Aplikasi Antivirus Terbaik Untuk Laptop & PC

Antivirus merupakan program software yang biasa digunakan untuk melindungi perangkat komputer dari berbagai macam ancaman virus yang bisa merugikan. Software ini memiliki fungsi utama untuk mendeteksi, mencegah hingga menghapus sebuah program yang terindikasi sebagi virus atau malware yang bisa saja membahayakan perangkat komputer.

Agar perangkat komputer tetap aman dari serangan virus berbahaya yang bisa menciptakan kerusakan, maka antivirus sangat diperlukan untuk meningkatkan kemanan jaringan perangkat komputer.

Meski demikian tak ada satu pun Antivirus yang cukup sempurna, tapi melalui software ini setidaknya mampu menawarkan solusi untuk mengatasi berbagai macam masalah serangan virus hingga malware. Berikut rekomendasi aplikasi antivirus terbaik yang layak dijadikan pelindung untuk mengamankan perangkat komputer dari serangan virus berbahaya.

Aplikasi Antivirus Gratis Terbaik

Ada banyak aplikasi antivirus yang banyak tersedia di internet yang bisa digunakan secara gratis untuk melindungi perangkat komputer Anda. Meskipun gratis, tapi jangan remehkan kekuatannya dalam menghalau virus berbahaya yang bisa menginfeksi perangkat komputer. Berikut rekomendasi pilihan antivirus terbaik yang bisa digunakan secara gratis.

  1. AVG AntiVirus Free

avg-antivirus

Dilengkapi dengan fungsi sebagai antivirus sekaligus antispyware, AVG AntiVirus Free sangat layak disandingkan dalam deretan antivirus terbaik. Antivirus dengan kinerja ringan ini juga dapat digunakan untuk scanner email, tautan, penjadwalan, pilihan pemindaian, update otomatis, serta masih banyak lagi fitur keamanan yang lainnya. Bahkan Antivirus yang satu ini juga bisa digunakan untuk berbagai perangkat seperti Windows XP-SP3, Windows Vista, Windows 7, Windows  8, dan juga windows 10.

  1. Panda Free

panda-antivirus

Selanjutnya ada Panda Free, aplikasi antivirus terbaik yang memberikan perlindungan menyeluruh untuk windows serta proteksi pada USB Flashdisk. Versi gratis dari Panda Antivirus ini merupakan evolusi dari aplikasi antivirus cloud yang pertama, seperti yang dimuat dalam Collective Intelligence.

Antivirus yang satu ini bahkan memiliki sebuah sistem yang cukup unik dan mampu mendeteksi sekaligus membasmi virus maupun ancaman lain yang berasal dari katalog yang di kirimkan bersama jutaan pengguna internet secara real time.

  1. Avira

avira-antivirus

Antivirus ringan dan punya proteksi terbaik selanjutnya adalah Avira. Software antivirus terbaik yang satu ini bahkan mampu melindungi perangkat komputer maupun laptop dari serangan virus berbahaya, seperti trojan, spyware, worm, adware serta berbagai macam malware berbahaya lainnya.

Sebagai salah satu software antivirus terbaik, Avira juga mendukung operasi Windows 7, Windows 8, serta Windows 10. Tak hanya itu saja, Avira bahkan juga bisa digunakan untuk Mac serta Linux. Semua proteksi ini bisa digunakan secara gratis.

  1. Avast

avast-antivirus

Selanjutnya, ada Avast,  aplikasi antivirus yang satu ini punya performa terbaik untuk melindungi perangkat dari serangan virus berbahaya. Dilengkapi dengan fungsi perlindungan yang mumpuni soal antispyware, aplikasi ini mampu melindungi perangkat komputer dari serangan virus yang dapat menginfeksi perangkat komputer.

Ditambah lagi dengan adanya engine heuristik, Avast bahkan mampu mendeteksi adanya virus serta malware yang sangat sulit dideteksi sebelumnya. Mendukung sistem Windows XP-SP3, windows Vista-SP2, Windows 7, Windows 8, hingga Windows 10, Avast punya kinerja yang begitu ringan dan tidak membebani perangkat komputer.

  1. Bitdefender

bitdefender-antivirus

Bitdefender merupakan sebuah software yang kemampuannya setara dengan sebuah program antivirus terbaik dengan kinerja yang sangat ringan. Lebih dulu populer sebagai aplikasi antivirus terbaik, Bitdefender dilengkapi  dengan setup serta konfigurasi yang sangat mudah untuk disesuaikan dengan perangkat.

