10 Tips dan Panduan Cara Membuat Desain Baju yang Memuaskan

cara-membuat-desain-baju

Apabila anda penasaran tentang bagaimana cara membuat desain baju, ada beberapa tips yang akan kami berikan kali ini supaya hasilnya memuaskan dan bisa dengan bangga anda gunakan.

Pada awalnya, cara membuat desain baju sangatlah terbatas dari segi perangkat yang bisa digunakan, di mana pilihan hanyalah menggunakan media pinsil, kuas, cat air, hingga kemudian masuknya era komputer memperkenalkan beberapa software desain seperti Corel dan Photoshop.

Namun, dengan bermunculannya beragam aplikasi digital saat ini, mendesain baju merupakan suatu hal yang tidak lagi hanya dapat dilakukan kalangan tertentu, dan saat ini hampir semua orang sudah bisa melakukannya.

Peran dunia digital dalam perkembangan desain

Kemunculan aplikasi-aplikasi desain online seperti Canva, Customink, Snaptee, yayprint, dan masih banyak lagi, baik itu dalam bentuk website maupun aplikasi Android, menjadikan cara membuat desain baju menjadi lebih mudah, terutama kalau yang diinginkan adalah desain kaos sederhana namun tetap terlihat trendy.

Tidak hanya itu, aplikasi-aplikasi tersebut, terutama yang berbasis website alias online, mampu menembus batasan-batasan dalam hal spesifikasi piranti keras yang dibutuhkan, sehingga anda tidak perlu lagi memiliki PC atau laptop dengan spesifikasi tinggi seperti yang dibutuhkan oleh aplikasi tradisional semacam Photoshop dan Coreldraw.

Biaya yang dikenakan oleh aplikasi-aplikasi online atau Android tersebut pun umumnya sangat terjangkau dan bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk mengakses fitur-fitur dasarnya, sehingga anda bisa lebih bebas berkreasi tanpa dipusingkan dengan biaya software yang tinggi.

Akan tetapi, bukan berarti anda bisa mengabaikan investasi pada piranti PC atau laptop yang mumpuni begitu saja, terutama apabila anda sudah semakin serius dalam menggeluti bidang desain.

Karena, fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi Android ataupun yang berbasis online biasanya masih sangat sederhana dan tidak selengkap apabila anda menggunakan Photoshop, Ilustrator, ataupun Coreldraw, sehingga tetap perlu untuk dipertimbangkan.

3 Faktor yang mempengaruhi bagus tidaknya desain baju yang dibuat

faktor-bagus-tidaknya-desain-baju

Akan tetapi, perangkat desain hanyalah perangkat, dan apabila kita berbicara spesifik soal “desain”, maka ada faktor lain yang berperan penting di dalamnya, yang beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kreatifitas

Faktor kreatifitas berperan penting dalam meningkatkan kualitas desain anda, dan ini adalah sesuatu yang bisa dipelajari apabila anda mencoba meluangkan waktu, misalnya dengan meniru desain-desain terbaru dan kemudian memodifikasinya.

Meniru dalm hal ini bukanlah menjadi seorang plagiat, melainkan mencoba mengikuti gaya desain milik orang lain yang menarik bagi anda, untuk kemudian perlahan-lahan mencoba membuat modifikasi sampai akhirnya anda akan menemukan gaya desain milik anda sendiri.

2. Teknik

Faktor yang kedua adalah dari segi teknik, yang sangat penting di dalam mewujudkan dan menuangkan kreatifitas serta ide-ide yang ada di otak sehingga hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

Cobalah untuk terus meluangkan waktu dalam berlatih membuat desain baju sebanyak-banyaknya, dan cobalah untuk selalu menemukan teknik baru yang belum anda ketahui sebelumnya sehingga lama kelamaan kemampuan desain anda akan semakin bertambah.

3. Up-to-date

Faktor terakhir adalah memastikan diri anda selalu up-to-date dengan perkembangan dari tren desain terbaru supaya anda bisa terus mengikuti serta mencoba menerapkan gaya baru sehingga desain selalu fresh.

Cobalah membuka situs-situs yang membahas soal desain terbaru, atau coba luangkan waktu untuk melihat desain dan gaya milik orang lain, serta perhatikan pola tren yang sedang banyak digemari pada saat ini.

