6 Cara Bisnis Online Instagram yang Efektif

Cara Bisnis Online Instagram

Instagram adalah salah satu media sosial yang dapat difungsikan sebagai tempat berbisnis online juga. Keberhasilan cara bisnis online instagram ini pun sudah banyak yang merasakannya. Tidak tanggung-tanggung ada beribu toko online yang memasarkan produknya bermodalkan akun instagram saja. Walau terkesan seperti bukan bisnis yang menjanjikan, faktanya bisnis online instagram memiliki pasar yang luas dan menunjukkan keuntungan yang tidak sedikit. Ada sangat banyak masyarakat Indonesia yang mengakses intagram lebih dari 3 jam setiap harinya. Hal ini menunjukkan bagaimana efektifnya pemasaran bisnis online jika dilakukan di instagram.

Sesuai dengan namanya, bisnis online instagram berarti membawa bisnis yang kamu punya membuka seperti “toko” di akun instagram yang kamu miliki. Baik kamu sudah memiliki toko fisik ataupun belum sama sekali memiliki toko, kamu bisa membuka toko online di instagram ini. Kamu cukup mengunggah foto-foto produk bisnis kamu, pasarkan dengan aktif di akun instagram ini, dan tarik banyak pelanggan untuk membeli produk tersebut.

Walau begitu sukses untuk sebagian besar toko online, ternyata kesuksesan berjualan di instagram ini tidak datang begitu saja. Ada beberapa cara yang perlu kamu lakukan untuk memastikan bahwa bisnis online di instagram yang kamu bangun ini bisa menunjukkan hasil yang efektif. Bagaimana caranya? Itulah yang akan kami coba bahas pada bagian berikut. Ada beberapa cara bisnis online instagram yang sebaiknya kamu kuasai dan pelajari melalui daftar di bawah ini.

6 Cara Bisnis Online Instagram yang Efektif

Kamu yang ingin serius membuka bisnis online memanfaatkan instagram perlu mengetahui trik ampuh untuk pemasarannya. Jika kamu belum mengetahui mengenai trik-trik itu sebelumnya, maka berikut ini akan coba dijelaskan setidaknya 6 cara yang dapat mengembangkan bisnis online instagram kamu dengan efektif. Apa saja keenam cara tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini dan segera terapkan pada bisnis yang kamu miliki.

1. Buat Event Promo dan Diskon

Sebagai bisnis online kamu harus menarik target konsumen untuk percaya membeli produk bisnis kamu terlebih dahulu. Kebanyakan konsumen enggan membeli produk yang belum diketahui kualitasnya. Agar mereka tertarik membeli, cobalah untuk memberikan promo dan diskon. Promo dan diskon ini dapat meningkatkan kemungkinan peluang konsumen membeli produk kamu. Setelah mereka mengetahui kualitas produk dan keterpercayaan produk yang kamu jual, pastinya walau tidak ada promo atau diskon setelahnya mereka tetap tertarik untuk membeli.

2. Manfaatkan Fungsi dari Hashtag di Unggahan

Tahukah kamu bahwa hashtag atau tagar sangat berguna untuk memudahkan target konsumen menemukan produk yang kamu jual? Kebanyakan konsumen mencari produk dengan memanfaatkan tagar ini. Oleh sebab itu, kamu pun disarankan untuk menggunakan hashtag di setiap unggahan. Tambahkan hashtag yang paling sering dicari masyarakat terkait produk yang kamu jual. Menggunakan fungsi dari hashtag ini, konsumen menjadi lebih mudah mengetahui produk kamu dan kemudian tertarik untuk membelinya dengan penawaran yang pastinya menjanjikan.

3. Pastikan Unggah Foto Produk dengan Rutin

Agar konsumen tahu toko online kamu di instagram aktif, sebaiknya kamu memperhatikan untuk unggah foto produk secara berkala. Jangan hanya mengunggah sesekali dan membuat calon pembeli ragu apakah toko kamu masih aktif atau tidak. Begitupun soal stok produk yang jika sudah terlalu lama foto diunggah membuat calon pembeli ragu apakah produk masih tersedia atau tidak. Oleh seba  itu, pastikan untuk mengunggah secara berkala dan sampaikan informasi produk yang lengkap menggunakan caption dari unggahan tersebut.

4. Perhatikan Kualitas Foto Produk yang Bagus dan Menarik

Karena pemasaran yang kamu lakukan memanfaatkan media sosial instagram, maka kamu tentu tahu bahwa foto menjadi alat pemasaran utama di sini. Tidak bisa kamu hanya mengunggah foto yang asal jadi dan tidak menarik. Pastikan untuk mengambil foto produk sebaik dan sebagus mungkin. Cari sudut pengambilan yang menarik dan membuat konsumen penasaran untuk membeli produk yang kamu jual tersebut. Lebih baik lagi jika kamu menggunakan kamera profesional untuk pengambilan gambarnya.

5. Targetkan Jumlah Followers Sesuai Target Konsumen

Pastikan untuk menambah followers akun instagram kamu terus menerus. Jika kamu ingin followers yang bertambah adalah yang sesuai dengan target konsumen kamu, maka cobalah cara mendapatkan followers instagram aktif dengan follow terlebih dahulu akun-akun tersebut. Buat riset sederhana untuk mengetahui mana target konsumen yang kamu ingin mengetahui keberadaan produk kamu karena berpeluang besar untuk tertarik membeli. Kemudian follow mereka terlebih dahulu dan pastikan akun kamu tidak terkunci. Sehingga calon konsumen tertarik untuk follow kembali kamu.

6. Upgrade Akun Instagram Menjadi Memiliki Fitur Promotion

Jika kamu memiliki modal yang cukup, cobalah upgrade akun instagram menjadi memiliki fitur promotion. Manfaatkan fitur ini untuk dapat membuat unggahan produk kamu muncul di timeline akun lain yang bahkan bukan followers kamu. Hal ini akan membuat mereka menjadi tertarik untuk membeli produk yang baru diketahui keberadaannya tersebut. Lebih hebatnya lagi, produk kamu ini bisa kamu pilih ingin dipromosikan ke target konsumen seperti apa. Sangat bermanfaat sekali bukan?

Itulah tadi penjelasan mengenai apa saja cara bisnis online instagram yang efektif dapat kamu segera coba lakukan. Pastikan untuk tekun dan ulet dalam mengembangkan bisnis kamu dengan berbagai cara di atas. Jika cara tersebut belum menunjukkan hasil, maka jangan langsung menyerah. Cobalah lagi beberapa kali dan kesabaran kamu akan membuahkan hasil. Setiap bisnis memang memerlukan waktu yang berbeda-beda untuk dapat berkembang. Namun siapapun bisa memiliki bisnis yang sukses. Jadi jangan mudah menyerah!