Cara Jualan di Instagram

128

2 Jenis Cara Jualan di Instagram

Cara Tanpa Memakai Iklan

Pada dasarnya, ada 2 cara jualan di Instagram: tanpa memakai iklan atau dengan iklan. Yang pertama adalah cara konvensional dalam berjualan di Instagram. Anda cukup memajang foto produk beserta keterangannya di tayangan Anda, berikut tag untuk menyasar target pasar. Produk Anda pun akan tampil kepada para pengguna Instagram jika mereka mencari sesuatu dengan kata kunci yang sama seperti tag yang Anda sematkan pada produk tersebut.

Cara Dengan Memakai Iklan

Cara kedua adalah dengan memakai iklan. Cara ini pun terbagi menjadi 2 metode. Pertama, Anda bisa menghubungi pihak-pihak tertentu, yang disebut sebagai Instagram influencers. Mereka adalah orang-orang dengan jumlah pengikut yang besar di Instagram. Harapannya ialah, dengan bantuan mereka, para pengikut mereka tertarik untuk menggunakan produk Anda. Meski terbukti ampuh, cara ini kurang efisien, terutama bagi bisnis kecil dan menengah.

Adapun penyebabnya antara lain:

  • Harga yang berbeda untuk tiap endorser. Semakin terkenal figurnya, semakin tinggi ongkos yang dipatok.
  • Setelah promosi dilakukan, tidak ad acara yang bisa membuktikan apakah promosi berjalan efektif atau tidak

Adapun cara jualan yang kedua adalah iklan yang dikembangkan Instagram sendiri. Cara ini pada dasarnya menjawab kekhawatiran Anda akan kekurangan Instagram influencers. Harga yang dapat disesuaikan seturut kebutuhan, cara pemasangan yang mudah, laporan hasil promosi, serta penargetan yang lebih presisi. Instagram sendiri menawarkan 4 tipe iklan yang dapat Anda pilih untuk bisnis Anda: foto, video, galeri, dan kisah (stories).

 

Iklan ini sendiri digadang-gadang mampu meningkatkan kualitas cara jualan di Instagram. Berikut cara untuk membuatnya:

1. Hubungkan akun Instagram dan Facebook Anda

Buka akun Facebook Anda, kemudian masuk ke bagian Pengaturan dan pilih Iklan Instagram.

Catatan: untuk pembuatan iklan Instagram, Anda membutuhkan akun Facebook untuk Bisnis.

Berikutnya, klik “Tambah akun” dan isi informasi akun Instagram Anda. Klik “Konfirmasi” setelah selesai.

2. Atur iklan

Sekarang, Anda akan membuat iklan pertama Anda menggunakan Pengelola Iklan. Prosesnya terbilang cukup sederhana. Jika Anda sebelumnya pernah menggunakan iklan Facebook, pembuatan iklan Instagram tidak akan memakan banyak waktu.

Pada Pengelola Iklan, klik “+ Buat iklan” di sudut kiri atas layar.

Kemudian, pilih tujuan promosi Anda. Perlu diketahui bahwa tidak semua tujuan promosi di sini dapat dijadikan iklan Instagram Stories.

Sebagai informasi, Anda mungkin tertarik dengan “Konversi”. Tujuan promosi ini dapat membantu meningkatkan penjualan di situs Anda. Akan tetapi, sebelum Anda bisa memasangnya, terlebih dahulu silahkan pasang Facebook pixel pada situs Anda. Sebuah notifikasi akan muncul dan memberitahukan Anda terkait hal ini.

3. Buat set iklan

Pada laman Pengaturan Iklan, silahkan pilih “Beli” sebagai tipe konversi yang akan Anda gunakan.

Berikutnya, silahkan tentukan target iklan Anda dan anggaran Anda untuk iklan ini.

Kemudian, pilih Peletakan Iklan. Silahkan memilih salah satu opsi untuk menjalankan iklan Anda di Instagram.

Terkait anggaran iklan, akan lebih baik apabila Anda memulainya dengan anggaran kecil untuk melihat performa iklan. Jika berjalan baik, Anda dapat meningkatkannya seiring waktu. Kemudian, klik “Lanjutkan”.

Pada laman berikutnya, Anda dapat memilih format iklan. Setelah memilih format yang Anda inginkan, tarik turun kursor untuk mulai mengunggah gambar/video iklan.

Setelah menambahkan foto/video iklan, tarik turun kursor Anda sampai Anda melihat opsi di sebelah kiri untuk menambahkan teks ke iklan. Kemudian, di sisi kanan dari editor teks, tersedia pilihan untuk melihat tampilan iklan Anda saat ditayangkan di Instagram.

Jika Anda merasa semuanya cocok, klik “Pesan”. Jika masih ada hal yang mengganjal, Anda bisa mundur ke langkah sebelumnya dan melakukan perubahan atas iklan Anda.

Selesai! Kini iklan Anda di Instagram akan menjadi senjata andalan Anda dalam menjalankan bisnis di Instagram. Seiring waktu, jangan lupa untuk mengoptimalkan strategi dan cara jualan di Instagram ini agar performa bisnis Anda tetap optimal. Untuk melihat cara bisnis tanpa modal dari Tokopedia, bisa lihat artikel disini. Tips-tips lain juga bisa dilihat di halaman utama blog porinto.

Mudah, Menyenangkan, dan Menguntungkan

Dengan lebih dari 800 juta pengguna aktif bulanan di September 2017, Instagram berhasil tumbuh menjadi salah satu sosial media terbesar di dunia. Anggotanya pun bukan hanya terbatas pada individu, melainkan bisnis dari berbagai bidang. Hal ini sebenarnya tidak aneh, mengingat Instagram adalah salah satu tempat terbaik bagi Anda untuk memulai dan mengembangkan bisnis. Cara jualan di Instagram pun sukses menjadi topik yang hangat diperbincangkan di internet.

Kenapa Harus Instagram?

Alasan utamanya ialah karena Instagram menerapkan pola interaksi yang unik antarpenggunanya. Setiap tayangan di Instagram sudah pasti mendapat tanggapan pengguna lain, terutama jika Anda menerapkan tag khusus. Hal ini secara langsung menjadikan Instagram media promosi yang tepat sasaran. Pemilik usaha pun tidak harus membuang uang mereka untuk hasil yang masih sebatas estimasi. Di Instagram, Anda bisa langsung menyasar target pasar Anda, jauh lebih akurat dan efisien disbanding sosial media lain.