5 Cara Copywriting yang Baik dan Bermanfaat untuk Membangun Bisnis

51
Cara Copywriting yang Baik

Cara menulis untuk memastikan bahwa pelanggan tertarik membeli produk yang kamu pasarkan secara online dikenal dengan istilah cara copywriting yang baik. Seperti diketahui, saat ini pemasaran produk secara online adalah teknik pemasaran terbaik dan termudah yang bisa dilakukan oleh para pelaku usaha. Namun, pemasaran online ini tidak bisa dilakukan tanpa kemampuan menulis yang baik. Kemampuan menulis ini juga dikenal sebagai copywriting skills. Semakin baik teknik copywriting kamu, maka semakin besar juga peluang usaha kamu untuk dapat mengalahkan para pesaingnya.

Sebenarnya teknik copywriting bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, dan pastinya masih bisa kamu pelajari sekarang juga. Ada beberapa pola yang harus kamu pahami dari teknik copywriting yang bagus ini. Pola-pola tersebut yang tidak dijelaskan secara umum dan mungkin kebanyakan orang belum tahu dengan jelas. Tapi tenang saja, karena pada bagian selanjutnya akan disebutkan apa saja pola dalam cara copywriting yang baik yang dapat mendukung upaya pemasaran dan usaha produk yang kamu jual.

5 Cara Copywriting yang Baik dan Bermanfaat untuk Membangun Bisnis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika kamu tertarik untuk mengetahui bagaimana copywriting yang baik dibuat maka kamu perlu mempelajari polanya. Pola dari teknik copywriting ini mungkin di awal sedikit membingungkan. Namun jika kamu sudah terbiasa, ternyata copywriting dapat kamu selesaikan dengan sangat cepat dan mudah. Jadi pelajari terlebih dahulu 5 pola yang pasti harus kamu lakukan untuk menghasilkan copywriting yang baik.

1. Buat Konten Copywriting yang Asli dan Bebas Plagiat

Suatu copywriting yang baik adalah yang asli dan bebas plagiat. Artinya kamu tidak menggunakan ide tulisan dari produk lain untuk mempromosikan produk yang kamu jual. Pastikan hanya mengedepankan apa yang menjadi keunggulan dari produk kamu ini adalah tips bisnis kaos dan pemasarannya, tanpa mengakui hasil copywriting dari produk lain.

2. Headline dari Tulisan Harus Menarik dan Membuat Penasaran

Bagian judul adalah bagian yang menjadi penarik pertama pelanggan akan membaca tulisan yang kamu buat. Jadi tidak dapat dipungkiri judul (headline) yang menarik dan membuat penasaran adalah kuncinya. Buat headline yang membuat penasaran bukan berarti harus seperti click bait yang hanya mengincar pembaca. Kamu perlu membuat mereka yakin dengan produk yang dipasarkan.

3. Jika ada Masalah dan Keterbatasan dalam Masyarakat, Fokus untuk Memberikan Solusi

Misalkan kamu akan mempromosikan produk melalui cara copywriting yang baik, maka kamu perlu mengedepankan apa yang dapat diberikan produk ini untuk mengatasi masalah. Jangan hanya menjelaskan kelebihan tanpa kebermanfaatan. Hal ini yang perlu kamu ketahui dengan jelas.

4. Lakukan Riset Market Terlebih Dahulu

Tahukah kamu apa yang disebut dengan riset market? Riset market adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui siapa dan pada usia berapa market produk ini ditujukan. Hasil dari riset market ini akan menghasilkan gaya penulisan yang berbeda juga, yaitu gaya penulisan yang membuat target market penasaran.

5. Pastikan Bahwa Sasaran dari Copywriting yang Dilakukan Tepat

Terakhir, cara copywriting yang baik dapat kamu lakukan dengan memastikan bahwa jenis copywriting yang kamu buat sudah tepat dengan lokasi publikasinya. Jangan sampai kamu membuat copywriting koran untuk dipublikasikan pada televisi atau sebaliknya. Hanya fokus pada target copywriting kamu sesuai dengan lokasi promosi dilakukan.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai apa saja 5 cara copywriting yang baik dan bermanfaat untuk membangun bisnis kamu. Jadi sekarang kamu sudah tahukan apa yang membuat copywriting memiliki peran yang sangat penting dalam upaya promosi suatu produk bisnis? Jika kamu sering melakukannya, maka teknik copywriting  ini akan segera kamu kuasai. Jadi cobalah membuat copywriting untuk produk-produk yang kamu pasarkan dengan mengikuti tips yang dijelaskan di atas.