10 Tips Cara Membuat Desain Baju yang Hasilnya Memuaskan

10-tips-cara-membuat-desain-baju

Setelah ketiga faktor tersebut anda pahami, tentunya akan berguna apabila anda mengikuti tips-tips cara membuat desain baju yang beberapa diantaranya akan kami berikan melalui 10 tips berikut ini:

1. Tentukan jenis bahan baju

Sebelum membuat dan mengaplikasikan desain baju yang diinginkan, sebaiknya anda menentukan terlebih dahulu bahan baju apa yang akan digunakan sehingga nantinya desain akan tampil sesuai yang diinginkan.

Hal ini dikarenakan, terutama apabila anda menggunakan teknik sablon kaos saat mengaplikasikan desain pada baju, ada beberapa jenis bahan yang tidak cocok dengan tinta sablon tertentu sehingga anda juga harus mempelajari apa saja jenis sablon terbaik untuk bahan tertentu.

2. Tentukan warna baju

Tips kedua kurang lebih masih serupa dengan tips sebelumnya, yaitu menentukan terlebih dahulu yang akan digunakan, di mana nantinya akan berpengaruh terhadap tingkat penyerapan tinta sablon tertentu.

Warna baju juga akan menentukan warna utama pada keseluruhan baju, dan desain anda sebaiknya berfungsi untuk melengkapi warna tersebut, jadi gunakanlah corak yang sekiranya sesuai.

3. Tentukan luas area desain

Selanjutnya anda juga harus memahami batasan-batasan dari mesin cetak/mesin sablon pada baju, di mana pada beberapa tipe alat hanya bisa digunakan untuk mencetak seluas area A3 saja, dan ada juga yang bisa mencetak penuh sehingga luas area desain juga penting untuk diperhatikan.

Hal ini tentunya tidak terlalu menjadi masalah apabila baju akan anda jahit sendiri atau menggunakan teknik bordir, payet, dan lain sebagainya di luar sablon.

4. Mulai dengan desain sederhana

Terutama untuk anda yang baru pertama kali mencoba membuat desain baju, cobalah memulai dengan desain sederhana terlebih dahulu, misalnya hanya berbentuk tulisan saja tanpa banyak corak.

Pastikan juga anda mengikuti tren Typography terkini untuk mengetahui font-font apa saja yang sedang naik daun pada saat ini sehingga hasil desain baju tetap terlihat memuaskan meskipun hanya berupa tulisan saja.

5. Buat beberapa variasi desain

Tips cara membuat desain baju selanjutnya adalah jangan terpaku pada satu desain saja, dan buatlah beberapa variasi desain dari desain baju utama yang sedang anda kerjakan tersebut, supaya anda juga memiliki beragam pilihan.

Misalnya desain utama memiliki kombinasi warna merah-hitam, buat juga variasi warna lainnya seperti hijau-cokelat, merah muda-cokelat, hitam-putih, dan kombinasi-kombiunasi lainnya.

6. Pelajari kombinasi warna

Masih terkait dengan poin nomor 5 di atas, tips selanjutnya adalah mempelajari kombinasi-kombinasi warna yang sekiranya baik dan sesuai dengan selera anda, atau selera mereka yang akan memakai baju buatan anda.

Pelajari pula mengenai filosofi warna dan apa makna dari suatu warna bagi mereka yang melihatnya, sehingga nantinya bisa digabungkan dengan pesan yang ingin anda sampaikan melalui desain yang anda buat.

7. Tentukan tema desain

Tips selanjutnya dalam cara membuat desain baju adalah menentukan tema desain yang akan diterapkan pada baju tersebut, baik itu dari segi goresan, pemilihan font, dan juga tematik yang diinginkan.

Misalnya saat membuat desain bertema vintage, maka tentukan dari tahun berapa vintage yang diinginkan apakah 30-an, 50-an. 60-an, 70-an, atau 80-an, dan usahakan senada mulai dari pilhan warna, font, dan coraknya.

8. Jangan takut berkreasi

Agak berlawanan dengan poin sebelumnya, tips selanjutnya adalah jangan pernah takut untuk berkreasi dan keluar dari pakem desain yang ada karena cara ini merupakan cara yang terbaik untuk membuat desain tampak fresh.

