Cara Melepas Stiker Mobil Tanpa Berbekas

cara-melepas-stiker-mobil

Pada artikel kali ini, Porinto akan berikan penjelasan mengenai cara melepas stiker mobil yang benar dan tidak meninggalkan bekas, baik pada kaca ataupun badan mobil tersebut.

Menempel stiker pada mobil memang sudah menjadi hal yang umum dilakukan oleh para pemilik kendaraan tersebut, dengan bermacam-macam tujuan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sayangnya semakin lama stiker menempel pada suatu objek, maka akan semakin sulit pula untuk melepasnya, dan apabila tidak menggunakan metode yang benar malah akan meninggalkan bekas pada permukaan objek tersebut.

Ditambah lagi semakin lama stiker menempel maka akan mulai menumpuk debu dan kotoran pada pinggirannya yang apabila ikut menempel bisa semakin sulit untuk membersihkannya dengan cairan pembersih biasa sehingga sangat penting untuk memakai cara yang tepat.

Karenanya kali ini kami akan memberitahukan bagaimana cara melepas stiker mobil dengan tepat dan tidak meninggalkan bekas, sehingga kaca atau badan mobil mulus kembali seperti sedia kala.

Tapi sebelumnya, anda bisa membaca beberapa artikel yang telah kami buat mengenai stiker seperti definisi dan kegunaan stiker transparan, lalu definisi dan kegunaan stiker vinyl, kemudian manfaat stiker sebagai alat promosi, dan lain sebagainya.

Jenis Stiker untuk Mobil

melepas-stiker-mobil

Stiker yang ditempelkan pada kaca dan badan mobil biasanya menggunakan stiker vinyl atau yang lebih kuat lagi seperti oracal, ritrama, dan banyak lagi jenis stiker yang lainnya yang bisa anda gunakan.

Tapi ini tentunya akan sangat bergantung pada tujuan pemasangan stiker dan juga lokasi tempat stiker tersebut dipasang, apakah di bagian kaca atau di badan mobil, karena kedua area tersebut memiliki material yang berbeda sifat.

Umumnya jenis stiker yang ditempelkan pada bahan kaca akan lebih fleksibel dan bisa menggunakan jenis apa saja karena memang permukaan kaca yang licin membuat proses pelepasan serta pembersihan bekas stiker lebih mudah.

Mulai dari stiker vinyl, kromo, atau menggunakan stiker scotchlite ataupun one-way vision semuanya bisa ditempelkan di kaca mobil meskipun penggunaan stiker berbahan kertas tidak dianjurkan karena akan mudah luntur terkena hujan atau air.

Sementara yang umum digunakan di badan mobil adalah yang memakai bahan elastis dan kuat, terutama kalau yang diinginkan adalah jenis cutting stiker yang menempel di sepanjang badan mobil.

Jenis stiker elastis yang kuat itu biasanya menggunakan bahan dasar vinyl serta yang sudah diolah supaya lebih kuat lagi seperti Ritrama dan Oracal, atau jenis stiker bernama Decifix.

Alasan Menempel Stiker pada Mobil

stiker-mobil

Ada beberapa alasan dari seseorang untuk menempelkan stiker pada bagian kaca atau badan mobilnya, yang bisa dibedakan berdasarkan maksud atau alasan, dan juga tujuan dalam menempelkan stiker tersebut.

Entah itu digunakan untuk menempel stiker komunitas, logo perusahaan, stiker dengan tulisan yang keren dan unik, stiker keluarga, atau bahkan cutting stiker untuk memberikan corak desain pada mobil.

Kemudian masing-masing stiker tersebut juga memiliki beberapa tujuan mulai dari kebutuhan promosi, atau keinginan menyebarkan suatu pesan dan infromasi, keinginan untuk menunjukkan keanggotaan dari suatu organisasi atau komunitas, atau ingin mobil terlihat lebih keren, dan lain sebagainya.

Berikut ini akan kami jelaskan perbedaan dari masing-masing tujuan tersebut sehingga anda lebih memahami apa tujuan anda dalam memasang stiker tersebut, yang bisa juga mempengaruhi isi pesan ataupun desain yang akan anda gunakan.

1. Stiker Mobil Sebagai Alat Promosi

Misalnya, perusahaan yang ingin brand atau mereknya ingin lebih mudah diingat, mereka akan membagi-bagikan stiker mobil kepada para target konsumennya dengan harapan nantinya akan ditempelkan pada mobil mereka.