Selain itu, antivirus ini bahkan tak banyak menggunakan system resources, sehingga tak akan membuat konerja perangkat  komputer ataupun laptop jadi lambat. Antivirus yang satu ini juga tersedia untuk edisi berbayar, namun edisi gratisnya pun tak kalah mengesankan untuk melindungi perangkat komputer.

Bahkan di edisi gratisannya ini juga sepenuhnya mendukung sistem operasi Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, hingga Windows 10.

  1. 360 Total Security Essential

360-total-security-antivirus

Aplikasi antivirus terbaik yang bisa memberikan perlindungan menyeluruh di perangkat komputer Anda selanjutnya adalah 360 Total Security Essential. Tak heran jika antivirus yang satu ini bahkan telah dipilih jutaan orang lebih untuk melindungi perangkat komputer yang digunakan.

Hanya dengan satu klik saja, Anda sudah bisa mendapatkan ruang yang lebih lega, kecepatan sekaligus keamanan pada sistem perangkat Anda.

Software antivirus yang satu ini bahkan telah memanfaatkan sejumlah teknologi cloud sekaligus juga gabungan dari antivirus engine agar memaksimalkan seluruh proses jadi semakin efektif. Mendukung sistem operasi pada Windows 7, Windows 8, dan juga Windows 10, 360 Total Security Essential memiliki kinerja yang begitu ringan.

  1. ZoneAlarm Free Antivirus + Firewall

zonealarm-antivirus

ZoneAlarm bahkan jadi satu-satunya aplikasi antivirus gratis yang dilengkapi dengan fitur Firewall. Sebuah sistem perlindungan sebagai solusi untuk keamanan internet yang dapat digunakan secara gratis. Tak heran jika banyak yang mempercayakan keamanan perangkatnya pada aplikasi antivirus terbaik yang satu ini.

ZoneAlarm menawarkan fitur all-in-one antivirus yang berguna untuk mengamankan sistem perangkat  dengan mengintegrasikan antivirus serta firewall sekaligus untuk melindungi dan memaksimalkan kinerja perangkat. Tak hanya  itu, antivirus gratis ini juga mampu mendeteksi serta memblokir virus, spyware, worm, trojan, bot, serta rootkit.

  1. Adaware

adaware-antivirus

Aplikasi antivirus gratis dengan kinerja ringan yang cukup mengesankan ini juga mendukung scanning serta kostumisasi terperinci. AdAware juga mendukung sistem operasi Windows 7, Windows 8, dan juga Windows 10.

AdAware juga menyediakan on-access secara gratis, yang maknanya aplikas terbaik ini akan selalu bekerja di latar belakang windows agar bisa melakukan monitoring file. Namun sayangnya versi gratis dari antivirus yang satu ini cukup terbatas dalam hal akses.

  1. Comodo

comodo-antivirus

Aplikasi anivirus buatan Comodo Security Solutions ini, menjadi salah satu program antivirus terbaik yang  mampu melindungi perangkat komputer dari berbagai macam sumber ancaman virus berbahaya.

Aplikasi ini memanfaatkan sejumlah teknologi terkini untuk menciptakan proses keamanan perangkat secara menyeluruh yang  hingga saat ini masih cukup efektif.  Selain itu Comodo juga efektif  bekerja pada sistem operasi Windows 7, Windows 8, serta Windows 10 untuk memberikan perlindungan secara menyeluruh.

Aplikasi Antivirus Premium Terbaik

Setelah mengetahui aplikasi antivirus gratis terbaik dengan segudang fitur perlindungannya untuk perangkat komputer yang cukup menarik. Kini giliran Anda juga harus tahu apa saja aplikasi antivirus premium terbaik yang akan memberikan perlindungan jauh lebih sempurna untuk pernagkat komputer Anda.

Sebetulnya, secara mendasar tak ada perbedaan yang berarti antara fitur di aplikasi antivirus gratis dengan yang premium. Namun perlindungan yang diberikan oleh aplikasi antivirus premium jauh lebih dalam. Berikut rekomendasi pilihan aplikasi antivirus terbaik dengan fitur premium.

