Cara mendapatkan Uang dari Google Adsense

Untuk anda yang masih penasaran dengan cara mendapatkan uang dari Google Adsense, berikut ini akan kami berikan penjelasan serta panduan lengkapnya untuk anda coba lakukan dan terapkan sendiri.

Di era digital dan serba internet seperti sekarang ini, mendapatkan uang secara online bukanlah hal yang langka lagi, dan ada banyak alternatif cara yang bisa anda coba lakukan selama mau belajar dan mau menghabiskan waktu untuk mendalaminya.

Beberapa metode seperti menjadi selebgram, mendapatkan uang dari kerja paruh waktu di internet, membuka toko online menggunakan website milik anda sendiri atau pada marketplace ternama seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan lain sebagainya, atau melalui apa yang akan menjadi pokok bahasan kami kali ini, yaitu Google Adsense.

Kami akan menjelaskan segala hal terkait dengan Google Adsense tersebut, mulai dari definisinya, sedikit latar berlakang di balik Adsense, hingga kepada apa saja yang bisa anda lakukan sebagai cara mendapatkan uang dari Google Adsense.

Apa itu Google Adsense ?

 

Google Adsense adalah suatu program kerjasama yang dibuka oleh Google, yang pada awalnya ditujukan untuk para pemilik blog pada platform Blogspot / Blogger, dalam bentuk kerjasama pemasangan iklan dengan imbal balik sejumlah uang.

Jadi nantinya Google akan memasang banner iklan yang mereka dapatkan dari para pengiklan yang memakai jasa mereka, yang nantinya bisa ditempatkan oleh penulis blog di bagian manapun dari blog dengan menggunakan baris kode yang diberikan oleh Google.

Mereka yang bekerja sama dengan Google melalui program Adsense itu disebut dengan istilah Publisher, yang sudah memiliki jumlah pengunjung yang banyak pada blog mereka, sehingga nantinya iklan banner yang di klik oleh pengunjung blog tersebut akan secara otomatis tercatat sebagai pendapatan dari si pemilik blog tersebut.

Perkembangan Google Adsense

 

Dikarenakan semakin berkembangnya perusahaan Google itu sendiri, dan semakin banyak pula pemilik blog dan juga pemilik website yang menyajikan konten artikel baru setiap harinya, maka program Google Adsense ini pun semakin melebar.

Google Adsense pun akhirnya juga menerima penempatan pada website pribadi yang tidak berada di dalam platform Blogger/Blogspot, selama website tersebut menaati dan tidak melanggar syarat dan ketentuan yang diberikan oleh Google.

Dan kemudian setelah Youtube resmi diakuisisi oleh Google, mereka juga mengintegrasikan platform Adsense mereka ke dalam video-video yang ditayangkan pada Youtube, yang pada akhirnya memunculkan banyak Youtuber yang menghasilkan banyak uang melalui Adsense tersebut.

Cara Menjadi Publisher Google Adsense

Dahulu untuk menjadi publisher Google Adsense syaratnya tidak terlalu berbelit-belit, terutama apabila anda menggunakan platform milik Google seperti Blogspot atau Youtube, dan bahkan apabila tidak pun akan relatif mudah untuk mengajukannya.

Namun saat ini, seiring dengan semakin banyaknya yang berminat menjadi Publisher, namun terkadang kualitas konten baik artikel maupun videonya sangat di bawah standar Google, maka mereka pun memperketat seleksi untuk yang ingin menjadi publisher mereka.

Untuk Youtube misalnya, anda harus memiliki channel Youtube yang telah mempunyai minimal 1,000 subscriber dan 4,000 jam tayang secara keseluruhan alias dari total jam tayang dari video-video yang ada di channel anda.

Jam tayang yang dimaksud di sini berarti video-video yang ada di channel anda secara keseluruhan sudah harus ditonton sebanyak 4,000 jam oleh para pengguna platform Youtube lainnya, atau yang menonton tanpa login ke Youtube.

Sementara untuk website dan blog selain blogspot, anda wajib memiliki website yang telah berumur minimal 1 tahun, dan juga konten artikel yang terdapat di dalamnya harus berkualitas, bukan copas dari website lain, jumlahnya banyak, rutin diperbarui, dan tidak hanya berisi 1-2 artikel saja.

