10 Cara Jualan Online Tanpa Modal yang Efektif di 2019

cara-jualan-online-tanpa-modal

Memiliki bisnis sendiri merupakan impian dari sebagian besar masyarakat dikarenakan peluang untuk bisa bekerja dengan lebih fleksibel dan dapat mengambil keuntungan dari bisnis tersebut untuk diri sendiri.

Banyak dari mereka yang memulainya dengan menjadi karyawan atau pekerja di perusahaan dan badan usaha milik orang lain terlebih dahulu, dengan harapan nantinya mereka bisa mengumpulkan uang untuk dijadikan modal usaha.

Sayangnya, kebanyakan justru malah terjebak di dalam apa yang sering disebut sebagai zona nyaman dan juga banyak pula yang justru kebingungan untuk memulai bisnis saat mereka sudah berhasil mengumpulkan uang untuk modal.

Di sisi lain, seiring dengan berkembangnya teknologi terutama dalam bidang digital dan internet, peluang untuk seseorang membuka suatu bisnis justru semakin terbuka, bahkan lebih luas dari biasanya.

Bisnis-bisnis tradisional yang cenderung “offline” pun semakin banyak yang tergerus dengan pesaing-pesaingnya yang datang dari dunia online, atau bahkan muncul kolaborasi-kolaborasi baru antara keduanya, di mana salah satunya adalah yang dikenal dengan toko online.

Pada toko online, anda tidak perlu menyewa tempat secara fisik, dan hanya pelru menyewa tempat secara online yang biayanya sangatlah jauh lebih murah dibandingkan lokasi fisik.

Ditambah tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia yang semakin tinggi dalam melakukan transaksi online menjadikan bisnis jenis ini semakin sering diincar dan banyak dijalankan oleh beragam kalangan.

Tetapi justru itulah yang menjadi tantangan utamanya, di mana kemudahan memasuki dan menjalankan bisnis online menjadikan persaingan semakin ketat dan tentunya akan semakin berat.

Cara Jualan Online Tanpa Modal di Tahun 2019

Bicara soal modal tersebut, bisnis online juga membuka peluang untuk seseorang membuka usaha di dunia digital dengan modal yang sangat minim atau malah tanpa memerlukan modal.

Karenanya, kali ini kami akan membahas mengenai cara jualan online tanpa modal yang efektif untuk anda yang berminat membuka bisnis online tetapi tidak atau belum mempunyai modal yang cukup di tahun 2019 ini.

Beberapa cara jualan online tanpa modal yang bisa anda coba lakukan antara lain adalah sebagai berikut:

1. Menjadi Dropshipper

dropship

Menjadi dropshipper merupakan salah satu cara jualan online tanpa modal yang cukup efektif dan dapat menghasilkan keuntungan bagi anda yang memahami strategi dalam melakukannya.

Apa itu Dropshipper ? Pada dasarnya menjadi seorang dropshipper berarti anda menjual produk milik suatu toko, distributor, atau bisnis lainnya yang kemudian setiap pesanan akan mereka proses dan kirimkan langsung kepada pemesannya tanpa melibatkan anda.

Yang perlu anda lakukan hanyalah mencari dan mengelola pelanggan-pelanggan yang memesan kepada anda, kemudian anda akan melakukan pemesanan kepada toko pilihan anda, dan segala urusan produksi, kemasan, serta pengiriman akan diurus oleh toko atau usaha tempat anda memesan produk tersebut.

Faktor-faktor penting dalam menjadi Dropshipper

Faktor-faktor penting yang harus diperhatikan apabila anda ingin menerapkan cara jualan online tanpa modal menggunakan metode Dropship antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan toko atau usaha tempat anda memesan sudah terjamin kualitasnya, mulai dari kualitas produk hingga pengirimannya,
  2. Pastikan anda juga memahami mengenai produk yang anda tawarkan, dikarenakan nantinya anda yang akan melayani tanya-jawab serta diskusi terkait produk dengan calon pelanggan,
  3. Pastikan anda tidak salah dalam menentukan harga jual, terutama apabila produk yang dijual mengikuti kurs mata uang asing seperti dollar yang bisa berubah-ubah setiap saat, sehingga sangat perlu anda pertimbangkan dengan matang.
  4. Pastikan anda juga mengetahui berapa besaran biaya pengiriman yang dikenakan oleh toko atau usaha tempat anda memesan.

Baca artikel kami tentang 5 macam produk dropship yang menguntungkan supaya anda mendapatkan inspirasi mengenai produk apa yang akan anda jual di media online.

2. Menjadi Reseller Online

reseller

Serupa tapi tak sama dengan metode Dropshipper, cara jualan online tanpa modal selanjutnya adalah dengan menjadi seorang Reseller atas produk atau jasa yang ditawarkan secara online.

