Daftar Alat Sablon Kaos Sendiri

79
Alat Sablon Kaos

Alat sablon kaos adalah berbagai hal yang dibutuhkan untuk dapat melakukan proses pencetakan gambar ke permukaan kaos. Pencetakan gambar ke kaos dikenal dengan istilah sablon dan walau memang istilahnya sudah dikenal, kebanyakan orang tidak mengetahui sebenarnya bagaimana proses sablon ini dilakukan. Proses mensablon kaos dikenal memiliki beberapa tahapan dengan alat kerja pada perusahaan konveksi kaos yang berbeda untuk digunakan. Itulah mengapa selain kamu perlu mengetahui apa saja langkah-langkah menyablon, kamu pun juga perlu mengetahui apa saja alat-alat yang harus digunakan dalam menyablon. Agar lebih mudah dipahami tentunya alat sablon yang diperlukan ini dapat sekaligus dijelaskan pada langkah apa digunakan dan fungsinya untuk apa. Jadi terus simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui apa saja alat sablon untuk kaos beserta fungsi dan kegunaannya.

Kamu yang baru mau mencoba menyablon sendiri kaos, penting untuk memahami dengan jelas langkah-langkahnya dan bagaimana alat-alat sablon dapat kamu gunakan. Tanpa pengetahuan akan hal ini, tentunya sablon kaos menjadi sulit untuk kamu lakukan sendiri, Jadi pastikan kamu menyimak penjelasan di bawah ini yang akan memaparkan apa saja alat sablon kaos yang harus kamu gunakan dalam masing-masing langkah mulai dari awal pembuatan sablon hingga proses finishing dilakukan.

Daftar Alat Sablon Kaos dalam Dasar Pembuatan Sablon Sendiri

Seseorang yang baru saja mencoba melakukan sablon sendiri, penting untuk mengetahui apa saja yang perlu dipahaminya. Tidak cukup kamu mengetahui langkahnya, seperti dijelaskan juga kamu harus menguasai penggunaan masing-masing alatnya. Berbagai alat untuk dapat menyablon kaos dapat kamu ketahui melalui daftar berikut ini serta informasi mengenai kapan alat tersebut harus digunakan. Jadi pelajari seluruh alat tersebut dan segera gunakan untuk mencoba sablon kaos sendiri.

1. Alat Screen Sablon

Alat yang pertama yang perlu kamu siapkan adalah screen sablon. Pasti semua jenis sablon manual yang akan kamu lakukan membutuhkan alat yang satu ini. Ada beberapa orang yang membuat sendiri screen dengan bahan-bahan yang dimilikinya. Namun, sekarang kamu sudah bisa membeli screen sablon ini secara langsung. Kamu penting untuk memilih film yang terbaik untuk menjadi screen sablon dan akhirnya hasil gambarnya pun tidak akan mengecewakan.

2. Alat Afdruk Screen

Setelah kamu memiliki screen sablon yang sudah disebutkan sebelumnya, maka kamu harus melakukan proses afdruk agar menghasilkan screen yang terafdruk untuk digunakan. Apa sebenenarnya afdruk screen ini? Afdruk screen adalah hasil cetak master yang akan menjadi miliki kamu untuk menjadi contoh. Screen yang sudah afdruk ini tidak bisa dibeli langsung jadi, kebanyakan semua yang ingin menyablon harusĀ  membuat afdruk screen sendiri sebagai master cetakan sablon kamu.

3. Berbagai Macam Tinta Sablon

Pastinya alat sablon kaos yang juga tidak mungkin ketinggalan adalah berbagai macam tinta salon. Tinta sablon ini yang akan kamu gunakan untuk menghasilkan cetakan. Tanpa adanya pilihan tinta sablon yang lengkap, maka hasil cetakan sablon akan terbatas pilihan warnany dan hasilnya tidak akan memuaskan. Kamu juga harus memilih tinta sablon mana yang terbaik untuk digunakan. Biasanya tinta sablon memiliki banyak jenis dan harus kamu pilih menyesuaikan dengan apa bahan kaos yang kamu gunakan dan warna apa yang digunakan pada cetakan gambar kamu.

4. Penggunaan Meja Sablon

Sablon harus dilakukan pada permukaan yang rata dan sambil berdiri. Tidak mungkin kamu melakukan sablon dalam posisi duduk, dan tidak mungkin juga jika kamu menggunakan permukaan yang tidak rata saat menyablon. Hal ini akan membuat hasil sablon tidak bagus dan berantakan, selain itu juga sulit kering. Jadi pastikan untuk menyiapkan meja sablon sebagai alat yang harus anda saat kamu sedang menyablon. Terutama jika kamu adalah seorang pemula dalam hal menyablon.

5. Alat Rakel Sablon

Saat menyablon kaos kamu pun membutuhkan alat untuk dapat meratakan tinta sablon dengan baik. Tidak bisa kamu menggunakan tangan untuk meratakan tinta pada desain gambar sablon tadi. Kamu harus menggunakan alat bernama rakel sablon. Alat ini secara maksimal akan membantu kamu untuk meratakan tinta sablon ke seluruh bagian screen secara merata. Alat rakel ini pun sekarang tidak perlu lagi kamu buat sendiri. Kamu bisa membelinya dan langsung menggunakannya.

6. Alat Lem Meja

Tidak lupa kamu juga harus memiliki alat bernama lem meja ini. Lem seperti diketahui berfungsi untuk menempelkan dua benda. Lem meja ini sesuai namanya digunakan untuk menempel alat lain di meja. Alat tersebut adalah triplek-triplek yang digunakan saat menyablon. Triplek ini harus dipotong sesuai ukuran kaos, karena memang akan ditempel di sisi-sisi kaos untuk mencegah kaos bergerak saat sedang disablon dan membuat hasil sablon berantakan.

7. Alat Mesin Pemanas

Alat sablon kaos yang terakhir untuk kamu siapkan adalah mesin pemanas. Mesin ini dikenal juga sebagai mesin pres yang digunakan untuk memastikan tinta sablon pada kaos benar-benar telah mengering. Sebenarnya mengeringkan tinta sablon ini dapat dilakukan dengan menjemur atau memberikan kipas. Namun agar lebih cepat karena bisa saja kamu ingin menyablon banyak, maka akan lebih efektif jika menggunakan mesin pemanas ini.

Demikianlah penjelasan mengenai apa saja alat sablon kaos yang harus kamu gunakan untuk menyablon kaos sendiri. Cukup banyak dan bervariasi memang, namun alat-alat tersebut mudah untuk kamu dapatkan dan beli. Jika semua alat sudah kamu miliki, kamu pun sudah dapat mengikuti sesuai instruksi di atas bagaimana alat-alat tersebut digunakan. Walaupun kamu baru mencoba menyablon sendiri, kemungkinan kamu tidak akan menghadapi banyak kesulitan dalam melakukannya. Jadi cobalah gunakan alat-alat sablon di atas dan hasilkan kaos sablon kamu sendiri!