Atau anda juga bisa memberikan website yang berbentuk aplikasi seperti misalnya website kamus online, atau website untuk mengedit fdoto secara online, atau apapun yang memberikan manfaat bagi yang mengunjunginya.

Sebagai catatan, untuk website atau blog di luar platform Blogspot, anda tidak bisa menggunakan blog yang anda tulis di platform lainnya seperti misalnya WordPress.com dan sejenisnya, melainkan anda harus menggunakan domain milik anda sendiri (misalnya porinto.com).

Apabila anda telah memenuhi syarat di atas, maka anda bisa membuat akun Google Adsense anda dengan cara mengunjungi link pendaftaran Google Adsense ini, kemudian buat akun dengan menggunakan akun Gmail anda.

Selanjutnya pergi ke menu “Unit Iklan” dan buatlah unit iklan baru dengan spesifikasi yang anda inginkan, namun umumnya yang disarankan adalah iklan Gambar dengan ukuran Responsif.

Selanjutnya anda tinggal mengintegrasikannya yang caranya akan berbeda bagi pengguna Blogspot dan pemilik website sendiri, yaitu sebagai berikut:

A. Untuk pengguna Blogspot

  1. Login ke blogspot
  2. Pilih menu “pendapatan” atau “Earnings” di sebelah kiri, hanya akan muncul apabila anda telah memenuhi syarat
  3. Hubungkan dengan akun Adsense anda (prosesnya sederhana, tinggal klik hubungkan saja)
  4. Pilih layout penempatan iklan pada Blogspot
  5. Pergi ke menu Layout, kemudian tambahkan Gadget baru bernama “Adsense”
  6. Simpan perubahan
  7. Selesai

B. Untuk Pemilik Website Sendiri

Untuk anda yang memiliki website sendiri, supaya iklan bisa tampil pada situs anda, pertama-tama anda harus mendaftarkan terlebih dahulu situs Anda tersebut melalui platform Google Adsense, kemudian pasang kode iklan yang anda dapat pada saat membuat unit iklan di website anda, dan tunggu disetujui oleh pihak Google.

Kami sarankan website anda menggunakan CMS WordPress yang telah menyediakan beragam plugin untuk menempatkan iklan dengan mudah, ini terutama untuk anda yang kurang memiliki keahlian pemrograman web.

Kode iklan bisa anda tempatkan pada bagian header halaman, pada sidebar di bagian samping artikel, atau di awal, di antara, atau di akhir artikel, dan jumlah maksimal iklan yang anda pasang tidak dibatasi oleh Google.

Dahulu memang Google membatasi pemasangan unit iklan maksimal 3 unit pada setiap halaman website, namun saat ini batasan tersebut sudah dicabut, namun Google tetap menyarankan untuk tidak terlalu banyak memasang unit iklan.

Terlalu banyak memasang iklan juga akan buruk bagi reputasi website anda di mata pengunjung web, terutama apabila isi artikel anda jadi tidak jelas terbaca, dan semakin banyak unit iklan juga akan memperlambat waktu muat dari website Anda, yang tentunya akan semakin diperparah apabila anda menggunakan penyedia web hosting yang kurang berkualitas.

Isi profil dan data diri anda beserta data pembayaran pada halaman Adsense, dan apabila disetujui maka Google akan mengirimkan surat berisi kode PIN yang harus anda isi pada akun Adsense anda, yang biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 minggu hingga 1 bulan (bisa lebih) untuk sampai ke rumah anda.

C. Untuk Pemilik Channel Youtube

Untuk pemilik channel Youtube, cara mengintegrasikan akun adsense yang anda buat dengan channel Youtube anda tidaklah sulit, anda hanya tinggal mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Login ke akun Youtube anda,
  2. Pergi ke menu yang muncul saat anda klik foto profil anda, pilih Youtube Stiudio,
  3. Pilih menu “Settings” atau “Pengaturan”
  4. Pilih menu “Channel”, lalu pilih tab “Advanced”
  5. Pilih Link Account di sebelah tulisan “Google Ads account linking”,
  6. Hubungkan dengan akun adsense anda,

Setelah integrasi selesai, Youtube akan mengkaji channel anda, dan di sini biasanya kesabaran anda diuji, karena waktu yang mereka butuhkan untuk menyetujui channel anda untuk terdaftar sebagai publisher sangatlah beragam, mulai dari 1 bulan hingga bisa mencapai berbulan-bulan dan bahkan 1 tahun.