  1. Malwarebytes Anti Malware

malwarebytes-antivirus

Aplikasi antivirus terbaik yang satu ini terbilang sangat mumpuni untuk menghalau virus terlebih malware. Namun tak hanya itu saja, Malwarebytes AV juga sangat handal dalam menangani trojan, spyware, adware, hingga rookit. Agar bisa menjaga system perangkat tetap aman terkendali, maka tentu harus memberikan  pengaman yang mumpuni dan tangguh, salah satunya dengan aplikasi terbaik yang satu ini.

Aplikasi ini tersedia dalam dua versi yakni premium dan gratis. Untuk versi premium Anda akan mendapatkan beberapa fitur-fitur advanced yang lebih sempurna.  Seperti pemindaian yang lebih stabil dan cepat. Mampu melakukan scan secara penuh ke seluruh drive, rutin update database. Ditambah lagi dengan tampilan user interface yang gampang digunakan serta proteksi real time.

  1. Bitdefender Antivirus Plus

bitdefender-antivirus-plus

Selanjutnya ada Bitdefender yang menyuguhkan keamanan premium untuk perangkat komputer yang Anda gunakan. Aplikasi yang dikembangkan dengan sangat apik oleh perusahaan yang berasal dari Romania ini ternyata punya beragam fitur yang mumpuni untuk membuat perangkat komputer maupun laptop terlindungi dari berbagai serangan virus dan malware berbahaya.

Sama halnya dengan versi gratisnya, aplikasi antivirus terbaik yang satu ini juga punya beragam fitur handal, seperti On-demand Virus Scanning yang berfungsi untuk memusnahkan beragam jenis virus. Kemudian fitur Anti Phishing yang sangat baik untuk membuat akun terlindungi, Behavorial Detection yang mampu memonitor aplikasi, serta masih ada banyak lagi.

Satu hal yang tak kalah penting adalah, Bitdefender juga dilengkapi dengan  fitur Anti-fraud yang memiliki fungsi untuk mengawasi beragam situs yang Anda jelajahi. Namun untuk versi premium, Anda bisa mendapatkan semua fitur tersebut dengan kekuatan perlindungan yang jauh lebih mumpuni ketimbang versi gratisnya.

  1. Avira Antivirus Pro

avira-antivirus-pro

Sebagai satu dari sekian antivirus terbaik, Avira memang populer dengan performanya yang solid dan dipadu dengan user interface yang sangat bagus. Tak heran jika antivirus ringan yang satu ini jadi antivirus yang sukup banyak digunakan oleh para pengguna laptop maupun PC.

Antivirus permium dari Avira ini punya beragam fitur mumpuni seperti Protection Cloud yang mampu menganalisis file, kemudian Browser Tracking Blocker yang digunakan untuk mengawasi setiap aktivitas browsing. Hingga fitur PUA Shield yang memiliki fungsi untuk penangkal adanya serangan aplikasi berbahaya yang rawan virus. Untuk versi premium, Anda akan lebih nyaman menggunakannya tanpa ada gangguan dari pop up iklan yang tiba-tiba muncul dan mengganggu.

  1. Avast Premium Security

avast-premium-security

Selanjutnya, aplikasi antivirus terbaik yang menawarkan proteksi premium adalah Aavast. Aplikasi ini jadi salah satu aplikasi antivirus yang cukup populer sebab terbukti mampu “menyehatkan” PC dari bermacam malware, virus hingga gangguan para hacker yang nakal.

Ada sejumlah fitur mumpuni yang ditawarkan dalam versi premium dari antivirus terbaik yang satu ini, misalnya saja seperti CyberCapture yang mampu membersihkan beragam ancaman virus berbahaya dan WiFi Inspector yang mampu melindungi perangkat saat menggunakan jaringan WiFi di tempat umum.

Lalu juga ada fitur Smart Scan, yang memiliki fungsi untuk mendeteksi adanya ancaman keamanan, kemudian ada Game Mode yang mampu mengatur beragam notifikasi, serta Behaviour Shield yang berguna menjadi pengawas aplikasi. Semua fitur tersbut akan bisa dinikmati dengan lebih maksimal saat Anda menggunakan versi premium.

Demikian tadi beberapa aplikasi antivirus terbaik yang bisa digunakan untuk membuat perangkat komputer Anda jadi lebih aman dari serangan virus yang berbahaya. Menggunakan aplikasi antivirus gratis atau berbayar, semuanya jadi pilihan Anda. Namun jangan lupa untuk memperhatikan kebutuhan perangkat soal keamanan terhadap serangan virus, pilih yang benar-benar sesuai dengan perangkat Anda.