Apa Itu Startup Bisnis? Ayo Simak Ulasannya Disini

Apa itu startup bisnis?

Banyak dari masyarakat yang menganggap sepele perusahaan startup di Indonesia di beberapa dekade yang lalu. Namun sekarang ada banyak startup bisnis di Indonesia yang tumbuh sangat cepat dan menjadi perusahaan multinasional.

Startup adalah sebuah perusahaan berbasis teknologi dimana masih dalam proses berkembang, dan inovasi menjadi bagian penting dari tawaran produk yang disediakan oleh perusahaan tersebut.

Penggunaan istilah startup sendiri sebagai sebuah perusahaan yang berkembang mulai populer sejak 2000-an dimana bermunculan perusahaan-perusahaan berbasis online yang mampu berkembang dengan cepat seperti Amazon sampai Alibaba sebagai platform jual beli, atau Detik dan Kaskus sebagai portal berita dan komunitas jual beli.

Tantangan Perusahaan Startup Online

Secara ringkas ada tiga tantangan yang dihadapi oleh startup bisnis di Indonesia saat ini untuk berkembang. Mulai dari teknologi, manajemen dan bisnis dari perusahaan terkait. Ketiga tantangan ini sangat penting untuk diperhatikan karena berbeda jika dibandingkan dengan perusahaan konvensional dimana memiliki studi kasus yang lebih banyak, kamu harus berjuang lebih keras agar dapat mampu bersaing dengan ribuan kompetitor yang saat ini memadati pangsa pasar berbasis teknologi di Indonesia.

Teknologi

Pemanfaatan teknologi memiliki peran krusial dalam perkembangan perusahaan startup. Lihat saja aplikasi Gojek yang saat ini tumbuh kian besar karena mampu menjangkau konsumen potensial lewat aplikasi mereka. Inovasi dalam hal teknologi memiliki peran penting bagaimana produk mampu bersaing dibandingkan kompetitor mereka.

Keuangan perusahaan

Cashflow dari setiap startup bisnis haruslah diperhatikan dengan seksama, apalagi kerentanan bisnis yang muncul sampai perusahaan mampu stabil dengan adanya sejumlah cadangan dana berupa cash ataupun aset yang solid.

Manajemen

Manajemen berperan penting agar sebuah perusahaan startup mampu berkembang dimana dapat dilakukan dengan mengembangkan budaya perusahaan ke arah yang tepat. Beberapa tips sederhana untuk itu mulai dari orientasi kepuasan manusia, penyatuan visi sampai disiplin terhadap capaian dan target yang sudah disusun.

Berkembangnya sistem pembayaran online

Layanan keuangan dalam memfasilitasi pembayaran digital semakin populer karena selain lebih praktis, tawaran diskon yang banyak dari platform sering kali dapat mengurangi biaya pembayaran, dalam jangka panjang.

Sebut saja layanan OVO, GO-PAY, Dana, sampai T-Cash. Penggunaan uang tunai berangsur-angsur dihindari dalam transaksi online.

Beberapa Perkembangan Startup di Indonesia

Kita akan mengulas beberapa startup online yang sudah sukses melalang buana di tanah air. Diantaranya Tokopedia, Gojek, Traveloka sampai situs kaos custom Porinto.

Tokopedia

Perusahaan startup bisnis yang pertama yang akan kita ulas adalah Tokopedia. Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan startup yang satu ini. Ya dengan lapak jual beli yang diusung, perusahaan ini mendominasi bersama beberapa olshop lainnya di Indonesia.

Lapak jual beli yang pertama kali sukses ada pada komunitas Kaskus, namun seiring waktu, dengan tampilan dan sistem forum seperti itu pastinya akan kalah jika dibandingkan dengan sistem Tokopedia yang lebih praktis. Apalagi didukung dengan sistem escrow oleh pihak Tokopedia sendiri.

Tokopedia berdiri pada 17 Agustus 2009 dimana bertepatan dengan ulang tahun kemerdekaan Indonesia. Sejak saat itu, Tokopedia berhasil menjadi partner dari ribuan toko online sampai menjadi pilihan utama masyarakat dalam transaksi online. Dengan fitur-fiturnya yang terbaru mulai dari investasi emas dan reksadana, sistem pembayaran pulsa dan listrik sampai dengan pinjaman modal bagi pelapak.

Terhitung semenjak berdiri, Tokopedia sudah berhasil meraup dana investasi sampai dengan Rp. 49,3 Triliun (cnbcindonesia). Sebuah modal yang kuat bagi mereka untuk mengembangkan bisnisnya.

