Cara Memulai Bisnis Kaos Online Berpenghasilan Jutaan Rupiah

4436

Memulai bisnis kaos online merupakan pilihan yang sangat populer baik untuk pebisnis pemula atau pebisnis yang berpengalaman karena peminat kaos yang makin banyak jumlahnya. Banyak pengusaha yang telah meraih penghasilan jutaan rupiah dari bisnis kaos online.

Karena popularitasnya, bisnis kaos online ini cukup kompetitif. Untuk menjadi suskes, toko anda perlu untuk memiliki desain yang menarik dan brand image yang kuat.

Hal diatas mungkin terdengar seperti hal yang rumit, tetapi jangan kuatir, kami menulis artikel ini untuk membantu anda memulai bisnis kaos online yang akan menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya.

Mari kita mulai.

1. Tentukan Tema Toko Anda

slamdunkinc

Menentukan tema sangatlah penting untuk menanam pondasi dalam membuat desain dan membangun image dari brand anda. Dengan menentukan tema di awal, anda bisa menyusun strategi agar toko dan desain anda bisa meraih perhatian dari pembeli.

Sebagai inspirasi, anda dapat melihat toko kaos slamdunkinc yang memiliki tema olahraga basket. Semua konten dan desain yang ada di toko asal Indonesia ini berputar sekitar olahraga basket. Dengan tema yang lebih spesifik, anda dapat lebih fokus dalam membuat desain dan melakukan pemasaran yang sesuai dengan tema yang sudah anda tentukan.

Untuk menentukan tema dari toko anda, luangkan waktu untuk melakukan riset pasar. Cobalah untuk melihat toko kaos online lain yang anda suka dan gunakan toko-toko itu untuk menjadi inspirasi dalam menetukan tema toko anda. Catatlah hal-hal yang menurut anda bagus kemudian pikirkan bagaimana cara anda untuk membuat toko anda menjadi lebih baik dari toko tersebut.

2. Buat Desain Kaos Anda

fiverr

Desain kaos anda bisa dibilang sebagai bagian terpenting dari toko anda. Bila anda memiliki desain yang bagus, anda sudah lebih unggul daripada pemain lainnya. Desain anda adalah pondasi untuk memiliki bisnis yang sukses. Jauh lebih mudah untuk memasarkan kaos dengan desain yang bagus dibanding memasarkan kaos dengan desain yang biasa-biasa saja.

Bila anda tidak memiliki keahlian dalam desain, anda bisa mencari desainer di platform online seperti Fiverr atau Upwork. Di platform tersebut, anda dapat mencari desainer yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Baca juga: 5 Sumber Inspirasi Desain Kaos

3. Validasi Desain Kaos Anda

validasi desain

Setelah anda membuat desain kaos anda, mungkin anda berpikir bahwa desain anda sudah siap untuk dicetak dan dijual. Tidak perlu buru-buru. Sebelum mencetak dan menjual desain anda, penting untuk mendapatkan saran dan ide untuk desain anda. Seringkali, banyak saran dan ide bagus yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh anda, tetapi dapat terpikirkan oleh orang lain.

Anda bisa mendapatkan saran dan ide dengan cara menaruh desain anda di forum atau di social media, dimana orang lain dapat menemukan dan memberi saran pada desain anda. Pastikan anda menaruh watermark di desain anda agar desain anda tidak diambil oleh orang lain.

Akan sangat membantu jika anda dapat mendapatkan saran jujur dari orang lain. Jika anda menerima respon positif dari banyak orang, anda tahu bahwa anda memiliki desain yang dapat meraih banyak penjualan.

4. Cari Supplier Untuk Toko Kaos Anda

porinto

Untuk memulai bisnis anda, kami sangat menyarankan untuk menggunakan model dropshipping, dimana anda tidak perlu untuk menyiapkan dan mengurus stok barang. Saat anda menerima order dari pembeli, anda dapat mengorder dari supplier anda untuk mengirim kaos dengan desain anda langsung ke alamat pembeli anda.

Bila anda memutuskan untuk menggunakan model dropshipping, anda bisa memanfaatkan jasa sablon kaos satuan seperti Porinto, untuk menjadi supplier anda. Porinto menyediakan jasa pembuatan kaos custom dengan harga yang murah dan hasil yang sangat terjamin.

Porinto juga sedang menyiapkan program reseller dimana anda bisa mendapatkan banyak keuntungan seperti harga spesial reseller, pengerjaan prioritas, tracking order yang mudah, dan masih banyak lagi. Untuk mendaftar ke waiting list reseller program, bisa isi form disini.

5. Buat Toko Anda

thinkcookcook

Jika anda pengguna social media, anda tahu bahwa untuk membuat toko online tidak sesulit dulu lagi. Tanpa membayar apapun, anda bisa membuat toko kaos anda di instagram. Banyak sekali toko yang sudah menghasilkan puluhan juta rupiah per bulannya, yang memulai ataupun masih melakukan bisnis mereka melalui Instagram.

Jika ingin memiliki website sendiri, anda juga bisa menggunakan platform seperti SIRCLO atau Shopify, dimana anda bisa membuat website anda sendiri dengan sangat mudah. Dengan platform diatas, anda memiliki akses untuk fitur-fitur yang dapat membantu anda untuk menjalankan bisnis anda.

Mulai Sekarang

Semua kesuksesan dimulai dari langkah pertama. Bisnis kaos online tidaklah mudah, tapi jika terus berusaha dan pantang menyerah, anda akan mencapainya.

Berusahalah untuk bersabar dan menikmati setiap bagian dari perjalanan anda. Anda akan memulai dari tidak memiliki penjualan, mendapatkan penjualan pertama, mendapatkan sedikit penjualan secara konsisten, kemudian mendapatkan penjualan yang rutin setiap harinya.

Prosesnya tidak akan mudah, tetapi akan memuaskan pada akhirnya.