Tentunya ini juga menjadi cara yang cukup murah apabila dibandingkan memasang billboard, karena mereka tidak perlu membayar pajak reklame ataupun sewa space iklan yang mahal harganya.

2. Stiker Mobil Sebagai Tanda Keanggotaan

Kemudian ada juga penggunaan stiker mobil sebagai tanda atau lambang dari keanggotaan seseorang ke dalam suatu komunitas, organisasi, institusi, dan lain sebagainya.

Misalnya untuk para mahasiswa atau almamater dari suatu institusi pendidikan, atau oleh suatu komunitas kepada para anggota-anggotanya, atau bisa juga sebagai tanda bahwa seseorang terdaftar pada suatu perusahaan (biasanya untuk mendapatkan area parkir dengan gratis tanpa membayar layaknya pengunjung biasa).

3. Stiker Mobil Sebagai Penyampai Pesan

Kegunaan lainnya dari stiker mobil adalah untuk menyampaikan pesan, seperti stiker bertuliskan “jaga jarak aman” ataupun lain sebagainya, atau sekedar penggunaan kata atau kalimat yang dianggap oleh pemilik mobil keren dan sesuai dengan kepribadian mereka.

4. Stiker Mobil Sebagai Hiasan

Stiker mobil juga bisa digunakan sebagai hiasan yang dapat mempercantik mobil sehingga terlihat lebih keren, indah, lucu, ataupun unik di mata mereka yang melihatnya.

Mulai dari yang bentuknya sederhana seperti stiker angka layaknya nomor urut balapan, stiker dengan motif tertentu yang melambangkan suatu hal tertentu, atau stiker tokoh kartun, anime, dan sejenisnya, hingga kepada stiker yang menempel ke seluruh badan mobil dan memberikan motif tertentu.

Namun, banyak dari stiker tersebut yang setelah rentang waktu tertentu, ingin dilepas karena misalnya pemilik mobil sudah tidak menjadi anggota organisasi, ingin mengganti program promosi, ingin mengubah tampilan mobil, dan alasan lainnya.

Karena itulah biasanya seseorang membutuhkan suatu metode yang tepat untuk melepaskan stiker mobil, terutama yang telah menempel erat dalam waktu yang sangat lama, yang memang lebih sulit untuk dilepas dibandingkan yang belum lama ditempel.

Cara Melepas Stiker Mobil yang Lengket

melepas-stiker-mobil-lengket

Seperti telah disebutkan, umumnya stiker mobil ditempelkan pada dua bagian utama, yaitu pada badan mobil, dan juga pada bagian kaca dari mobil tersebut, yang masing-masing akan memiliki metode tersendiri dalam membersihkannya.

Karenanya, kami akan menjelaskan secara terpisah mengenai bagaimana cara melepaskan stiker mobil yang menempel pada kaca mobil, dan kemudian akan menjelaskan mengenai bagaimana cara melepaskan stiker mobil pada bagian badan atau body mobil.

Hal tersebut kami pisahkan karena material kaca dan badan mobil yang jauh berbeda, terutama karena pada badan mobil juga memiliki lapisan cat yang akan sangat mahal biaya perbaikannya apabila sampai retak ataupun rusak akibat kesalahan penggunaan metode pelepasan stiker.

1. Cara Melepaskan Stiker pada Kaca Mobil

Pertama-tama, untuk anda yang ingin melepaskan stiker atau ingin membersihkan bekas stiker pada bagian kaca dari mobil, ada beberapa peralatan yang perlu disiapkan, antara lain:

  • Hair Dryer atau peralatan penyembur panas sejenis,
  • Air yang sudah dicampur Sabun, bisa ditaruh di ember ataupun di dalam semprotan / spray,
  • Kartu seperti kartu perdana bekas, kartu member, atau benda keras sejenisnya.
  • 2 buah kain lap kering

Setelah anda menyiapkan peralatan-peralatan tersebut, berikut ini adalah langkah yang anda lakukan guna melepaskan stiker yang menempel pada kaca mobil:

  1. Panaskan area tempat menempelnya stiker dengan menggunakan hair dryer atau perangkat sejenis, terutama pada bagian pinggirannya, atau kalau tidak memiliki hair dryer anda bisa menjemur mobil di bawah terik matahari selama 2-3 jam,
  2. Kikis perlahan bagian pinggiran dari stiker yang menempel, kemudian tarik hingga keseluruhan stiker terkelupas,
  3. Bersihkan area dengan air sabun dan kemudian usapkan kain lap kering,

Apabila pada saat poin 2 ternyata stiker menjadi sobek, anda perlu menyiapkan alkohol, cuka, atau cairan adhesive remover untuk kemudian dioleskan pada permukaan stiker yang sobek, tunggu beberapa menit, kemudian kikis dengan kartu hingga bekas menghilang, baru kemudian bersihkan.