Gojek

Kalau start up yang satu ini didirikan setahun setelah Tokopedia atau tepatnya pada tahun 2010. Awalnya perusahaan ini menjiplak layanan Uber yang sudah populer di Amerika Serikat. Namun dengan modifikasi berupa layanan antar menggunakan sepeda motor, Gojek bertransformasi menjadi sebuah layanan ojek populer yang menjamin ketepatan dan kecepatan bagi penumpang mereka.

Apalagi jika kita bandingkan dengan layanan Grab atau Uber yang menggunakan mobil, praktis saja, Gojek bisa menjadi pilihan yang paling murah dan cepat untuk jalanan macet di kota-kota besar seperti Jakarta.

Saat ini Gojek tidak hanya melayani penumpang yang membutuhkan jasa transportasi saja, karena ada fitur lainnya seperti pengiriman makanan sampai dengan jasa pembayaran dengan sistem top up.

Traveloka

Perusahaan ini didirikan pada 2012 dimana terinspirasi dari kebutuhan salah satu pendirinya, yaitu Ferry. Saat itu ia mengalami kesulitan untuk melakukan pemesanan tiket pesawat pulang ke kota Padang dari luar negeri.

Memang Traveloka mampu menjadi jawaban setiap kali kita ingin tahu jadwal keberangkatan bahkan harga tiket yang paling menarik. Alih-alih membeli tiket saja, traveloka bisa menjadi one-stop platform yang bisa kita pergunakan untuk berbagai macam fasilitas liburan sampai dengan pemesanan hotel dan tiket rekreasi.

Baru-baru ini, Traveloka menghadirkan fitur Bagasi Tambahan yang dapat kamu gunakan untuk memesan jumlah bagasi ekstra yang dapat kamu bawa terbang.

Selain itu, dengan berbagai jenis kerjasama antara pihak Traveloka dengan hotel sampai jasa penerbangan, seringkali harga yang ditawarkan sangat bersaing dibandingkan membeli langsung pada platform pihak penerbangan atau hotel itu sendiri.

Porinto

Porinto merupakan vendor online yang menyediakan layanan kaos custom. Disini kamu bisa melakukan print kaos dengan desain yang kamu siapkan sendiri, hanya tinggal mengunggahnya ke platform mereka.

Langkah pertama adalah dengan menyiapkan logo/desain untuk di print ke kaos kamu.

Logo

Langkah kedua Porinto akan memulai pengerjaan yang memerlukan waktu sekitar 2 – 5 hari kerja.

Sablon kaos

Langkah ketiga pihak kurir akan mengantarkan pesanan kamu ke alamat yang dituju dengan estimasi waktu dalam Jawa sekitar 1-3 hari kerja dan daerah luar Jawa sekitar 2-6 hari kerja.

Sistem praktis ini memudahkan banyak pengguna online untuk mencetak kaos dengan desain kamu sendiri dengan harga yang bersaing. Untuk lebih lengkapnya silahkan mengunjungi halaman muka Porinto.

Kesimpulan

Gimana? Ada banyak hal yang membuat starup diatas sukses mulai dari permodalan yang kuat seperti Tokopedia, ide yang praktis dengan improvisasi dari Uber pada sistem Gojek, sampai dengan penawaran harga yang sangat bersaing seperti di Traveloka.

Pengertian startup seringkali banyak disalah artikan sebagai perusahaan yang baru dirintis. Padahal, tantangan inovasi produk dan kecenderungan pada teknologi menjadi bagian penting sebuah perusahaan yang berkembang dinamai sebuah bisnis startup.

Membangun startup bisnis tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Startup bahkan seringkali mengalami lebih banyak tantangan dibandingkan perusahaan kebanyakan karena adaptasi yang harus dijalankan.

Salah satu contoh utama yang sudah kita bahas sebelumnya adalah sistem FJB pada Kaskus, dimana merupakan sistem jual beli yang paling populer di Indonesia pada saat itu. Namun karena kurangnya perubahan yang dilakukan demi memudahkan pengguna apalagi dengan sistem escrow yang minim, menghasilkan banyak kasus penipuan dan waktu transaksi yang jauh lebih lama dari kompetitor baru mereka, layaknya Bukalapak ataupun Tokopedia. FJB Kaskus hari ini jauh lebih sepi dibandingkan satu dekade lampau.

Semoga ulasan diatas dapat berguna bagi kamu semua.