Cara Melepas Stiker Motor Supaya Tidak Meninggalkan Bekas

cara-melepas-stiker-motor

Untuk anda yang ingin mengetahui bagaimana cara melepas stiker motor supaya tidak meninggalkan bekas, pada artikel kali ini kami akan memberitahukan cara yang tepat untuk melakukannya.

Menempelkan stiker pada badan motor bukanlah hal yang aneh untuk dilakukan, dan bahkan sejak keluar dari pabrikan pun motor sudah ditempeli cutting stiker ataupun stiker logo dari produsen yang membuatnya.

Beberapa dari anda juga pastinya senang menambahkan motif baru pada motor dengan menempelkan cutting stiker yang desainnya lebih sesuai dengan karakter serta kepribadian anda dibandingkan yang disediakan oleh produsen.

Yang biasanya menjadi kendala adalah, terkadang untuk anda dapat menempelkan cutting stiker milik anda sendiri tersebut, anda harus terlebih dahulu melepaskan stiker yang sudah ada tersebut dan memang bukanlah suatu hal yang mudah.

Karena biasanya stiker yang sudah ditempel sejak dari pabrik memiliki daya rekat yang luar biasa sehingga terkadang akan sulit dalam melepasnya serta kalaupun bisa malah akan menimbulkan bekas tempelan yang tidak sedap dipandang.

Oleh sebab itu, pada artikel ini kami akan memberikan informasi mengenai metode-metode apa saja yang bisa anda lakukan sebagai cara melepas stiker motor sehingga bersih mulus tanpa ada bekas stiker yang tertinggal.

Tapi sebelumnya, anda bisa membaca beberapa artikel kami tentang percetakan seperti bagaimana mencari inspirasi untuk desain logo yang keren, kemudian apa saja jenis tinta sablon beserta kelebihan dan kekurangannya, tips cara membuat poster, lalu ada juga perbedaan pamflet dan brosur, dan masih banyak lagi artikel lainnya.

Tentang Stiker Motor

stiker-motor

Para pemilik motor seringkali ingin memiliki tampilan yang lebih sesuai dengan kreatifitas ataupun identitas mereka sendiri, baik berdasarkan rancangan yang mereka buat ataupun meniru desain yang ada.

Tentunya ditambah lagi dengan keinginan untuk tampil gaya dengan motor besutan sehari-hari yang diharapkan akan dapat menarik perhatian dari mereka yang memandangnya, dan beberapa juga terinspirasi dari acara-acara TV, film, ataupun moto GP yang banyak digemari.

Karena itulah muncul ide untuk memasang stiker sendiri untuk menggantikan stiker bawaan pabrik yang terlihat standar atau generik, yang umumnya disebut dengan striping atau decal.

Striping sendiri sebenarnya lebih dikhususkan untuk memberikan aksen garis atau dengan pola tertentu pada badan motor dengan pilihan warna yang sesuai selera, sehingga tampilan keseluruhan motor bisa sesuai dengan keinginan, mulai dari sporty ataupun elegan.

Bahkan saat ini sudah banyak yang membalut stiker di keseluruhan badan motor guna mengganti warna badan motor bawaan pabrikan, misalnya dengan stiker karbon, stiker gliter, dan lain sebagainya.

Ada pula yang mengkombinasikan antara stiker keseluruhan badan tersebut dengan tambahan lapisan striping atau decal pada permukaan atasnya sehingga motor bisa semakin terlihat unik dan berbeda dari motor sejenis lainnya.

Tentunya ini akan kembali lagi pada ide dan kreatifitas yang anda miliki guna dapat mengaplikasikan stiker motor yang keren dan unik, baik itu dengan cara meniru, memodifikasi desain yang ada, atau membuat desain sendiri dari nol sesuai dengan keinginan anda.

Jenis Stiker Motor

jenis-stiker-motor

Sebelum kami membahas mengenai metode yang tepat untuk melepas stiker dari badan motor tanpa meninggalkan bekas, kami akan berikan sedikit informasi mengenai apa saja jenis-jenis stiker yang umum digunakan di motor.