2. Cara Melepaskan Stiker pada Badan Mobil

Selanjutnya, apabila stiker yang ingin anda lepas ditempelkan pada badan mobil, tentunya memerlukan penanganan yang berbeda apabila dibandingkan dengan melepaskan stiker pada permukaan kaca mobil.

Beberapa peralatan yang perlu untuk anda siapkan sebelum melepaskan stiker dari badan mobil adalah:

  1. Minyak tanah atau bensin,
  2. Plastik terpal atau sejenisnya,
  3. Kain lap kering jenis microfiber,
  4. Air sabun,
  5. Cairan pembersih eksterior mobil

Kemudian setelah peralatan tersebut telah anda siapkan, langkah-langkah yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, oleskan minyak tanah atau bensin pada permukaan stiker yang ingin dilepas menggunakan kuas,
  2. Kemudian tutup area yang tertempel stiker dengan terpal atau kain pembungkus dan diamkan selama 10 menit,
  3. Setelahnya lepas penutup tersebut kemudian mulai lepaskan stiker secara perlahan dimulai dari bagian sudut nya,
  4. Saat melepas stiker pastikan arahnya diagonal, misalnya melepas dari ujung kanan atas maka tarik ke arah kiri bawah,
  5. Setelah stiker berhasil dilepas selanjutnya semprotkan pembersih eksterior ke area bekas stiker kemudian usap dengan kain lap microfiber,
  6. Bersihkan area dengan air sabun kemudian lap hingga kering.

Apabila pada saat stiker dilepas anda masih melihat bekas stiker yang menempel pada permukaan badan mobil, anda bisa menggunakan pembersih eksterior untuk membersihkannya atau bisa juga menggunakan air sabun.

Jangan menggunakan cairan keras seperti Aseton atau cuka pada saat membersihkan bekas stiker pada badan mobil karena dikhawatirkan akan dapat merusak cat mobil.

Dan juga, jangan menggosok permukaan badan mobil terlalu keras apalagi kalau tidak menggunakan kain microfiber karena akan sangat mungkin menyisakan goresan pada badan mobil.

Kesimpulan

Penggunaan stiker di mobil kesayangan memang bukanlah hal yang aneh dan bahkan sangat banyak dilakukan oleh para pemilik kendaraan roda empat tersebut, meskipun tentunya maksud serta tujuannya berbeda-beda.

Mulai dari stiker berukuran kecil yang ditempelkan di kaca mobil, atau stiker yang mentuupi keseluruhan kaca mobil, hingga kepada cutting stiker pada badan mobil pun bisa anda lakukan pada kendaraan.

Begitu pula dengan tujuannya, mulai dari tujuan promosi, menyampaikan pesan atau informasi, atau menjadi hiasan yang mempercantik kendaraan juga banyak dilakukan.

Yang perlu diperhatikan dengan benar adalah pada saat melepaskan stiker-stiker tersebur dari mobil anda, karena salah-salah malah bisa akan merusak cat mobil atau meninggalkan goresan.

Karenanya diperlukan metode yang tepat dan juga kehati-hatian pada saat proses pelepasan stiker sehingga kaca ataupun badan mobil bisa tetap kembali normal seperti saat sebelum ditempeli stiker.

Anda bisa membaca beberapa pembahasan kami mengenai perangkat pemasaran lainnya, seperti tips desain kartu nama, kemudian tips menentukan komposisi warna yang tepat untuk brand dan perangkat pemasaran anda, 4 tips cara desain brosur fashion, lalu ciri dan karakteristik kertas art carton, dan lain sebagainya.

Semoga artikel kami kali ini mengenai cara melepaskan stiker mobil dapat membantu anda dalam menggunakan metode yang tepat pada saat melakukan hal tersebut sehingga tidak merusak kaca ataupun badan dari mobil kesayangan anda.