Perbedaan mendasar antara Reseller dengan Dropshipper adalah pada sistem Reseller biasanya anda diawajibkan untuk membeli produk dalam jumlah besar terlebih dahulu sehingga anda akan mendapatkan harga diskon, kemudian jual kembali produk tersebut kepada pelanggan anda dengan harga normal atau yang sesuai kemauan anda.

Berarti bukan tanpa modal dong? Tidak juga, karena kalau anda mau mencari dan belajar, biasanya banyak yang menawarkan program reseller tanpa perlu mengeluarkan modal awal sama sekali dan yang anda perlu lakukan hanyalah mencari klien.

Yang banyak menawarkan program Reseller tanpa modal tersebut biasanya adalah perusahaan jasa, seperti jasa pendaftaran domain website, jasa penyewaan web hosting, jasa pembuatan website, jasa percetakan, jasa sablon kaos satuan, atau bahkan penjualan pulsa elektrik dan pembayaran listrik PLN.

Anda harus memulai dari kecil terlebih dahulu apabila ingin menerapkan metode Reseller ini, dan anda harus mencari klien-klien yang percaya menyerahkan uang mereka kepada anda di muka, untuk kemudian baru anda membelinya di penyedia produk atau jasa pilihan.

Faktor-faktor penting dalam menjadi Reseller Online

Jasa akan lebih mudah ditawarkan dengan konsep Reseller karena harga mereka kebanyakan tidak sama antara satu dan yang lainnya, namun anda perlu memperhatikan faktor-faktor berikut:

  1. Pastikan kualitas layanan dari si penyedia jasa sudah anda ketahui sebelumnya dan kalau perlu anda sudah mencobanya sendiri,
  2. Pastikan penyedia jasa mudah dihubungi,
  3. Selalu konfirmasikan terlebih dahulu berapa harga layanan dari si penyedia jasa terkait ekbutuhan dari calon pelanggan.

Baca juga artikel kami yang berjudul cara kerja reseller dan keuntungannya untuk lebih meningkatkan pemahaman anda akan metode ini.

3. Menjual Kemampuan Anda

jual-jasa-keahlian

Apabila menurut anda metode Dropshipper dan Reseller terlalu berisiko, cara jualan online tanpa modal lainnya yang bisa anda lakukan adalah menawarkan kemampuan anda atas suatu bidang.

Misalnya anda mahir menggunakan Photoshop, maka coba tawarkan jasa desain grafis kepada calon pelanggan, atau misalnya anda mengerti cara membuat website, maka tawarkanlah jasa pembuatan website kepada yang membutuhkan.

Banyak hal yang bisa anda tawarkan menggunakan metode ini, terutama apabila anda merupakan seseorang yang serba bisa, mulai dari desain grafis, edit video, membuat website, atau bahkan jasa yang memerlukan aktivitas fisik seperti service TV, AC, mesin cuci, kulkas, dan lain sebagainya.

Faktor-faktor penting dalam menjadi penjual jasa

Tentunya dalam menerapkan cara jualan online tanpa modal yang satu ini ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Hargai diri anda dengan layak, pastikan anda menetapkan tarif yang sesuai dengan kualitas jasa yang anda tawarkan.
  2. Kepuasan pelanggan paling utama, meskipun metode lain juga perlu mempertimbangkan ini, tetapi apabila anda menawarkan kemampuan anda secara pribadi kepada orang lain, tentunya ini akan menjadi faktor yang paling penting.
  3. Tidak selalu berorientasi kepada profit, meskipun ini penting, tetapi yang utama dari menawarkan jasa adalah memastikan pelanggan senang akan layanan anda dan merekomendasikannya kepada teman-teman mereka atau bahkan memesan kembali.

Selanjutnya kami tidak akan membahas cara jualan online tanpa modal dari segi jenisnya melainkan dari segi media apa saja yang bisa anda gunakan untuk berjualan yang kami rasa efektif di tahun 2019 ini.

4. Manfaatkan Instagram

jualan-online-di-instagram

Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling efektif dalam menerapkan cara jualan online tanpa modal, terutama di tahun 2019 ini dikarenakan jumlah penggunanya yang sangat banyak dan gratis dalam membuat akun.

Setelah menentukan apakah anda ingin menjadi Dropshipper atau Reseller, segera bukalah akun di Instagram dan mulailah menawarkan produk atau jasa tersebut dengan brand anda sendiri sehingga pembaca akan lebih percaya kepada anda.

Terkait strategi berjualan di Instagram anda bisa membaca beberapa artikel kami yang membahas lebih lengkap akan hal tersebut seperti 6 cara bisnis online Instagram yang efektif, kemudian 6 cara sukses jualan di Instagram, dan juga 7 tips sukses di Instagram melalui bisnis online.

