12 Cara Desain Banner yang Menarik

Cara Desain Banner

Cara desain banner yang menarik tidak banyak diketahui apa saja tips dan triknya, kebanyakan hanya tahu memesannya saja. Padahal dengan mendesain sendiri banner yang kamu butuhkan, ada banyak hal yang bisa kamu atur dan buat sesuai kehendak. Tidak mudah memang mendesain banner, apalagi untuk para pemula. Namun tidak terlalu sulit juga jika kamu mengetahui apa saja yang penting dan harus ada dalam suatu desain banner. Namun sebelumnya sudah tahukah kamu apa itu banner?

Banner adalah alat publikasi dan promosi yang banyak digunakan untuk memberikan informasi secara luas kepada orang banyak. Publikasi menggunakan banner ini biasanya dapat kamu temukan hampir di semua tempat, bahkan di pinggir-pinggir jalan sekalipun. Jika kamu adalah mahasiswa, maka pastinya kamu pun sudah tidak asing lagi dengan penggunaan banner. Sudut-sudut kampus diketahui memang penuh dengan banner-banner yang menginformasikan sangat banyaknya kegiatan di kampus. Nah untuk kamu yang ingin mencoba mendesain sendiri banner dan meningkatkan skill desain, maka kamu dapat menggunakan informasi di bawah ini yang menjelaskan apa saja tips dalam cara desain banner yang tepat dan direkomendasikan.

12 Cara Desain Banner yang Informatif

Selain sebagai media publikasi berbagai acara, tidak jarang dapat juga disisipkan iklan dalam informasi yang ada di dalam banner ini. Itulah yang menyebabkan banner kemudian dikenal juga sebagai sumber informasi yang tergolong lengkap, karena seluruh informasi diberikan dalam satu cetakan besar dan dipampang di mana-mana. Karena guna dari banner adalah memberikan informasi, maka penting untuk  kamu tahu bagaimana cara desain banner yang informatif ini. Simaklah penjelasan di bawah ini yang akan membahas 12 cara diantaranya.

1. Buat Desain Sederhana Namun Menarik

Banner dibuat dengan tujuan menyampaikan informasi, jika kamu membuat desain yang terlalu penuh maka informasi yang harusnya tersampaikan menjadi tertutup. Oleh sebab itu, kamu tidak perlu membuat desain berlebihan. Buat desain yang sederhana namun tetap menarik untuk publikasi.

2. Gunakan Gambar yang Menarik

Salah satu cara agar desain yang kamu buat sederhana namun menarik dapat kamu lakukan dengan menambahkan gambar. Gambar biasanya tidak akan mengganggu konsentrasi informasi jika penempatannya tepat. Pilihlah gambar yang sesuai dengan informasi yang akan kamu sampaikan.

3. Huruf Harus Mudah Dibaca

Ukuran dan jenis huruf pun menjadi hal penting yang harus kamu perhatikan dalam pembuatan banner. Jangan terlalu banyak jenis huruf karena akan mengganggu pembaca untuk menangkap informasi di banner. Kamu juga harus mempertimbangkan ukuran huruf, jangan sampai terlalu kecil dan informasinya tidak terbaca.

4. Informasi Harus dapat Dibaca dengan Jelas dan Singkat

Setiap informasi yang kamu paparkan dalam mendesain banner harus dibuat dengan singkat dan jelas. Jangan terlalu banyak menyampaikan informasi sangat panjang sehingga tidak ada informasi yang dapat dipahami oleh pembaca. Sampaikan hanya yang penting saja dan singkat.

5. Panggilan untuk Mengikuti Harus Jelas

Jika kamu menggunakan banner untuk iklan dan publikasi, maka ajakan atau panggilan untuk mengikuti atau membeli harus jelas tersampaikan. Jangan sampai informasi untuk mengajak dan memanggil ini tidak tersampaikan dengan baik. Desain ajakan atau panggilan dengan cara yang berbeda untuk membedakannya.

6. Pastikan untuk Memiliki Batas Frame

Suatu banner nantinya akan dicetak, sehingga kamu harus memastikan bahwa desain juga harus memuat batas frame. Pastikan ada batas frame saat mendesain agar tidak ada bagian desain yang terpotong saat dicetak. Itulah fungsi frame yang harus kamu buat dalam mendesain banner.

7. Perhatikan urutan Informasi yang Runut

Saat banner digunakan untuk menyampaikan informasi, maka informasi yang disampaikan harus berurutan. Urutan informasi ini tidak boleh berantakan, karena akan membuat pembaca bingung. Jadi pastikan urutan informasi harus berurutan dan dapat menyampaikan informasi dengan jelas.

8. Pilih 3 Warna Dominan Saja

Desain banner yang baik harus dibuat dari 3 warna dominan saja. Jangan sampai ada terlalu banyak warna dan membuat desain terlalu pusing untuk dilihat. Perpaduan warna ini harus menarik juga, ada pilihan warna yang saling sepadan dan tercampur dengan sempurna.

9. Pilih Ukuran Banner yang Efektif

Ada beberapa ukuran banner yang dapat kamu pilih untuk menghasilkan banner yang standar untuk dibaca. Ukuran tersebut ada dari 300 x 250 sampai  728 x 90 pixel. Tentukan ukuran yang akan kamu gunakan sesuai dengan kapasitas ukuran menampung seluruh informasi yang akan kamu sampaikan.

10. Posisikan Desain Anda dengan Tepat

Desain harus proporsional penempatannya untuk memastikan bahwa hasil banner tidak mengganggu dan nyaman untuk dibaca. Gunakan desain kamu dengan tepat, seluruh informasinya harus terbaca dan setiap yang kamu buat saling berpadanan dan tidak mengganggu satu sama lain.

11. Simpan Dalam Ukuran High Definition

Agar hasil pencetakan dari banner yang kamu buat bagus kualitasnya, sejak baru disimpan di komputer kamu harus menyimpannya dalam ukuran yang high definition atau high quality. Hasil percetakan yang bagus memang ditentukan dari file mentahnya yang sudah bagus.

12. Tambahkan Logo Penyelenggara, Sponsor, dan Supporter

Terakhir, jangan sampai kamu lupa untuk menambahkan logo-logo yang berkaitan dengan penyelenggaraan informasi yang disampaikan melalui banner. Logo tersebut bisa berupa logo penyelenggara, logo sponsor, dan juga logo supporter. Tentunya kamu harus memilih logo yang jelas dan ukurannya pun disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

Berikut tadi penjelasan mengenai apa saja 12 cara desain banner yang informatif untuk kamu coba segera. Ternyata tidak sulit bukan menghasilkan banner yang menarik dan bermanfaat untuk publikasi? Kamu hanya perlu mengikuti beberapa cara di atas dan dapat dipastikan banner yang kamu hasilkan tidak akan mengecewakan. Jadi coba segera mendesain banner kamu sendiri dan publikasikan di tempat-tempat strategis sehingga informasi yang kamu buat dapat tersampaikan dengan baik ke tujuan banner dibuat.