7 Langkah Mudah dalam Cara Desain Kaos

Cara Desain Kaos

Cara desain kaos adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari kaos itu sendiri, karena tentunya kaos yang menarik adalah kaos dengan desain yang menarik. Desain suatu kaos adalah yang pertama membuat kamu tertarik padanya. Kaos yang memiliki desain menarik juga tentunya yang membuat orang lain memperhatikan kamu. Itulah mengapa penting untuk kamu mengetahui bagaimana desain kaos yang terbaik yang dapat kamu lakukan. Jika kamu mendesain kaos sebaik mungkin dan sesuai dengan yang diinginkan pasaran saat ini, maka kaos tersebut akan diterima dengan sambutan yang hangat. Akan banyak pembeli yang tertarik kemudian membeli kaos yang kamu desain.

Lalu bagaimana jika kamu tidak tahu bagaimana kaos yang menarik seharusnya didesain? Tentu kamu membutuhkan panduan cara desain kaos terkini. Jika kamu memiliki suatu ide atau sumber inspirasi desain kaos tersendiri pun tidak menjadi masalah. Pasalnya ide kamu tersebut dapat kamu modifikasi sehingga sesuai dengan apa yang menjadi standar dalam mendesain kaos yang baik dan menarik. Hal mendesain kaos pun tidak dengan mudah dapat kamu tentukan mana yang tepat dan tidak tepat. Ada banyak pertimbangan dalam hal jumlah produksi, wktu produksi, dan berbagai aspek lainnya yang akan kamu ketahui seiring semakin banyaknya pengalaman kamu mendesain. Jadi tidak perlu ragu untuk mendesain jika kamu tahu bagaimana cara desain kaos dilakukan.

7 Langkah Mudah dalam Cara Desain Kaos

Sebuah desain yang keren dan menarik serta bagus dari suatu kaos dihasilkan melalui beberapa tahapan atau langkah. Pada pembahasan kali ini kamu akan mengetahui bahwa tahapan atau langkah itu ada 7 banyaknya. Pelajari apa saja langkah-langkah tersebut dan cermati bagaimana melaksanakannya. Setelah kamu tahu apa yang ingin kamu lakukan dan bagaimana kaos ingin kamu desain, segera praktikkan cara-cara di atas dengan adaptasi dari ide kamu juga. Berikut ini informasi lengkap mengenai 7 langkah yang disebutkan sebelumnya:

1. Ketahui Apa Tujuan Kaos Dibuat

Sebuah kaos didesain dengan tujuan tertentu pastinya. Kamu penting untuk mengetahui tujuan ini sebelum memulai mendesainnya. Jika memang kaos dibuat untuk tujuan promosi dan publikasi, maka ada nilai brand yang harus kamu kedepankan. Lalu jika memang tujuan kaos dibuat hanya untuk dikenakan saja, maka yang penting kamu kedepankan adalah nilai kenyamanan dan kualitas untuk digunakan. Selain itu, kamu pun harus mengetahui siapa yang dituju untuk mengenakan kaos ini, hal ini akan sangat membantu kamu selama proses desain nantinya.

2. Tentukan Budget Pembuatan Kaos Keseluruhan

Saat kamu mendesain apapun, termasuk juga kaos ada aspek biaya atau budget yang perlu kamu ketahui sejak awal. Jika kamu mengetahui berapa besar budget dari pembuatan kaos dan desainnya ini secara keseluruhan, maka kamu dapat menentukan seperti apa kamu ingin kaos dibuat. Besar biaya yang dipatok menentukan bahan kaos seperti apa yang kamu pilih gunakan, berapa banyak warna yang digunakan untuk menyesuaikan biaya pencetakan nantinya, dan banyak aspek lain dalam desain yang bergantung dengan harga. Oleh sebab itu, tentukan dan ketahui berapa budget dari pembuatan kaos yang kamu kerjakan.

3. Ketahui Apa Jenis Sablon yang Digunakan

Ada banyak jenis sablon desain kaos ke permukaan kaos saat ini. Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan sablon yang menggunakan teknik screen printing, direct to garment printing (DTG), vinyl graphics, dan banyak lagi jenisnya. Menentukan sejak awal apa jenis sablon yang akan kamu gunakan nantinya sangat penting. Hal ini akan membuat kamu lebih jelas dalam mengatur pembagian waktu, biaya, bahan, dan hasil dari cetak sablon nantinya. Jika memang kamu memilih menggunakan jenis sablon tertentu, maka pastikan bahwa waktu, biaya, bahan, dan hasil yang kamu harapkan sudah disesuaikan dengan karakteristik dari sablon ini.

4. Tentukan Konsep Desain Kaos yang Dipilih

Setelah semua hal yang harus kamu ketahui di awal sudah kamu dapatkan dan tentukan, maka sekarang kamu sudah dapat menentukan seperti apa konsep desain yang kamu pilih. Pastikan untuk menggunakan seluruh informasi yang sudah didapatkan sebelumnya. Seperti ketika kaos dibuat ditujukan untuk berolahraga, maka gunakan bahan yang tepat dan desain seperti apa yang mencirikan atlet yang akan menggunakan. Jika kaos dibuat dengan tujuan untuk melakukan promosi suatu kegiatan, maka pastikan informasi penting dari acara yang akan dilaksanakan ada di desain kaos yang dibuat.

5. Evaluasi Hasil Desain yang Dibuat

Setelah hasil desain sudah kamu buat, maka lakukan beberapa evaluasi dari hasil desain tersebut. Apakah tujuan dari pembuatan kaos sudah tersampaikan dengan baik? Apakah kaos ini cocok digunakan oleh target pengguna nantinya? Tanyakan masukan orang-orang disekitar kamu untuk membantu kamu menilai dan mengevaluasi hasil desain dengan lebih objektif. Jika ada yang memang perlu diperbaiki, perbaiki desain kaos kamu sebagai salah satu cara desain kaos dalam bagian finishing. Jika sudah, maka kamu dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.

6. Simpan dalam Jenis File yang Tepat

Hasil desain yang sudah terakhir harus kamu simpan dalam beberapa jenis file. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi tempat percetakan nantinya. Jangan sampai salah menyimpan file yang lama menggantikan file yang baru. Jadi pastikan juga untuk menamai file dengan tanggal untuk mengetahui mana yang paling terbaru dari yang ada.

7. Temukan Percetakan yang Terbaik

Terakhir, desain sudah dapat kamu bawa ke percetakan kaos. Pastikan percetakan ini sudah kamu ketahui kualitasnya. Pastikan juga bahwa kaos dapat selesai dicetak sesuai waktu yang kamu butuhkan. Jika kaos sudah jadi periksa mengenai apa yang masih kurang dan sampaikan pada pihak percetakan untuk menjadi evaluasi dan perbaikan selanjutnya.

Berikut tadi penjelasan mengenai apa saja langkah mudah dalam cara desain kaos yang laku untuk dijual. Setelah kamu mengetahui beberapa langkah penting di atas, maka sekarang kamu pun sudah mengetahui bahwa siapapun bisa mendesain kaos dengan baik termasuk kamu. Jadi teruslah berkreasi dan pasarkan hasil desain kaos kamu yang pasti menarik dan nyaman untuk dikenakan sesuai tujuan pembuatannya.