Cara Melepas Stiker yang Lengket Tanpa Meninggalkan Bekas

cara-melepas-stiker-yang-lengket

Untuk anda yang ingin mengetahui bagaimana cara melepas stiker yang lengket tanpa harus takut akan meninggalkan bekas pada permukaan, di dalam pembahasan kali ini akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana cara melakukannya.

Stiker merupakan salah satu media promosi yang efektif karena sifatnya yang bisa didesain sesuai kreatifitas masing-masing dan sangat mudah untuk dibagikan kepada target penerima stiker tersebut.

Bahan yang digunakan untuk membuat stiker pun biasanya bermacam-maacam dan masing-masing memiliki karakteristik serta ciri khasnya tersendiri, termasuk dalam seberapa lekat mereka akan menempel.

Karenanya, untuk mengetahui bagaimana cara melepas stiker yang lengket tanpa meninggalkan bekas, anda juga harus memahami jenis stiker apa yang digunakan dan juga pada bahan atau material apa stiker tersebut menempel supaya dapat melakukan tindakan yang tepat.

Oleh sebab itulah pada artikel kali ini kami tidak hanya akan memberikan panduan mengenai bagaimana cara melepaskan, tetapi juga akan menjelaskan jenis-jenis stiker serta karakter dari stiker-stiker tersebut supaya lebih memahami cara melepasnya.

Pelajari juga apa saja kelebihan stiker sebagai media promosi, kemudian apa saja tips yang bisa anda coba dalam cara desain stiker yang keren dan unik, lalu apa saja manfaat stiker sebagai alat promosi, dan juga artikel serta tips percetakan lainnya.

Jenis Stiker dan Cara Melepasnya

jenis-stiker
Sumber: jakprints.com

Ada beberapa jenis stiker yang tersedia di pasaran, namun masing-masing memiliki karakteristik serta ketahanan yang berbeda-beda, termasuk pada saat akan melepasnya.

Karena itulah kami akan menjelaskan mengenai jenis stiker tersebut sehingga anda bisa menggunakan cara melepasnya dengan benar sehingga bekas yang ditimbulkan tidak merusak permukaan objek yang ditempel stiker tersebut.

1. Stiker HVS

Jenis stiker pertama yang akan kami bahas di sini adalah stiker yang menggunakan bahan kertas HVS atau lebih dikenal dengan stiker HVS di kalangan para penjual stiker.

Stiker jenis ini terbilang murah dalam hal biaya produksinya, serta penggunaannya yang lebih tepat kepada penggunaan dalam ruangan alias indoor, dikarenakan tinta yang menempel pada kertas HVS akan mudah luntur terutama saat terkena air.

Lem atau adhesive yang ada di bagian belakang stiker jenis ini sangat kuat menempel pada permukaan objek, serta bahan kertas yang digunakan menjadikan stiker ini sulit untuk dilepas tanpa meninggalkan bekas.

Umumnya pada saat melepas stiker HVS, maka kertas stiker akan mudah sobek dan beberapa sisanya menempel dan tersisa di permukaan objek tersebut, sehingga diperlukan tindakan tambahan untuk menghapus bekas stiker.

Cara Melepas Stiker HVS yang lengket :

Untuk melepas stiker dengan jenis HVS secara mudah dan bebas dari bekas yang mengganggu pada permukaan objek, berikut ini langkah-langkah yang bisa anda lakukan :

  1. Lepas stiker secara normal, nantinya akan ada bekas-bekas yang menempel pada permukaan objek,
  2. Gosok dengan kuku, gunting, atau kartu yang tebal (misalnya kartu kredit) pada bekas stiker yang masih menempel,
  3. Lilitkan jari anda dengan double-tape, kemudian usapkan pada permukaan objek yang masih memiliki bekas stiker,
  4. Gunakan lap basah atau tisu basah untuk membersihkan sisa-sia lem dari stiker yang masih menempel.

2. Stiker Kromo

Stiker kromo merupakan salah satu jenis stiker yang juga berbahan kertas seperti HVS, tetapi umumnya menggunakan kertas yang mengkilap pada bagian permukaannya.

Biaya produksi stiker ini juga terbilang murah meskipun agak lebih mahal apabila dibandingkan dengan stiker HVS, dan juga penggunaannya lebih baik di dalam ruangan karena juga memiliki sifat mudah luntur dan sobek.