Tips Mendapatkan Banyak Uang dari Google Adsense

Setelah anda terdaftar sebagai publisher bukan berarti panduan kami mengenai cara mendapatkan uang dari Google Adsense selesai begitu saja, karena tidak berarti serta-merta anda akan mendapatkan banyak uang dari situ.

Ada beberapa tips yang bisa anda coba, dan kami akan membaginya ke dalam dua hal, yaitu untuk anda yang memiliki website atau menggunakan blogspot, dan yang satunya untuk anda yang memiliki channel Youtube.

A. Untuk Pemilik Blog/Website

Anda harus memastikan artikel yang anda tulis berkualitas, tidak asal copas, dan tidak hanya dipenuhi dengan kata kunci-kata kunci saja.

Pastikan jumlah kata yang digunakan di dalam 1 artikel tidak terlalu sedikit, minimal 500-700 kata, dan sebaiknya sertakan juga beberapa gambar pendukung yang relevan dengan topik dari artikel yang anda tulis.

Apabila anda mau bekerja lebih keras dan mau mengeluarkan dana lebih, sebaiknya jangan hanya mengandalkan dari satu website saja dan buat serta isi beberapa website atau blog sekaligus.

Hal itu tidak dilarang oleh Google, selama anda telah berhasil terdaftar sebagai publisher, dan selama situs baru yang anda ajukan tersebut juga telah memenuhi syarat dan ketentuan yang sama seperti website pertama yang anda ajukan.

B. Untuk Pemilik Channel Youtube

Untuk anda yang memiliki channel Youtube, ada beberapa rute yang bisa anda coba terapkan apabila anda ingin channel anda mendapatkan banyak uang dari program Google Adsense tersebut.

Pertama-tama dari segi konten video, ada beberapa jenis video yang umumnya memiliki jumlah tayang (Views) yang tinggi di platform Youtube, antara lain:

  1. Kartun Animasi untuk anak, bisa berupa hiburan atau edukasi atau lagu anak,
  2. Menjadi Vlogger, dengan catatan anda harus memiliki kepribadian yang menarik dan kualitas video yang cukup baik, (crh channel: Keluarga Halilintar)
  3. Review Gadget atau Smartphone, mulai dari unboxing hingga review hape terbaru, (cth channel: Gadgetin)
  4. Memberikan fakta unik, aneh atau yang sejenis (cth channel: Calon Sarjana)
  5. Konten Edukasi atau Tutorial seperti belajar bahasa Inggris, tutorial makeup, memasang hijab, dan lain sebagainya.
  6. Gameplay atau Let’s Play, yang tentunya anda harus memiliki kepribadian menarik atau reaksi yang lucu saat terjadi sesuatu pada game.

Dari beragam jenis konten tersebut, semuanya bisa dibagi menjadi 2, yaitu yang berjenis topikal atau diary seperti Vlog dan Review, berarti anda harus update rutin dan sering setiap harinya, atau konten yang lebih tahan lama seperti tutorial, fakta unik, atau edukasi.

Konten vlog dan topikal apabila menarik maka jumlah views dan subscriber anda bisa melonjak drastis, namun harus rutin setiap hari mengunggah video baru, sementara konten edukasi atau tutorial pertumbuhan views dan subscriber akan berjalan lambat, namun akan lebih stabil dan tidak perlu rutin.

Kesimpulan

Apapun jenis platform dan rute yang anda pilih, beberapa cara mendapatkan uang dari Google Adsense di atas bisa anda jadikan penghasilan tambahan yang jumlahnya lumayan, dan bahkan melebihi sumber pendapatan utama anda.

Tetapi dalam perjalanannya, anda harus mau untuk terus belajar dan mengkaji ulang metode yang belum berhasil, namun tetap berhati-hati untuk tidak melanggar syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Google.

Baca juga artikel kami lainnya terkait dengan cara sukses menjalankan binis online seperti cara sukses menjadi reseller online shop, kemudian cara sukses menjadi dropshipper tanpa modal, lalu cara jualan online di Instagram agar penjualan laris manis, dan lain sebagainya.

Kami harapkan panduan mengenai cara mendapatkan uang dari Google Adsense yang kami berikan ini akan dapat membantu anda untuk memulai dan atau meningkatkan pendapatan bulanan yang anda dapatkan dari Adsense.