5. Manfaatkan Facebook

Desain Foto Cover Facebook

Media Sosial Facebook juga merupakan salah satu cara jualan online tanpa modal yang efektif karena, seperti halnya dengan Instagram, tidak memerlukan biaya apapun untuk membuat akun di Facebook (kecuali kuota internet).

Di dalam Facebook sendiri ada banyak cara berjualan yang bisa anda coba lakukan selain melalui profil pribadi, yaitu dengan cara membuat Facebook Page (Halaman Facebook), membuat grup Facebook, dan juga melalui Facebook marketplace.

6. Manfaatkan Marketplace

toko-online

Cara jualan online tanpa modal lainnya adalah dengan membuka toko online pada marketlace-marletplace ternama seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, dan lain sebagainya.

Membuat akun di marketplace ini juga gratis, namun akan dipotong biaya-biaya tertentu jadi pastikan harga jual anda sudah termasuk perkiraan potongan tersebut sehingga anda tidak malah merugi.

Untuk penyedia jasa dan freelance, marketplace yang bisa anda gunakan antara lain adalah projects.co.id, sribulancer.com, ataupun marketplace luar negeri seperti fiverr dan lain sebagainya.

7. Membuat Website Gratisan

jasa-pembuatan-website

Selanjutnya adalah membuat website gratisan seperti melalui Blogspot atau WordPress.com yang sudah dilengkapi dengan area admin yang sangat mudah untuk anda kelola sendiri.

Membuat website gratisan ini, terutama di blogspot dan wordpress.com, sudah memiliki performa baik pada mesin pencari Google atau Bing, sehingga akan lebih mudah ditemukan pelanggan terutama apabila anda membuat artikel yang banyak dicari.

8. Melalui Google My Business

google-bisnisku

Apabila anda memiliki tempat atau lokasi (baik itu milik sendiri atau siapapun yang bisa anda gunakan), maka menggunakan Google My Business alias Google Bisnisku merupakan salah satu cara jualan online tanpa modal yang tepat.

Meskipun membuatnya gratis, tetapi syaratnya anda harus memiliki tempat fisik yang alamatnya bisa diverifikasi oleh tim Google. Cara ini akan membuat usaha atau bisnis anda muncul pada saat pencarian dengan kata kunci yang sesuai dengan usaha anda, terutama oleh mereka yang lokasinya ada di sekitar anda sehingga sangat efektif.

9. Melalui LinkedIn

linkedin

Meskipun bukan situs untuk jualan, tetapi membuat profil usaha di LinkedIn juga akan membantu meningkatkan kredibilitas usaha anda serta akan memperkuat kepercayaan dari para calon pelanggan.

Selain itu, anda juga bisa membuat artikel-artikel di LinkedIn, yang bisa anda manfaatkan untuk berbagi tips dan tutorial ataupun pengetahuan anda terkait bisnis anda sehingga akan terlihat lebih profesional lagi.

10. Membuat Website Pribadi

jasa-pembuatan-website

Cara jualan online tanpa modal yang terakhir ini sebenarnya bukan tanpa modal sama sekali, melainkan anda harus mengeluarkan modal awal untuk mendaftarkan domain dan web hosting yang nantinya akan diperpanjang setiap tahun atau bulan.

Meskipun butuh modal, tetapi apabila website pribadi dikelola dengan benar nantinya akan sangat menguntungkan bagi anda dan anda pun punya kuasa penuh atas apa saja yang akan anda lakukan termasuk promosi.

Tips Cara Jualan Online Tanpa Modal (Tambahan)

tips-jualan-online

Untuk semakin memperkuat dan mengoptimalkan jualan onine anda, berikut ini akan kami berikan beberapa tips tambahan yang bisa anda coba:

  1. Pelajari produk dan jasa dengan matang sebelum memulai, sehingga anda akan terhindar dari kesalahan seperti salah menentukan harga jual atau tarif jasa, dan lain sebagainya.
  2. Mengintip kompetisi anda, dan perhatikan bagaimana pesaing anda yang tergolong sukses menerapkan promosinya, catat dan coba terapkan.
  3. Copywriting yang sesuai dengan SEO, terutama pada deskripsi produk atau jasa yang anda tawarkan, pastikan menyelipkan kata kunci yang sekiranya sering diketik orang pada mesin pencari, tempatkan secukupnya dan jangan terlalu pendek membuat deskripsi.

Selain jualan produk atau jasa, baca juga artikel-artikel kami mengenai cara mendapatkan uang dari internet seperti pada artikel berjudul 6 cara mendapatkan uang dari internet, kemudian 7 cara mendapatkan uang dari blog, dan lain sebagainya.

Semoga 10 cara jualan online tanpa modal yang efektif di tahun 2019 yang kami berikan tersebut bisa bermanfaat bagi anda dan dapat membantu meningkatkan penjualan produk atau jasa yang anda tawarkan.