Sama seperti stiker HVS, stiker kromo ini bisa sangat lekat menempel dan sulit dibersihkan sisa atau bekas tempelannya karena juga mudah untuk sobek dan tertinggal pada permukaan objek.

Cara Melepas Stiker Kromo yang lengket :

Untuk melepas stiker kromo yang lengket dan berbekas, anda bisa menggunakan cara yang sama dengan cara melepas stiker HVS yang telah kami sebutkan di atas, atau menggunakan air sabun dan cuka.

Metode ini lebih tepat digunakan pada objek yang berbahan kaca dan berukuran kecil seperti toples, gelas kaca, piring, dan lain sebagainya.

Membersihkan stiker dengan menggunakan cuka serta air sabun tersebut langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Isi suatu wadah yang kira-kira dapat menampung objek dengan air sabun,
  2. Lepaskan stiker dengan kuku atau benda keras lainnya,
  3. Rendam objek tersebut ke dalam wadah selama kurang lebih 30 menit,
  4. Kelupas sisa stiker menggunakan air sabun,
  5. Bersihkan permukaan dari bekas lem stiker yang tersisa menggunakan cuka.

3. Stiker Vinyl

Jenis stiker vinyl lebih memiliki ketahanan pada penggunaan luar ruangan (outdoor), warna yang lebih tajam, tidak mudah luntur atau sobek, dan biaya produksi yang lebih mahal dibandingkan stiker kromo atau HVS.

Meskipun secara umum lebih mudah dilepas dan tidak mudah sobek seperti kedua jenis stiker sebelumnya, tetapi stiker jenis ini juga akan dapat meninggalkan bekas, terutama kalau telah menempel dalam waktu yang sangat lama.

Cara Melepas Stiker Vinyl yang Lengket :

Untuk melepas stiker Viny yang lengket dan meninggalkan bekas, yang bisa anda lakukan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Panasi area tempat stiker menempel menggunakan Hair Dryer ataupun produk penghembus panas sejenisnya, terutama pada bagian pinggirannya,
  2. Kelupas secara perlahan bagian pinggir dari stiker tersebut menggunakan objek keras seperti kuku, kartu, dan lain sebagainya,
  3. Tarik stiker pelan-pelan hingga keseluruhan stiker terlepas seutuhnya,
  4. Apabila ada bekas, usapkan permukaan yang terkena bekas stiker tersebut dengan air sabun, atau bisa juga menggunakan cuka (untuk objek yang bukan besi atau aluminium), atau dengan lap basah,
  5. Bilas dengan air dan pastikan sudah tidak ada sisa lem yang menempel pada permukaan objek dengan cara merabanya.
  6. Kalau masih ada sisa, ulangi tahap 4 di atas.

Cara Lain Melepas Stiker yang Lengket

cara-melepas-stiker-mobil-02

Sebetulnya ada banyak cara melepas stiker yang lengket yang bisa anda gunakan selain cara di atas, untuk melepaskan stiker yang lengket pada permukaan dan juga membersihkan bekas-bekas yang tertinggal.

Metode-metode lain tersebut tentunya akan sangat tergantung pada bahan dasar dari objek yang ditempel serta seberapa lengket stiker tersebut dan juga seberapa banyak bekas stiker yang masih menempel pada permukaan objek.

Berikut ini akan kami jelaskan beberapa cara dan metode lainnya dalam melepaskan stiker yang lengket untuk anda ketahui, supaya dapat mempermudah opsi dalam melepas stiker.

1. Menggunakan Alkohol

Pertama, anda bisa menggunakan alkohol  dan kain lap untuk menghapus bekas stiker yang menempel pada permukaan objek, yang penggunaannya kurang lebih serupa dengan air sabun atau cuka pada metode yang telah kami jelaskan sebelumnya.

Alkohol ini cepat kering dan juga aman untuk berbagai jenis permukaan, terutama pada permukaan kayu, kaca, plastik, dan juga body mobil, yang langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Tuangkan alkohol secukupnya pada permukaan kain lap,
  2. Usapkan atau gosok pada bagian yang terkena bekas stiker sebanyak beberapa kali,
  3. Setelah stiker hilang, bersihkan permukaan dengan air.

2. Menggunakan Minyak Zaitun

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun yang juga terbukti efektif dalam menghilangkan bekas stiker.

Meskipun minyak ini tidak mudah kering layaknya alkohol, tetapi cukup ampuh dalam membersihkan permukaan dari bekas stiker yang mengganggu, terutama pada objek yang memiliki lapisan warna seperti body mobil, atau perangkat sensitif seperti laptop dan ponsel.

