda coba. Beberapa jenis stiker yang tidak meninggalkan bekas tersebut antara lain adalah:

1. Stiker Vinyl

Stiker Vinyl merupakan stiker yang terbuat dari bahan plastik sintetis (buatan manusia) yang memiliki tingkat kelenturan dan ketahanan yang jauh lebih baik dibandingkan kertas, sehingga saat dilepas tidak akan mudah sobek dan berbekas pada permukaan.

2. Stiker Oracal

Stiker Oracal adalah stiker vinyl yang diproduksi oleh perusahaan ORAFOL asal Eropa yang memiliki daya tahan yang sangat baik dibandingkan produsen lainnya, kuat menempel, memiliki berbagai macam jenis untuk berbagai kebutuhan, dan tidak berbekas pada saat dilepas.

3. Stiker Ritrama

Stiker Ritrama adalah stiker yang diproduksi oleh perusahaan asal Italia dengan nama yang sama, dan sama seperti Orafol dengan Oracal-nya, memiliki berbagai jenis yang sesuai kebutuhan, dan umumnya memiliki ketahanan yang sangat baik serta tentunya tidak terlalu meninggalkan bekas saat dilepas.

4. Stiker Vinyl Transparan

Stiker Vinyl Transparan adalah jenis stiker vinyl yang bagian dasarnya tidak memiliki warna, alias tembus pandang atau transparan, serta umumnya bisa dicetak pada kedua sisinya meskipun tidak selalu demikian.

Karena bentuknya yang transparan dan terbuat dari vinyl, pada saat dilepas stiker tidak meninggalkan bekas sobekan dan kemungkinan yang ada hanyalah sisa adhesive yang tidak terlihat.

Cara Menghilangkan Bekas Stiker

melepas-stiker-mobil-lengket

Seperti yang kami sebut, meskipun pada beberapa jenis stiker tidak akan tersisa bekas sobekan dari stiker, tetapi seringnya masih meninggalkan sisa adhesive yang mengganggu dan membuat lapisan objek menjadi lengket apabila tidak dibersihkan.

Karenanya kami akan membagi dua panduan kali ini menjadi dua, yaitu bagaimana cara menghilangkan bekas sobekan stiker yang masih menempel, yang umumnya terjadi pada stiker yang menggunakan bahan kertas, dan juga cara menghilangkan sisa adhesive yang masih menempel pada stiker, baik untuk stiker kertas ataupun stiker jenis lainnya.

A. Cara Menghilangkan Bekas Sobekan Stiker

Untuk menghilangkan sisa sobekan stiker yang masih menempel setelah stiker dilepas, anda perlu menyiapkan alat-alat berikut ini:

  • Kartu perdana bekas atau sejenisnya,
  • Double Tape atau selotip dua sisi sejenis,
  • Air sabun
  • Kain lap kering

Kemudian langkah-langkah untuk menghilangkan sisa sobekan stiker tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, lepaskan stiker yang menempel, sehingga nantinya ada bekas sobekan stiker yang masih menempel pada permukaan,
  2. Gosokkan kartu pada bekas stiker tersebut, apabila masih terlalu sulit semprotkan air sabun terlebih dahulu pada area bekas stiker tersebut,
  3. Keringkan denggan kain lap, dan apabila masih terasa lengket dan meninggalkan bekas, lilitkan double tape ke jari telunjuk anda kemudian gosokkan pada permukaan objek,
  4. Semprotkan air sabun kembali pada permukaan dan keringkan dengan kain lap kering hingga bersih,
  5. Ulangi cara di atas hingga permukaan sudah tidak terasa lengket dan tidak memiliki bekas stiker yang tersisa.

B. Cara Menghilangkan Sisa Lem / Adhesive yang Masih Menempel

Selanjutnya, untuk bekas atau sisa adhesive yang masih menempel pada permukaan stiker, ada beberapa metode yang bisa dilakukan, yaitu dengan menggunakan air sabun, alkohol, adhesive remover, ataupun minyak zaitun.

B.1. Menghilangkan Sisa Lem dengan Air Sabun

Untuk menghilangkan bekas stiker menggunakan air sabun, yang harus anda siapkan adalah sebagai berikut:

  • Hair Dryer
  • Kartu bekas Perdana
  • Air Sabun
  • Kain lap kering

Sementara langkah-langkah melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Panaskan area pinggiran dari stiker dengan hair dryer,
  2. Kelupas stiker dengan tangan atau gunakan kartu bekas perdeana untuk mengelupasnya,
  3. Apabila anda masih merasa ada bekas adhesive pada permukaan, semprotkan air sabun ke permukaan tersebut kemudian lap hingga kering,
  4. Ulangi proses di atas apabila anda merasa masih ada sisa lem.

