Penggunaan Art Carton dan Art Paper

250
Art Carton

Bagi masyarakat awam, topik pembahasan mengenai dunia percetakan memang dapat dikatakan cukup membingungkan. Karena dunia cetak mencetak bukan hanya mengenai desain, tapi juga bahan kertas yang akan digunakan hingga proses finishing. Memahami satu topik seperti kertas saja sudah membuat pusing, karena sebenarnya ada banyak sekali jenis kertas yang digunakan diantaranya adalah art carton dan art paper.

Untuk menyederhanakan hal tersebut. Maka disini akan dibahas tentang kertas dalam dunia percetakan. Pernah melihat majalah, kalender dan poster? Apabila industri Anda bergerak di bidang tersebut, maka yang dibutuhkan adalah art paper. Memiliki ciri khas dengan tekstur yang halus dan tampilan glossy. Tentunya ini adalah salah satu jenis kertas terbaik yang direkomendasikan.

Meskipun menawarkan tampilan elegan, berkelas dan berkualitas dengan permukaan mengkilap yang membuat desain tampak lebih mencolok. Namun sayangnya, art paper ini sangat tidak pas apabila digunakan sebagai media tulis menulis. Hal ini dikarenakan permukaannya yang licin membuat jenis bahan sulit dalam menyerap tinta. Oleh karenanya, perhatikan kebutuhan Anda.

Contoh Produk Dari Art Carton dan Art Paper

Berikut di bawah ini adalah contoh produk dari penggunaan art carton dan art paper :

1. Gift Tag

Gift tag termasuk satu dari beberapa macam contoh penggunaan dari art carton dan art paper. Memiliki ketebalan di kisaran 190 gr hingga 310 gr, bahan ini memang sangat direkomendasikan sebagai material untuk membuat kartu hadiah. Kenapa? Dengan ketebalan yang sesuai, maka kartu ucapan hadiah ini akan menjadi lebih awet dan tahan lama. Selain itu, uniknya karena bisa di desain bervariasi.

2. Greeting Crad

Greeting card juga merupakan salah satu contoh dari penggunaan art paper. Kartu perkenalan diri ini dapat di desain sesuai kebutuhan. Selain itu, ukurannya juga bisa disesuaikan, mengikuti size normal ataupun dengan menerapkan ukuran sendiri. Greeting card biasanya akan digunakan oleh para profesional yang memerlukan identitas kartu pengenalan guna kepentingan pekerjaan.

3. Product Tag

Pastinya Anda sudah pernah melihat product tag, bukan? Ya, bahan dari tag tersebut dapat dibuat dengan menggunakan carton khusus yang memiliki tingkat ketebalan lebih tinggi. Product tag ini umumnya bisa dilihat pada tag pakaian yang dijual. Benda tersebut memiliki sebuah peranan yang sangat penting, karena dapat menjadi tanda pengenal atau identitas diri dari sebuah brand.

4. Poster

Seprti yang diketahui bahwa desain yang ditampilkan oleh poster umumnya menggunakan beragam warna dan dapar dikatakan cukup kompleks. Untuk bisa memenuhi semua kualitas yang diminta tersebut, maka art paper adalah apa yang dibutuhkan. Dengan karakteristik tinta yang akan tetap tahan berada di atas permukaan kertas, membuat poster tampak lebih tajam dan menarik.

Baca Juga:  Ketahui Ragam Ukuran Poster Sebelum Mencetaknya!

5. Kalender Dinding

Kalender dinding termasuk satu di antara sekian banyak contoh art paper yang paling sesuai. Memiliki bahan yang tidak bisa menyerap debu serta kotoran. Art paper ini menawarkan tingkat kualitas gambar yang sangat tinggi, karena memang bahannya juga bagus. Mengusung tekstur serupa couted paper, yang memiliki ketahanan terhadap kelembaban. Kertas ini bisa menampilkan warna lebih tajam.

Selain itu, jenis kertas art carton dan art paper ini juga memiliki kemampuan sulit menyerap tinta print. Sehingga proses pengeringan yang dilakukan akan menjadi lebih cepat dan mudah. Namun jangan salah, warna yang dihasilkan tidak perlu diragukan lagi. Apabila Anda ingin mencetak produk dengan desain gambar yang sangat detail dan kompleks, maka bisa menggunakan bahan yang satu ini.