Jangan pernah takut hasilnya kurang memuaskan atau jelek, dan terus mencoba beragam variasi desain sebanyak-banyaknya. Poin ini juga masih senada dengan poin nomor 7 di atas, yaitu anda bisa mencoba menemukan sesuatu yang baru dari gaya desain yang sudah ada.

9. Minta orang lain menilai

Tips cara membuat desain baju selanjutnya adalah meminta pendapat orang lain atas hasil karya yang anda kerjakan, dan usahakan sesuai dengan target konsumen atau target pengguna baju yang diinginkan.

Bukan berarti dengan meminta pendapat orang lain lalu anda menjadi tidak bisa mengekspresikan diri sendiri, tetapi jadikan kritik dan saran yang diberikan sebagai alat untuk mengasah kemampuan anda ke depannya.

10. Temukan karakter desain Anda

Kemudian tips yang terakhir adalah mencoba menemukan karakter dari desain yang anda buat sehingga akan menjadi ciri khas dari setiap desain-desain baju selanjutnya serta menjadi mudah untuk dikenali oleh yang melihatnya.

Dengan membangun karakter dan identitas desain anda sendiri, tidak hanya hasil karya yang anda buat menjadi lebih mudah dikenali, tetapi juga membantu menentukan beragam faktor seperti tempo pengerjaan, tema spesialisasi, dan target pengguna/pembaca/penikmat dari hasil karya anda.

Kesepuluh tips di atas tidak hanya bisa diterapkan pada desain baju saja, tetapi juga bisa diterapkan untuk keseluruhan aktivitas yang terkait dengan desain mulai dari desain poster, flyer, kartu nama, paper bag, social media, dan lain sebagainya.

Tips Menjaga Semangat saat Berlatih Desain

Satu hal lagi yang ingin kami sampaikan adalah usahakan sebisa mungkin menjaga semangat anda pada saat berlatih dan belajar desain baju, dengan tujuan supaya desain yang dihasilkan tetap apik dan tidak terlihat terburu-buru.

Apabila anda berhasil dalam menjaga semangat dan menikmati proses belajar, bisa dipastikan lama kelamaan kemampuan anda akan terasah dengan sendirinya dan bahkan tanpa anda sadari seiring berjalannya waktu.

Beberapa tips yang bisa anda coba untuk menjaga semangat pada saat berlatih cara membuat desain baju antara lain adalah:

  1. Selalu menyempatkan diri untuk berlatih, buat jadwal harian apabila diperlukan,
  2. Jangan memaksakan harus menguasai teknik secara cepat apalagi instan,
  3. Cobalah mempraktekkan dengan meniru desain yang sedang anda gemari,
  4. Jangan terlalu memiliki ekspektasi tinggi terutama pada tahapan awal,
  5. Sekali-kali lihatlah ke bawah kepada mereka yang desainnya masih lebih buruk dibandingkan anda, bukan untuk menyombongkan diri tetapi untuk lebih menghargai perjalanan anda untuk mencapai tahap saat ini,
  6. Jangan buang atau hapus hasil karya lama anda dan cobalah untuk anda lihat sekali-kali,
  7. Saran dan kritik jangan dianggap sebagai hinaan, tetapi lebih kepada seruan serta panggilan supaya anda berusaha lebih keras lagi.
  8. Saat rasa malas datang, cobalah untuk menghabiskan waktu dengan melihat-lihat hasil desain yang sudah anda kerjakan dengan harapan akan dapat membangkitkan lagi semangat anda.

Anda juga bisa membaca tulisan kami lainnya di blog Porinto ini terkait dengan desain, seperti misalnya apa saja langkah membuat desain kaos sendiri, kemudian apa saja tips membuat desain kaos distro yang menarik, 5 tahapan cara desain kaos, lalu 8 tips dalam membuat desain kaos kantor yang bisa dicoba, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Semoga setelah membaca tulisan ini anda akan dapat menerapkan cara membuat desain baju yang memuaskan, baik bagi anda ataupun untuk orang lain yang menggunakan sehingga dapat mencuri perhatian mereka yang melihatnya.