Belajar Desain Digital dari Logo Apple

94
logo apple

Desain Digital adalah bidang profesi yang menggabungkan konsep seni rupa dua dimensi dan teknologi komputer. Selain kelihaian dalam mengolah rasa dan penilaian estetis terhadap kualitas suatu citra, anda juga diwajibkan untuk menguasai fitur-fitur yang tersedia pada software desain yang anda gunakan.

Kedua kemampuan itu harus bertumbuh secara bersama jika anda ingin menjadi seorang ahli di bidang desain digital. Tak bisa hanya salah satu dari kedua kemampuan itu anda kuasai. Anda akan bingung menggunakan pengetahuan mengenai fitur software apabila kemampuan seni anda lebih rendah dari pada penguasaan fitur. Dan sebaliknya, anda akan bingung mengimplementasikan kemampuan seni anda.

Perjalanan karir Steve Jobs di Apple adalah salah satu karyanya yang telah dengan sukses memadukan dua bidang tersebut, seni rupa dan teknologi komputer. Produk-produk apple terkenal berkualitas secara tampilan (simpel), fungsi (berguna), dan kenyamanan (ergonomis). Selain produk-produknya, logo Apple sendiri juga memiliki kualitas estetika yang relatif tinggi.

Lalu, apa saja yang bisa anda pelajari dari logo Apple dalam konteks desain digital?

Tips-tips Desain Logo Apple yang Bisa Dipelajari

1. Simpel Lebih Baik

Jika anda memperhatikan karya desainer logo Apple, baik dari logo perusahaan hingga sistem software-nya, maka hal yang paling menonjol adalah konsep simplisitasnya (kesimpelannya). Konsep “less is more” dalam setiap karya desainnya adalah yang selalu diterapkan.

Situs resmi Apple tidak seperti kebanyakan situs perusahaan lainnya yang memuat sangat banyak informasi. Sementara Apple hanya mencantumkan informasi relevan seperti produk terbaru dan beberapa kategori dengan deskripsi yang tersampaikan melalui desain dan kalimat singkat.

Hal tersebut membuat pengunjung tidak perlu melihat banyak informasi yang tidak relevan dan kelelahan karena membaca deskripsi setiap kategori. Meski tampak minimalis dan simpel, desain situs resmi Apple tetap atraktif, ditambah lagi resolusi tinggi dari kualitas gambarnya.

2. Kontras Adalah Kunci Utama

Bayangkan jika anda berada di lapangan bola dengan dominasi warna hijau dan melihat sesuatu berukuran sebesar bola basket dan berwarna hitam. Mata anda, secara spontan, akan tertuju ke benda itu. Penyebabnya adalah kondisi alamiah otak manusia yang cenderung melihat perbedaan, dalam hal ini, hal visual, kontras warna adalah perbedaan tersebut.

Anda bisa menerapkan ini pada bidang desain digital. Jika anda ingin menyampaikan informasi yang penting, maka seni membubuhkan warna pada desain adalah salah satu kunci utama.

Selain kontras dalam hal visual, kontras dalam hal bentuk juga mengundang perhatian mata kita secara alami. Oleh karenanya, perpaduan antara bentuk (jenis font jika dalam teks) dan warna (baik background maupun foreground) merupakan kunci utama untuk meningkatkan nilai estetis desain sehingga mengundang ketertaikan orang yang melihatnya.

3. Mengutamakan Konsistensi

Keseluruhan produk Apple terlihat konsisten, baik dari desain hardware, sistem operasi, dan software. Anda bisa membandingkan hardware seperti iPhone, iPad, MacBook, Mac,dan iWatch. Anda secara alamiah akan melihat konsistensi desain. Selain itu, anda juga dapat membandingkan sistem operasi antara iOS dan MacOS.

Terakhir anda bisa membandingkan software-nya, misalkan iTunes, anda akan menjumpai konsistensi desain iTunes di iOS, MacOS, dan bahkan versi web-nya.

4. Menggunakan Grid yang Kuat

Pada halaman tertentu situs resmi Apple, anda akan mendapati banyak informasi di sana. Anda akan terkagum melihat desain yang begitu atraktif dan informatif. Hal ini didukung tidak hanya yang telah dijelaskan sebelumnya di atas, hal ini juga didukung konsep grid yang kuat oleh Apple.

Baca Juga: Belajar Membuat Desain dari Logo Brand Terkenal