Langkah-langkah yang dilakukan apabila anda menggunakan metode ini adalah:

  1. Tuang minyak zaitun secukupnya pada kain lap, atau oleskan langsung pada permukaan objek dengan tangan,
  2. Apabila menggunakan kain, oleskan dan tahan kain lap di permukaan objek yang terkena bekas stiker,
  3. Diamkan beberapa menit,
  4. Kelupas stiker atau bekas stiker dengan kartu atau benda keras sejenisnya,
  5. Bilas permukaan dengan air besih setelah bekas stiker benar-benar hilang.

3. Menggunakan Adhesive Remover

Cara melepas stiker yang lengket ketiga adalah dengan menggunakan produk yang memang dikhususkan untuk membersihkan sisa-sisa lem stiker pada permukaan, yang juga dikenal dengan nama “Adhesive Remover”.

Ada beberapa merek yang tersedia di pasaran, seperti merek 3M yang juga merupakan produsen kertas stiker ternama, kemudian ada juga merek Goo Gone, Spirit Gum, dan lain sebagainya.

Untuk metode ini langkah-langkah penggunaannya adalah sebagai berikut:

  1. Tuangkan produk adhesive remover pada lap kain kering,
  2. Oleskan kain pada permukaan yang terkena bekas stiker,
  3. Diamkan beberapa menit,
  4. Gosok permukaan tersebut dengan menggunakan lap kering (gunakan lap yang berbeda dari kain yang digunakan pada tahap 1 dan 2),
  5.  Ulangi beberapa kali hingga bekas lem stiker benar-benar hilang.

Apabila produk adhesive remover yang anda gunakan berjenis spray atau semprotan, pastikan untuk melindungi terlebih dahulu area di sekitar bekas stiker dengan kain supaya cairan produk tidak melebar kemana-mana pada saat disemprotkan ke permukaan.

4. Menggunakan Aseton

Cara melepas stiker yang terakhir yang akan kami berikan di artikel kali ini adalah dengan menggunakan cairan kimia bernama Aseton.

Asetin sendiri umumnya digunakan pada produk-produk yang berfungsi untuk menghilangkan warna pada lapisan permukaan objek, seperti produk pembersih kuteks, thinner, dan lain sebagainya.

Karenanya dalam menggunakan Aseton, anda perlu berhati-hati dikarenakan produk ini tergolong cairan keras yang dapat membuat cat terkelupas, jadi hanya gunakan pada permukaan-permukaan yang tidak memiliki lapisan warna seperti kayu, kaca, dan sejenisnya.

Langkah-langkah dalam melepas stiker menggunakan Aseton adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan kapas dan tuang keseluruhannya dengan Aseton, atau celupkan kapas ke dalam botol Aseton,
  2. Oleskan kapas tersebut pada permukaan yang terkena bekas stiker,
  3. Diamkan beberapa menit,
  4. Gosok permukaan dengan kain lap kering hingga bekas stiker seluruhnya menghilang,
  5. Bilas permukaan dengan lap basah atau dengan air,
  6. Lap permukaan hingga kering.

Kesimpulan

fungsi-stiker-vinyl

Stiker merupakan salah satu perangkat yang umum kita miliki dan tempelkan pada berbagai objek yang kita inginkan, yang tentunya berguna untuk mempercantik tampilan darii objek atau sekedar sebagai media untuk menyebarkan informasi.

Tetapi memang terkadang saat kita sudah tidak membutuhkan fungsi stiker itu lagi, sangat sulit untuk melepaskannya dari objek terutama apabila sudah menempel terlalu lama.

Karenanya kita memerlukan metode yang tepat dalam melepaskan stiker tersebut sehingga permukaan objek yang ditempeli tersebut menjadi bersih dan mulus seperti sedia kala.

Anda bisa membaca beberapa pembahasan kami mengenai tips pemasaran secara offline, kemudian definisi dan kegunaan stiker transparan untuk anda ketahui, definisi dan kegunaan stiker vinyl,  dan banyak artikel terkait pemasaran dan juga printing lainnya untuk menambah wawasan anda.

Semoga informasi yang kami berikan mengenai cara melepas stiker yang lengket ini akan dapat membantu anda dalam membersihkan permukaan dari bekas lem stiker dengan mudah serta tidak merusak kondisi dari objek tersebut.