Cara Jualan Online di Instagram Agar Penjualan Laris Manis

cara-jualan-online-di-instagram

Ingin tahu bagaimana cara jualan online di Instagram yang tepat di tahun 2019 ? Pada artikel panduan kali ini, Porinto akan memberikan beberapa hal yang perlu anda persiapkan guna menjamin kesuksesan anda berbisnis melalui Instagram.

Penggunaan aplikasi Instagram sendiri saat ini sudah tidak bisa dianggap remeh, dan bahkan sudah jauh melampaui platform-platform pendahulunya seperti twitter dan Facebook.

Aplikasi ini juga yang paling umum digunakan untuk mereka yang ingin menawarkan produk serta layanan mereka secara online, dikarenakan luas jangkauan audiens dari Instagram yang sangat besar.

Kemudahan pembuatan akun, kemudahan fitur, dan pengguna yang jumlahnya sangat banyak menjadikan Instagram sebagai aplikasi favorit bagi banyak orang, mulai dari sekedar penggunaan pribadi hingga ke mereka yang menggunakannya untuk bisnis.

Tetapi kemudahan-kemudahan yang diberikan tersebut justru malah memperketat persaingan di dalamnya, dan apabila anda tidak menerapkan strategi yang tepat, bisnis anda justru akan sangat kepayahan dari segi performa penjualan di dalamnya.

Karenanya, Porinto akan mencoba membagi panduan dan tips terkait cara jualan online di Instagram yang bisa anda coba terapkan guna menghadapi persaingan yang sangat ketat tersebut.

Baca juga artikel kami lainnya mengenai berbisnis di Instagram seperti cara jualan di Instagram, kemudian 6 cara mudah menjadi selebgram berpenghasilan tinggi, lalu anda juga bisa membaca mengenai 7 tips sukses di Instagram melalui bisnis online, dan artikel lainnya.

Menyiapkan Akun Jualan untuk Instagram

Yang pertama kali perlu anda lakukan tentunya adalah menyiapkan akun khusus yang digunakan untuk jualan untuk Instagram, yang dinamakan sebagai akun bisnis Instagram.

Tentu saja anda bisa menggunakan akun Instagram pribadi anda yang sudah memiliki follower, tetapi akan lebih baik apabila anda menambahkan akun bisnis sendiri untuk jualan anda di Instagram tersebut.

Karena nantinya akan lebih mudah bagi anda untuk memonitor dan memisahkannya dengan postingan pribadi anda, sehingga kinerja bisnis online yang anda lakukan bisa lebih terukur dan dapat langsung terdeteksi kekurangannya.

Membuat Akun Bisnis di Instagram

Cara membuat akun bisnis untuk Instagram ini sendiri sangatlah mudah, yaitu sebagai berikut:

  1. Download, Install, dan buka aplikasi Instagram
  2. Buat akun dengan menggunakan Facebook,
  3. Isi profil bisnis,
  4. Masuk ke pengaturan lalu pilih “Beralih ke akun bisnis”
  5. Mulai posting

Menghubungkan Akun Instagram dengan Facebook Page

cara-menghubungkan-instagram-facebook

Untuk lebih memaksimalkan jualan online anda di Instagram, anda juga perlu membuat Facebook Page dari bisnis anda tersebut untuk kemudian dihubungkan dengan akun Instagram Anda.

Pertama-tama tentunya anda perlu membuat Facebook Page alias Halaman Facebook menggunakan akun Facebbok anda, yang nantinya cara menghubungkannya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke Facebook, dan buka Halaman Facebook Anda.
  2. Pilih Pengaturan di bagian atas Halaman Anda.
  3. Pilih Instagram.
  4. Untuk menambahkan akun Instagram yang sudah ada ke Halaman Anda, kemudian pilih Login.
  5. Masukkan Nama Pengguna dan Kata Sandi akun Instagram Anda, lalu pilih Login.

Nantinya anda bisa mengatur supaya setiap postingan Instagram yang anda buat akan muncul secara otomatis, sehingga anda bisa dengan mudah menjangkau dua target audiens yang berbeda, yaitu pengguna Instagram dan juga pengguna Facebook.

