10 Bahan Sablon Kaos Yang Paling Penting

Bahan Sablon Kaos

Saat mengerjakan sablon kaos, ada berbagai bahan sablon kaos yang harus kamu siapkan. Sablon kaos seperti diketahui adalah teknik percetakan pakaian yang memanfaatkan tinta untuk menghasilkan berbagai jenis desain. Permukaan kaos adalah lokasi di mana sablon akan dicetak, sehingga bahan dari kaos harus disesuaikan dengan bahan sablon untuk menghasilkan kualitas sablon yang terbaik dan tidak mengecewakan pembeli nantinya. Kamu yang ingin memiliki bisnis sablon kaos penting untuk mengetahui apa saja yang perlu kamu siapkan dalam memulai sablon kaos. Pastinya yang harus kamu siapkan tidak akan lepas dari bahan dan alat sablon.

Walau ada sangat banyak jenis sablon kaos, sablon manual atau tidak menggunakan mesin printer adalah sablon yang paling banyak diminati. Walau memang masih memiliki kekurangan, sablon manual memungkinkan untuk menghasilkan sablon dengan kualitas yang baik. Akan tetapi penting untuk menyiapkan seluruh bahan dan alat yang diperlukan untuk dapat memulai sablon kaos manual sendiri. Penjelasan mengenai bahan dan alat untuk membuat sablon kaos tersebut yang akan dibahas pada bagian di bawah ini. Selamat mempelajarinya!

Alat dan Bahan Sablon Kaos untuk Disiapkan

Seperti teknik pencetakan lainnya, pastinya sablon juga didukung oleh alat dan bahan yang berperan penting dalam prosesnya. Tidak mudah mungkin mengetahui apa saja alat dan bahan ini, jika sebelumnya kamu tidak pernah belajar atau mencobanya sendiri. Namun tidak usah bingung mencari jauh-jauh, pada bagian di bawah ini akan dijelaskan apa saja alat dan bahan dalam cara menyablon kaos yang penting untuk disiapkan sejak awal.

1. Coater

Jenis bahan pertama yang perlu kamu siapkan adalah coater. Bahan ini berfungsi untuk meratakan emulsi foto untuk hasil sablon yang rata dan memuaskan. Coater terbuat dari bahan alumunium sehingga hasil sablon pun bagus dan rapi.

2. Emulsi Foto

Bahan selanjutnya yang dibutuhkan adalah bahan kimia yaitu emulsi foto. Jenis bahan kimia ini sudah dapat anda beli bebas dan sesuai kebutuhan. Memang cukup banyak merek dagang yang diperjualbelikan, akan tetapi kamu dapat memilih yang paling umum digunakan.

3. Hair Dryer

Sablon yang merupakan proses pencetakan gambar dengan tinta, penting untuk memastikan bahwa tinta kering seluruhnya. Pengeringan tinta dapat dibantu menggunakan pengering rambut atau yang dikenal dengan nama hair dryer ini.

4. Kipas Angin

Lain lagi untuk kipas angin yang juga termasuk bahan sablon kaos yang perlu kamu siapkan. Kipas ini akan sangat membantu kamu dalam mengeringkan hasil afdruk lebih cepat. Namun pastikan gunakan kipas angin dari stainless steel.

5. Meja untuk Afdruk

Proses afdruk hanya dapat dilakukan pada permukaan yang rata. Itulah mengapa kamu juga perlu memastikan ada meja yang tersedia untuk digunakan diluar proses sablon utamanya. Meja tersebut akan digunakan untuk membuat afdrukan.

6. Meja untuk Sablon

Selain meja untuk afdruk, ada juga meja untuk sablon yang satu ini. Meja sablon kaan memastikan bahwa seluruh area print tercetak dengan presisi. Frame yang ada pada meja menjadi ujukan untuk mendapatkan presisi terbaik.

7. Rakel

Selain coater, kamu juga membutuhkan rakel untuk meratakan dalam proses sablon. Bedanya, rakel digunakan untuk meratakan sisa tinta sablon yang ada pada screen sablon. Hal ini kemudian yang menyebabkan rakel akan terbagi menjadi dua jenis untuk menghasilkan jenis perataan yang berbeda.

8. Screen Sablon

Berbentuk penyaring yang dibentangkan untuk menjadi saringan tinta yang digunakan untuk mencetak gambar. Sebelumnya dibuat dahulu bingkai untuk memastikan bahwa tinta-tinta pada screen sablon tidak tersebar melebihi batas yang ditentukan.

9. Semprotan Air

Kamu juga harus menyiapkan semprotan air untuk membantu proses perontokan afdruk lebih cepat. Seperti diketahui afdruk akan menempel pada screen dan untuk memulai proses sablon terlebih dahulu afdruk harus rontok dan bersih dari screen. Jadi gunakan air yang disemprotkan dengan tekanan untuk memaksimalkan pembersihannya.

10. Tinta Sablon

Bahan terakhir yang menjadi bahan utama dari sablon kaos adalah tinta sablon. Kamu tidak mungkin melakukan sablon tanpa tinta-tinta ini. Pastikan untuk menyediakan dua jenis tinta, yaitu tinta water base dan solvent base. Jadi kreasi tinta pada desain sablon kaos kamu tidak akan monoton.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai apa saja alat dan bahan sablon kaos yang harus kamu siapkan. Pastikan untuk memiliki semua bahan tanpa terkecuali agar proses sablon berjalan dengan lancar tanpa kendala. Saat ini seluruh bahan yang disebutkan di atas tidak perlu kamu buat sendiri, beli dan segera gunakan untuk memulai bisnis sablon kaos milik kamu sendiri! Kalau ga mau repot, bikin kaos custom di Porinto aja.