Asal Mula Bahan Katun yang Banyak Digunakan Sekarang

19
Asal Mula Bahan Katun

Asal mula bahan katun adalah informasi yang akan menjelaskan dari mana datangnya bahan katun, sebelum akhirnya digunakan menjadi bahan pakaian di seluruh dunia seperti sekarang. Katun atau yang dalam bahasa inggris dikenal sebagai jenis bahan cotton ini merupakan bahan yang sangat baik untuk menyerap keringat jika digunakan sebagai pakaian. Kamu tentu tahu bahwa ada jenis banyak bahan untuk pakaian. Namun tidak semuanya menawarkan kenyamanan seperti yang ditawarkan oleh bahan katun ini.

Selain baik untuk menyerap keringat, bahan katun dikenal juga baik untuk dijadikan bahan pakaian anak-anak karena mencegah alergi. Jika cuaca panas, diketahui bahan katun akan menyerap keringat dengan baik dan ketika cuaca dingin bahan katun akan menghangatkan tubuh. Berbagai keuntungan ini yang membuat pakaian dari bahan katun lebih populer dari bahan lainnya. Namun tahukah kamu dari mana asal mula bahan katun?

Proses Pengolahan dari Asal Mula Bahan Katun

Bahan katun yang populer ini menarik untuk diketahui asal mulanya. Itulah mengapa pada bagian berikut ini akan coba dijelaskan bagaimana asal mula dari bahan katun ditemukan dan digunakan menjadi bahan baku pakaian. Simak penjelasannya pada bagian di bawah ini:

1. Berasal dari Tanaman Kapas

Pertama perlu kamu ketahui bahwa asal mula bahan katun adalah tanaman kapas. Tanaman kapas memiliki pohon yang tinggi dan dari sana dikumpulkanlah bahan awal kapas.

2. Bagian Serbuk Sari Kapas Dikumpulkan

Tanaman kapas memiliki serbuk sari. Serbuk sari kapas ini yang harus dikumpulkan untuk menjadi bahan baku pembuatan kain yang dinamakan katun. Sehingga dapat dilakukan pengolahan tahap berikutnya.

3. Serbuk Sari Diolah Menjadi Bola Kapas

Serbuk sariĀ  yang sudah dikumpulkan diolah menjadi bola-bola kapas. Caranya adalah dengan menggulungnya hingga membentuk bola kapas. Tentunya bola kapas ini digunakan untuk melalui proses selanjutnya, yaitu penenunan.

4. Bola Kapas Ditenun Menjadi Benang

Bola kapas hasil penggulungan serbuk sari ini kemudian diubah menjadi benang untuk kain. Proses ini dikenal dengan nama tenun. Bola kapas diubah menjadi benang ataupun juga kain dan bisa diolah menjadi pakaian selanjutnya.

5. Benang Kain Dijahit menjadi Pakaian

Benang kain kemudian dilakukan proses pengolahan sehingga menjadi pakaian yang bisa digunakan. Bisa dilakukan proses penjahitan menjadi baju, celana, dan lain sebagainya.

Demikianlah tadi informasi mengenai pengolahan katun mulai dari asal mulanya. Setelah mengetahui informasi di atas, maka selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah bagaimana merawat bahan katun agar tidak mudah rusak dan lusuh.

TipsĀ  Merawat Pakaian yang Terbuat dari Bahan Katun

Apa kamu memiliki pakaian berbahan katun? Tentu kamu perlu mengetahui cara merawatnya. Cara merawat yang khusus diberikan pada bahan katun ini akan membuatnya lebih awet digunakan dalam waktu lama. Apa saja teknik perawatan itu?

  • Mencuci Pakaian dengan Tangan

Bahan katun disarankan untuk dicuci menggunakan tangan dan tidak menggunakan mesin cuci. Penggunaan mesin cuci akan membuat baju cepat rusak dan warna cepat memudar.

  • Gunakan Jenis Deterjen yang Tepat

Perawatan selanjutnya anda sebaiknya memilih deterjen yang cepat untuk bahan katun agar tidak merusak kondisi pakaian saat dicuci. Ada banyak jenis deterjen dan sebaiknya anda menggunakan yang khusus untuk katun.

  • Jemur dengan Menggunakan Matahari

Terakhir, pakaian dari bahan katun pun sebaiknya tidak dikeringkan dengan mesin pengering. Gunakanlah matahari sebagai penjemur alami pakaian kamu.

Itulah tadi penjelasan mengenai informasi lengkap terkait asal mula bahan katun. Informasi di atas membuat anda sekarang tahu bahwa ternyata bahan katun terbuat dari kapas dan memerlukan perawatan agar dapat bertahan lama untuk digunakan.