Untuk memposting secara otomatis ke Facebook Page, anda bisa masuk ke menu pengaturan pada Instagram, kemudian pilih “Akun yang Terhubung”, kemudian pilih Facebook dan nyalakan opsi berbagi postingan ke Facebook.

Menyiapkan Konsep Desain dari Postingan Instagram

Panduan cara jualan online di Instagram selanjutnya adalah menyiapkan kosep desain yang akan menjadi ciri khas dari bisnis anda.

Mengapa perlu melakukan hal tersebut? Karena nantinya para pengguna Instagram akan dengan mudah mengenali postingan anda di antara sekian banyaknya akun yang meeka follow, sehingga bisa meningkatkan brand recognition dari bisnis anda tersebut.

Ditambah lagi, dengan menerapkan konsep desain yang apik dan menarik pada jualan online anda di Instagram, akan lebih membuat bisnis anda terkesan profesional dan lebih terpercaya dibandingkan para kompetitor.

Cara paling mudah dalam mendesain postingan Instagram ini adalah menggunakan aplikasi Canva atau sejenisnya yang bisa kamu unduh di Playstore dan iTunes App Store, atau melalui website mereka apabila anda lebih nyaman mendesain menggunakan komputer ataupun laptop.

Merencanakan Jadwal Posting di Instagram

Cara jualan online di Instagram yang paling utama adalah dengan memposting secara rutin dikarenakan sekian banyaknya akun jualan yang tersebar di Instagram.

Karena apabila anda tidak memposting secara rutin di jam-jam yang tepat, psotingan anda akan dengan mudah tertimbun diantara postingan lainnya pada feed Instagram yang tentunya akan berdampak buruk pada bisnis anda.

Gunakan penyedia layanan seperti buffer apabila anda ingin menjadwalkan postingan secara otomatis supaya nantinya postingan anda akan lebih terencana dan tidak terlewat hanya karena anda sedang disibukkan dengan hal lain.

Algortima Instagram terbaru juga akan memperburuk jangkauan anda kepada para followers, dikarenakan pada update terbaru mereka, hanya sekitar 10% dari follower yang akan dapat melihat postingan anda.

Jangan hanya menempatkan postingan berbentuk gambar saja, anda harus pandai-pandai mengkombinasikan dengan postingan video dan juga yang sedang naik daun sekarang ini adalah pada Instagram Stories yang juga penting untuk dilakukan.

Mengoptimalkan Hashtag dan Caption Postingan

Caption dan juga penggunaan hashtag yang relevan merupakan nyawa yang paling utama pada suatu postingan Instagram, dan anda harus melakukan beragam uji coba untuk menemukan formula yang tepat untuk ini.

Hashtag di Instagram ini bisa anda gunakan di mana saja, baik itu pada setiap postingan, Stories, dan juga pada bio Instagram anda.

Tentunya jangan menempatkan sembarang hashtag ya, maksimal gunakan 5-20 hashtag saja di setiap postingan, dan pastikan hashtag-hashtag tersebut relevan dengan usaha anda.

Semakin relevan hashtag tersebut, maka postingan anda akan lebih mungkin dilihat oleh mereka yang belum menjadi follower, dan bahkan nantinya mereka bisa follow suatu hashtag apabila mereka tertarik.

Anda juga bisa follow hashtag yang terkait dengan bisnis anda, ataupun hashtag khusus yang anda buat untuk menandai postingan-postinga dari akun bisnis anda, sehingga proses pemantauan dan pengelolaan kinerja akun bisnis bisa semakin mudah.

Beriklan di Instagram

Metode lainnya yang bisa anda pertimbangkan pada saat menerapkan cara jualan online di Instagram yang tepat adalah dengan mengeluarkan modal untuk memasang iklan di Facebook Page dan Instagram.

Instagram sendiri pun sepertinya memang mengarahkan semua yang menjalankan bisnis di platform mereka untuk memasang iklan guna menjangkau audiens yang lebih luas di sana dengan algoritma 10% yang tadi sudah kami jelaskan di atas.

Untungnya biaya iklan di Instagram tidak terlalu mahal dibandingkan media-media konvensional, namun seperti konsep iklan online kebanyakan, entah itu Google, Facebook, maupun Instagram, semakin tinggi anggaran harian anda untuk iklan maka akan semakin luas audiens yang anda jangkau.