1. Stiker Cast Vinyl

Stiker cast vinyl merupakan jenis stiker dengan grade terbaik diantara stiker motor lainnya, yang tentunya biaya produksinya paling mahal dibandingkan yang lainnya, yaitu sekitar 350rb/m2 hingga 1 jt/m2.

Jenis stiker ini yang akan umum anda temui pada striping motor-motor yang mengikuti perlombaan internasional (GP) sehingga sangat lumrah apabila harganya tinggi, ditambah kualitasnya yang sangat baik.

2. Stiker Oracal

Salah satu jenis stiker terbaik yang ada di pasaran, stiker oracal memiliki kualitas yang sangat baik dibandingkan stiker vinyl biasa, terutama pada ketahanannya terhadap air, panas matahari, dan juga debu ataupun kotoran lainnya.

Oracal sendiri terbagi lagi menjadi beberapa jenis yang bisa digunakan untuk beragam kebutuhan, seperti Oracal 651, Oracal 8100, Oracal 8300, Oracal 8500, dan lain sebagainya.

Yang umum digunakan untuk kebutuhan striping motor sendiri biasanya adalah Oracal 651, yang juga bisa dipakai untuk membuat stiker mobil, baik untuk kebutuhan striping ataupun kebutuhan lainnya.

3. Stiker Ritrama

Stiker Ritrama ini sama seperti Oracal, yaitu sama-sama stiker yang diproduksi dan dikembangkan oleh perusahaan, dengan kualitas vinyl yang lebih baik dibandingkan produsen lainnya.

Mereka menawarkan beragam pilihan stiker vinyl cast yang baik serta memiliki kualitas tinggi untuk striping motor, dan juga memiliki keawetan serta ketahanan yang sangat baik untuk digunakan dalam jangka waktu lama.

Ritrama sendiri juga terdiri dari beragam tipe yang bisa anda gunakan sesuai kebutuhan, seperti Ritrama seri 660 dan juga seri 670, dan biaya produksinya lebih murah dibandingkan Oracal.

4. Stiker Scotchlite

Stiker jenis scotchlite ini sebenarnya merupakan istilah untuk stiker yang dapat memantulkan cahaya, sehingga bisa terlihat menyala pada saat disorot oleh lampu ataupun sumber cahaya lainnya.

Umumnya digunakan sebagai stiker peringatan atau penanda bahwa ada suatu objek, terutama pada saat malam hari yang gelap yang hanya mengandalkan sorot lampu kendaraan.

Penggunaannya sebagai stiker motor akhirnya lebih jauh lagi daripada itu, karena banyak yang menggunakannya supaya motor semakin terlihat keren di malam hari dengan balutan striping yang menyala apabila terkena cahaya.

5. Stiker DC Fix

Jenis stiker DC Fix juga merupakan salah satu jenis stiker yang umum digunakan untuk kebutuhan striping / decal pada badan motor, dan biasanya sudah memiliki beragam motif seperti kayu, kulit jeruk, krom, dan lain sebagainya.

Harga stiker ini lebih murah dibandingkan stiker lainnya, namun tentu saja kualitasnya masih di bawah Oracal ataupun Ritrama yang lebih teruji dan terbukti awet, tetapi tetap banyak yang digunakan terutama sebagai lapisan dasar.

6. Stiker Polimeric

Stiker Polimeric ini umumnya juga sering digunakan sebagai striping motor, tetapi sebaiknya anda memilih yang grade otomotif dan jangan yang tidak, karena nantinya akan berbeda dari segi ketahanan dan keawetannya.

Untuk membedakan grade otomotif dan yang bukan, biasanya penjual akan memberikan informasi tersebut, namun kalau tidak, maka umumnya yang grade otomotif akan lebih tebal bahannya.

Jenis stiker ini juga tersedia untuk merek Ritrama ataupun Oracal.

7. Stiker Glitter

Untuk anda yang ingin memberikan kesan bling-bling pada motor kesayangan juga bisa menggunakan stiker glitter yang bisa menimbulkan kesan mewah dan elegan apabila digunakan dengan tepat, terutama pada pemilihan warna dan bidang yang dilapisinya.

Pilihan warnanya pun sangat beragam, dan bahkan ada yang memiliki motif bunglon, yaitu warna yang bisa berubah-ubah sesuai dengan tingkat intensitas cahaya yang menyinarinya.

