6 Cara Membuat Desain Baju Memuaskan

453
Cara Membuat Desain Baju

Cara membuat desain baju adalah langkah-langkah yang disarankan untuk kamu lakukan agar dapat menghasilkan desain baju yang memuaskan. Sebenarnya apapun jenis desainnya, baik itu desain paper bag, desain kaos, desain logo, dan lainnya memiliki dasar yang sama. Namun ada beberapa aspek dari masing-masing jenis desain yang membuat yang satu menjadi lebih sederhana dan yang lainnya menjadi lebih kompleks. Desain baju sebenarnya adalah salah satu jenis desain yang cukup sederhana. Tidak perlu banyak membentuk baju, karena pada dasarnya bentuk dasar baju sudah tidak dapat diubah-ubah. Kreasi dapat banyak kamu berikan pada gambar di baju, aksen di beberapa bagian baju, dan tentunya kualitas bahannya.

Bagi kamu yang penasaran dengan bagaimana cara membuat desain baju ini, maka kamu perlu mempelajari informasi mengenai langkah-langkah pembuatannya. Informasi mengenai langkah-langkah pembuatan desain baju ini dapat dirangkum menjadi tips. Tips apa saja yang dapat kamu lakukan dalam cara membuat desain sebuah baju ini dapat kamu simak penjelasannya pada bagian di bawah ini.

6 Tips dalam Cara Membuat Desain Baju yang Hasilnya Memuaskan

Desain baju adalah hal yang gampang-gampang susah untuk dibuat. Walau secara teknik cukup mudah, namun jika desain yang kamu buat tidak sesuai dengan selera pasar maka tidak akan menjual desain baju ini. Nah bagaimana menghasilkan desain baju yang sesuai dengan selera pasar ini yang perlu kamu ketahui bagaimana caranya. Berikut ini ada 6 cara yang dapat kamu coba lakukan agar dapat menghasilkan desain baju yang memuaskan.

1. Pilih Jenis Cetakan Desain Baju

Saat kamu mendesain baju, maka ada desain yang perlu dicetak. Ada dua jenis cetakan yang dapat kamu gunakan, yaitu sablon atau print DTG (direct to garment). Pencetakan desain baju dengan sablon kadang terbatas, sehingga kamu perlu mempertimbangkan penggunaan print DTG untuk desain yang lebih kompleks.

2. Pilih Aplikasi Desain yang Ternyaman

Selain memilih jenis cetakan, kamu juga perlu memilih aplikasi desain yang kamu gunakan untuk menghasilkan desain baju. Mungkin kamu lebih familiar dengan aplikasi seperti Photoshop atau CorelDraw. Akan tetapi jika aplikasi tersebut terlalu kompleks untuk kamu, maka cobalah gunakan aplikasi yang sederhana seperti yang disediakan pada halaman customink dan uberprints.

3. Pilih Warna Baju yang Dibuat

Saat memulai untuk mendesain baju, maka hal yang pertama kali harus kamu tentukan adalah warna baju tersebut. Pertimbangkan target pembeli saat kamu mendesain baju ini. Jika target adalah laki-laki atau perempuan, maka perbedaan jenis warna sudah dapat kamu mengerti. Begitu juga dengan usia pembeli, perhatikan bagaimana warna dan desain dapat berbeda untuk setiap calon pembeli baju yang kamu desain.

4. Pilih Daerah Tempat Desain Ditempatkan

Desain baju yang kamu buat dapat kamu tempatkan di beberapa bagian baju. Bisa di bagian depan, belakang, atau lengan. Nah kamu harus menentukan di bagian mana saja kamu mau menempatkan desain baju ini. Jika sudah kamu tentukan, maka sebaiknya kamu mulai mendesain di bagian tersebut.

5. Pilih Desain Typography sebagai Awalan

Terkadang tidak mudah seseorang dapat langsung mendesain besar di media baju. Jadi kebanyakan desainer baju, khususnya baju kaos memilih memulai dengan desain typography.  Typography atau tipografi adalah seni tulisan yang banyak digunakan dalam desain baju. Jenis desain ini akan sangat mudah kamu lakukan dan menghasilkan ketertarikan pembeli yang tinggi juga.

6. Pilih Desain yang Sederhana namun Menarik

Terakhir untuk kamu ingat bahwa semakin sederhana, semakin banyak orang yang ingin membeli desain kamu jika menarik juga. Lalu bagaimana bisa mendapatkan ide untuk mendesain yang sederhana namun menarik ini? Tentunya adalah dengan kamu melakukan riset pasar terlebih dahulu dan menemukan hal-hal yang menarik untuk masyarakat saat ini.

Demikianlah tadi informasi mengenai apa saja tips dalam cara membuat desain baju agar hasil yang kamu dapatkan memuaskan. Secara keseluruhan tips-tips di atas mengajarkan kamu untuk lebih kreatif dalam mendesain dan membuat desain kamu unik walau sederhana. Desain yang laku di pasaran tidak selalu harus heboh dan ramai. Desain sederhana pun dapat mencuri perhatian, jika dihasilkan dengan kreatifitas. Jadi cobalah kamu juga membuat desain baju yang muncul dari kreativitas kamu. Selamat mencoba!