Karenanya pemasangan iklan, suka tidak suka, harus anda masukkan ke dalam bagian dari strategi pemasaran dan promosi dari bisnis anda dan masuk ke dalam cara jualan online di Instagram yang krusial.

Ada beberapa jenis iklan yang bisa anda gunakan di Instagram, yaitu:

  1. Iklan Foto
  2. Iklan Stories
  3. Iklan Carousel
  4. Iklan Koleksi

Masing-masing iklan tersebut memiliki keunggulannya masing-masing tergantung dari jenis bisnis, dan juga konten iklan yang anda miliki, serta bagaimana segmen serta target audiens dari bisnis anda.

Cara Pasang Iklan di Instagram

Untuk mulai memasang iklan di Instagram, langkah-langkah yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Buat akun bisnis Facebook apabila anda belum memilikinya di https://www.facebook.com/business
  2. Pilih menu Business Settings lalu kemudian pilih Instagram Accounts,
  3. Sambungkan akun Instagram anda dengan akun bisnis Facebook,
  4. Pilih menu “assign ad accounts” pada akun Instagram anda,
  5. Selanjutnya anda sudah bisa mulai memasang iklan dengan jenis apapun di Instagram melalui akun bisnis anda tersebut.

Pada saat memasang iklan, perhatikan seberapa spesifik audiens yang ingin kita jangkau, mulai dari jenis kelamin, rentang usia, hobi, dan lain sebagainya serta tentukan mana jenis iklan yang paling tepat untuk mereka.

Ini tentunya juga menguji seberapa kenalnya anda dengan bisnis yang anda jalankan saat ini, terutama dari sisi karakter serta profil lengkap dari calon pelanggan anda.

Menggunakan Jasa Endorse

Selain memasang iklan, metode promosi lainnya yang kemungkinan membutuhkan modal yang tidak sedikit adalah memakai jasa endorse dari para selebgram yang memiliki banyak followers di Instagram.

Memilih endorser sebaiknya tidak sembarangan dilakukan, dan tidak semua endorser dengan follower yang banyak akan sesuai dengan target audiens yang anda coba raih untuk menjadi pembeli produk yang anda jual.

Biasanya para endorser juga akan menolak apabila diminta mempromosikan produk yang tidak ada kaitannya dengan audiens mereka, tetapi ada juga beberapa yang berkenan.

Karenanya, dalam memilih endorser, sebaiknya anda memperhatikan beberapa tips berikut ini :

  1. Pastikan endorser memiliki engagement dan interaksi yang tinggi dengan followernya, baik dari jumlah likes maupun komentar, bukan hanya follower banyak saja,
  2. Pastikan follower dari para endorser tersebut berada pada rentang usia yang sesuai dengan target audiens bisnis anda,
  3. Pastikan postingan mereka yang diendorse memiliki respons yang baik dari para followernya,
  4. Pastikan “image” dari endorser sesuai dengan produk atau layanan yang anda tawarkan, kaarena akan berdampak pada “image” dari bisnis anda sendiri.
  5. Lihat sejauh mana kreatifitas endorser dalam memposting postingan iklan.

Kesimpulan

Dalam menerapkan cara jualan online di Instagram, perlu adanya persiapan yang matang untuk anda lakukan, mulai dari penyiapan akun, perencanaan konsep desain, apa saja konten postingan yang ingin dipasang, dan juga bagaimana cara mempromosikannya.

Karenanya, anda wajib untuk mengetahui bagaimana sebenarnya cara kerja Instagram tersebut dan bagaimana cara menarik perhatian dari para pengguna untuk membeli produk atau memesan layanan yang anda tawarkan.

Perhatikan dan pelajari bagaimana cara sukses jualan di Instagram yang dilakukan para pebisnis online Instagram lainnya ataupun dari kompetitor anda, serta bagaimana cara mendapatkan followers Instagram aktif dengan mudah.

Kami harapkan panduan mengenai cara jualan online di Instagram yang efektif di tahun 2019 ini akan dapat membantu anda dalam memaksimalkan bisnis anda pada platform tersebut, dan berujung kepada peningkatan konversi penjualan.