Tentunya dengan banyaknya pilihan jenis stiker yang bisa anda coba terapkan pada motor akan dapat memenuhi kreatifitas anda ataupun menyesuaikan dengan desain yang anda berikan.

Namun, apabila anda ingin mengganti desain stiker atau striping yang sudah ada pada motor, anda juga harus mengerti bagaimana cara melepaskan stiker motor yang sudah lama menempel sehingga pemukaannya bisa bersih dan bisa ditempeli stiker yang baru.

Cara Melepas Stiker Motor yang Tepat

cara-melepas-stiker-motor-02

Berikut ini kami akan memberikan panduan mengenai bagaimana cara melepas stiker motor dengan benar sehingga tidak meninggalkan bekas pada permukaan yang dilapisinya, tanpa khawatir menimbulkan goresan atau membuat cat terkelupas.

Perlengkapan dan peralatan yang perlu anda siapkan sebelum melakukan hal tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Cairan WD40,
  2. Hair dryer atau alat pemanas lainnya,
  3. Bekas kartu perdana atau sejenisnya,
  4. Air sabun,
  5. Kain lap microfiber.

Setelah anda menyiapkan semua peralatan tersebut, langkah-langkah yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Pertama, semprotkan cairan WD40 ke area yang dtempeli stiker secara merata, dan kemudian diamkan selama kurang lebih 1 menit,
  2. Nyalakan hair dryer atau alat pemanas sejenisnya, kemudian panaskan area stiker yang telah disemprotkan cairan WD40 tersebut secara merata dan dalam jarak yang tidak terlalu dekat,
  3. Setelah stiker mengering, kelupas bagian pinggir dari stiker secara perlahan, yang seharusnya pada tahap ini sudah lebih mudah dilepas,
  4. Bersihkan sisa stiker yang ada pada permukaan dengan menggunakan kartu bekas perdana atau sejenisnya secara perlahan, jangan digosok terlalu keras,
  5. Semprotkan kembali WD40 ke area yang baru saja dibersihkan tersebut, atau anda bisa menggunakan air sabun,
  6. Bersihkan permukaan dengan menggunakan kain lap kering.

Apabila anda kesulitan dalam mencari cairan WD40, beberapa alternatif yang bisa digunakan untuk menggantikannya antara lain seperti minyak tanah, bensin, minyak zaitun, atau menggunakan cairan khusus untuk membersihkan lem yang dikenal dengan Adhesive Remover.

Penggunaan dari cairan-cairan tersebut kurang lebih sama dengan WD40, dan juga aman untuk digunakan pada body atau badan motor sehingga tidak perlu khawatir cairan-cairan alternatif tersebut akan merusak cat ataupun lapisan pada motor anda.

Kesimpulan

Menempel stiker pada motor tentunya merupakan salah satu upaya yang terbilang murah untuk menjadikan motor kesayangan tampil keren dan memukau di mata yang melihat, tanpa harus membeli motor baru ataupun melakukan cat ulang.

Dengan tersedianya beragam pilihan jenis stiker untuk motor, anda bisa lebih leluasa memilih mana yang tepat dan sesuai dengan anggaran ataupun kebutuhan desain anda.

Namun, masalah biasanya muncul pada saat ingin melepas stiker bawaan pabrik ataupun mengganti stiker lama anda dengan yang baru, karena kebanyakan akan meninggalkan bekas yang mengganggu pada saat stiker dilepas.

Karenanya, anda memerlukan metode yang tepat untuk melepas stiker motor sehingga tidak merusak lapisan dari permukaan yang ditempeli stiker, seperti badan motor yang penyok atau cat yang terkelupas.

Baca juga beberapa artikel kami terkait stiker seperti definisi dan kegunaan stiker vinyl, kemudian definisi dan kegunaan stiker transparan, serta apa saja manfaat stiker sebagai alat promosi yang masih krusial di era online seperti sekarang ini dan juga artikel-artikel lainnya.

Semoga informasi yang kami berikan mengenai cara melepas stiker motor yang tidak meninggalkan bekas ini akan dapat membantu anda yang sedang ingin mengganti stiker lama ataupun melepas stiker bawaan pabrik, sehingga motor anda bisa tampil gaya sesuai keinginan.