B.2. Menghilangkan Sisa Lem dengan Alkohol

Apabila dengan air sabun anda masih belum dapat menghilangkan bekas lem yang menempel, anda juga bisa mencoba untuk menghilangkannya dengan menggunakan alkohol.

Yang harus anda siapkan adalah sebagai berikut:

  1. Alkohol,
  2. Kain lap kering,
  3. Air bersih.

Langkah-langkah untuk menghilangkan bekas stiker dengan alkohol adalah sebagai berikut:

  1. Baluri permukaan yang terkena bekas stiker dengan menggunakan cairan alkohol,
  2. Gosok area tersebut menggunakan kain lap beberapa kali hingga bekas stiker hilang,
  3. Bersihkan dengan air bersih,
  4. Raba area tersebut dan pastikan sudah tidak ada bekas stiker,
  5. Apabila masih ada ulangi kegiatan di atas.

B.3. Menghilangkan Sisa Lem dengan Minyak Zaitun

Selain alkohol dan air sabun, anda juga bisa mencoba menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan bekas stiker tersebut, yang mana alat-alat yang harus anda siapkan adalah sebagai berikut:

  1. Minyak zaitun,
  2. Kartu bekas perdana atau sejenisnya,
  3. Dua buah Kain lap kering,
  4. Air bersih.

Selanjutnya langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah:

  1. Oleskan area yang terkena stiker dengan minyak zaitun menggunakan kain lap,
  2. Tahan kain yang diolesi minyak zaitun tersebut pada permukaan stiker selama beberapa menit,
  3. Kelupas stiker dengan tangan atau menggunakan kartu bekas perdana atau sejenisnya,
  4. Bersihkan permukaan dengan air bersih, dan apabila masih tersisa bekas stiker silahkan oleskan kembali minyak zaitun dan gosok area tersebut sampai bersih.

B.3. Menghilangkan Sisa Lem dengan Adhesive Remover

Yang terakhir adalah menhilangkan bekas stiker dengan menggunakan Adhesive Remover, cairan yang dikhususkan untuk menghilangkan bekas atau kerak lem yang menempel pada suatu permukaan objek.

Yang harus anda siapkan adalah sebagai berikut:

  1. Adhesive Remover
  2. Dua buah Kain Lap Kering
  3. Air bersih

Langkah-langkah melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Tuang adhesive remover pada kain kering, kemudian oleskan pada area yang masih tersisa bekas stiker,
  2. Diamkan beberapa menit, kemudian lap area tersebut dengan kain kering,
  3. Ulangi sampai bekas stiker hilang,
  4. Bersihkan area dengan air bersih.

Kesimpulan

Stiker memang sangat berguna dan merupakan solusi yang termurah untuk membuat suatu objek terlihat lebih unik ataupun indah, sehingga sangat umum digunakan oleh banyak orang.

Mulai dari untuk mempercantik tampilan motor, mobil, ataupun benda kesayangan lainnya, hingga kepada kebutuhan pemasaran seperti label pada kemasan, stiker untuk menyebarkan informasi, dan lain sebagainya.

Sayangnya melepaskan stiker dan membersihkan bekas yang ditimbulkan pada area yang ditempeli stiker tersebut terkadang tidak mudah dikarenakan meninggalkan bekas yang mengganggu dan bahkan sedikit kesalahan saja akan dapat merusak lapisan permukaan area yang tadinya ditempeli stiker.

Karenanya diperlukan metode tepat untuk melepaskan stiker, terutama yang sudah menempel dalam waktu yang lama, sehingga nantinya permukaan objek yang tadinya ditempeli stiker akan kembali mulus seperti sedia kala.

Apabila anda punya waktu, silahkan baca beberapa artikel kami mengenai dunia percetakan, sablon, dan pemasaran seperti cara kerja reseller dan keuntungannya, kemudian tips usaha sukses bagi pebisnis pemula, kemudian tips desain kartu nama yang berkelas, dan masih banyak lagi artikel lainnya.

Semoga panduan yang kami berikan pada artikel mengenai cara menghilangkan bekas stiker ini akan dapat membantu anda dalam melakukan hal tersebut dengan mudah dan tanpa perlu takut merusak permukaan yang pernah ditempeli stiker tersebut.