Berbagai Jenis Spanduk dan Fungsinya

Spanduk sering sekali anda jumpai, baik di pusat perbelanjaan, di dalam toko, pergelaran, pameran atau bahkan di tepi jalan raya. Media promosi ini umumnya dicetak dengan print digital yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana informasi, media iklan atau sebagai brand awareness. Selain itu menggunakan media Spanduk bisa dipakai berulang – ulang sehingga lebih ekonomis dari pada media lainnya.

4 Jenis Spanduk dan Fungsinya

Berdasarkan tempat atau letaknya Spanduk dibagi menjadi dua yaitu Spanduk indoor yang dipasang di dalam ruangan dan Spanduk outdoor yang dipasang di luar ruangan atau di ruangan terbuka. Selain itu ternyata ada beberapa jenis Spanduk yang lain yang memiliki fungsi masing – masing. Berikut penjelasannya.

1. X- Banner

Dinamakan X Banner atau spanduk X sebab Spanduk jenis ini karena ketika memasang Spanduk menggunakan tiang penyangga berbentuk huruf X. Tiang penyangganya memang sengaja dibuat dengan bahan pipa dari aluminium kecil sehingga mudah di pindah tempat dengan mudah. Biasanya poster jenis ini diletakkan di samping pintu masuk sebuah toko, kantor atau ruang seminar.

Spanduk jenis ini bisa diletakkan di dalam maupun di luar ruangan. Yang unik dari Spanduk jenis ini adalah tiangnya bisa dipakai berulang – ulang sehingga anda bisa lebih hemat karena hanya perlu mencetak ulang Spanduk nya saja.

2. Y – Banner atau Spanduk X

Serupa dengan X Spanduk , jenis spanduk ini juga diberi nama berdasarkan dengan tiang penyangganya yang berbentuk huruf Y. Spanduk jenis ini juga memiliki model tiang penyangga yang bisa dipisahkan dari rangkanya. Biasanya, Spanduk jenis ini memiliki alas di bagian bawahnya supaya berdirinya Spanduk ini lebih kuat.

Namun, promosi menggunakan Spanduk Y sedikit lebih rendah dari pada X Spanduk . Ukuran standar Spanduk jenis ini biasanya sebesar 60 x 160 senti meter.

3. Mini X – Banner atau Spanduk Mini X

Mini X Spanduk sama dengan X Spanduk hanya berbeda pada ukurannya saja. Keduanya sama – sama menggunakan tiang penyangga yang berbentuk X. Ukuran Spanduk jenis ini adalah 26 x 38 senti meter atau terkadang bisa lebih kecil lagi sesuai dengan keinginan anda.

Bahan untuk Spanduk jenis ini terdiri dari dua macam, yaitu X – Spanduk yang dilapisi dengan stainless dan X – Spanduk yang tanpa lapisan. Spanduk ini biasanya diletakkan di meja – meja makan restoran sebagai alat untuk mempromosikan menu restoran.

4. Roll Up Banner atau Spanduk Roll Up

Spanduk jenis ini memiliki fungsi yang sama dengan mini X – Spanduk , biasanya juga diletakkan diatas meja. Yang lebih unik dari Spanduk jenis ini adalah bentuknya yang dapat di gulung setelah selesai digunakan. sehingga ketika anda akan menggunakan Spanduk ini, anda hanya perlu menarik Spanduk nya dari atas ke bawah.

Ukuran Spanduk ini biasanya 80 x 200 senti meter, atau 85 x 200 senti meter dan 120 x 200 senti meter ada juga yang berukuran 150 x 200 senti meter. Spanduk jenis ini sangat efisien karena mudah digunakan dan mudah dibawa kemana – mana serta sangat ringan.

Spanduk jenis ini biasanya dibuat dari bahan yang kuat dan mempunyai daya tahan yang tangguh. Jenis ini juga sangat pas jika dipasang di dalam ruangan. Pasalnya, penggunaannya hanya diperuntukkan ketika pameran, di etalase toko, dan ruang penjualan. Selain karena harga Spanduk yang murah, jenis Spanduk ini juga mampu menampilkan produk anda secara menyeluruh tanpa takut jatuh karena angin.

Jenis – jenis spanduk tersebut yang paling sering digunakan ketika ada event atau kegiatan lainnya. Setelah mengetahui jenis Spanduk , sebaiknya anda gunakan Spanduk yang sesuai untuk kebutuhan anda. untuk menarik perhatian pengunjung gunakanlah desain yang baik dan bagus serta mudah dimengerti oleh konsumen.

Baca Juga Manfaat Brosur dalam Marketing Beserta Ukurannya