Berbagai Macam Alat Kerja pada Perusahaan Konveksi Kaos

24
Alat Kerja pada Perusahaan Konveksi Kaos

Alat kerja pada perusahaan konveksi kaos ada sangat banyak jenisnya dan memiliki fungsinya masing-masing, itulah yang menjadi informasi menarik pada kesempatan kali ini. Perusahaan konveksi kaos adalah perusahaan yang bergerak pada bidang industri pakaian untuk menghasilkan kaos yang diperjualbelikan.

Tentunya dengan meningkatnya permintaan akan kaos di masyarakat, perusahaan konveksi ini pun jumlahnya semakin meningkat. Tidak hanya ditemukan di kota besar, saat ini konveksi kaos pun ditemukan pada kota kecil. Itulah mengapa peluang bisnis konveksi kaos masih cukup populer dan membuat semakin banyak orang yang ingin mencoba juga.

Jika kamu ingin memiliki perusahaan konveksi kaos ini sendiri, kamu ternyata perlu menyiapkan banyak alat kerja. Alat kerja pada perusahaan konveksi kaos ini sifatnya wajib untuk dimiliki dan membuat industri perusahaan konveksi kaos ini dapat lebih meningkat. Jadi apa saja jenis alat kerja pada perusahaan konveksi kaos yang perlu disiapkan?

7 Macam Alat Kerja pada Perusahaan Konveksi Kaos

Bagian sebelumnya sudah menjelaskan bahwa suatu perusahaan konveksi kaos harus memiliki cukup banyak jenis alat kerja. Hal tersebut yang akan coba dijelaskan pada bagian berikut ini. Ada setidaknya 7 macam alat kerja pada perusahaan konveksi yang sebaiknya kamu punya untuk mendukung kerja konveksi.

1. Mesin Pemotong Listrik

Tahapan pertama dalam industri konveksi tentunya adalah memotong bahan. Itulah mengapa penting untuk memiliki mesin pemotong listrik. Mesin ini akan bertugas memotong sejumlah kain menjadi sejumlah banyak bahan kaos yang dibutuhkan. Terdapat pisau pada mesing pemotong listrik yang dapat juga memotong secara melingkar.

2. Mesin Penjahit Obras

Mesin selanjutnya yang menjadi alat yang penting dimiliki oleh suatu perusahaan konveksi kaos adalah mesin penjahit obras. Tugas dari mesin ini adalah mengunci semua lipatan kaos yang melalui proses pemotongan dengan dijahit obras. Hasilnya tidak ada sisa potongan yang tidak rapi.

3. Setrika Penguap Listrik

Suatu perusahaan konveksi biasanya juga menggunakan setrika untuk menghaluskan bahan kaus oblong atau kaus lain yang telah dibuat. Hal ini bertujuan agar pakaian yang dihasilkan dapat didistribusikan dalam kondisi rapi. Biasanya setrika yang digunakan adalah setrika uap dengan tenaga listrik.

4. Mesin Penjahit Lubang Kancing

Terkadang kaos pun ada yang membutuhkan kancing, misalnya seperti kaos berbentuk polo. Jenis kaos bermodel seperti ini tentu membutuhkan alat mesin penjahit lubang kancing pada perusahaan konveksi kaos. Namun mesin ini cukup mahal harganya karena fungsinya sangat spesifik untuk membuat lubang kancing dan memotong benang yang tersisa secara otomatis.

5. Mesin Pemasang Kancing

Jika sudah dapat melubangi kancing, maka kancing pun selanjutnya perlu dipasangkan pada kaos. Itulah mengapa dibutuhkan juga mesin pemasang kancing ini. Sama seperti mesin pelubang kancing, mesin yang satu ini pun tergolong jarang dipakai. Namun jika memilikinya, pekerjaan membuat kaos dapat lebih cepat untuk dilakukan.

6. Mesin Penjahit High Speed

Tentunya pada perusahaan konveksi kaos tidak seperti perusahaan rumahan memerlukan mesin jahit yang dapat digunakan pada kecepatan tinggi. Gunakan mesin ini yang memiliki kemampuan untuk melakukan hingga 5000 jahitan hanya dalam waktu 10 menit. Tentunya akan membuat proses produksi kaos lebih cepat dilakukan.

7. Mesin Press Kancing

Terakhir, kamu juga perlu menggunakan kegunaan dari mesin press kancing. Jenis mesin ini diketahui bertugas untuk melakukan press kancing pada bahan pakaian agar terpasang dengan benar-benar kuat. Biasanya mesin ini digunakan pada jenis kancing yang bermodel jepret atau bungkus.

Berikut tadi setidaknya ada 7 macam alat kerja pada perusahaan konveksi kaos yang harus kamu punya. Sebenarnya masih ada jenis alat lain yang dibutuhkan seperti untuk sablon, karena ada mesin yang berbeda akibatĀ perbedaan sablon manual dan sablon digital. Jika kamu memiliki berbagai macam alat tersebut, tentunya pekerjaan konveksi kaos di perusahaan yang kamu miliki dapat berjalan dengan lebih cepat dan lancar. Kamu pun dapat menerima order dalam jumlah besar dan semakin memperbesar perusahaan kamu.