8 Cara Mencari Supplier Baju Sesuai Kebutuhan Bisnis

Cara Mencari Supplier Baju

Dunia fashion saat ini menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan untuk anda coba dan sukseskan. Namun memang jika ingin berbisnis dalam bidang fashion keberadaan supplier sangatlah penting. Cara mencari supplier baju dan fashion item lainnya pun menjadi penting untuk kamu ketahui, jika memang memiliki minat dalam bisnis fashion ini. Seperti diketahui, karena peluang bisnisnya yang cukup menjanjikan, persaingan dalam bisnis baju dan pakaian lainnya ini tidak main-main. Ada sangat banyak toko baju yang menjual produk sejenis dan sama-sama mengincar target konsumen tertentu.

Jika tidak ingin gagal dalam mengembangkan bisnis ini, maka kamu tidak bisa melakukannya dengan setengah hati. Pastikan bahwa baju yang kamu jual adalah yang terbaik dengan hanya menjual produk dari supplier yang terpercaya saja. Selain penting untuk memastikan kualitas baju yang dijual, supplier yang bagus adalah yang memiliki sistem pengiriman, pembayaran, hingga harga yang bersaing. Artinya, ada banyak aspek pada supplier baju yang harus kamu pahami sebelum memilihnya.

Tahukah kamu apa saja cara mencari supplier baju dengan tepat ini?

8 Cara Mencari Supplier Baju Sesuai Kebutuhan Bisnis

Walau bisnis baju memang sangat menjanjika, ternyata jenis bisnis ini pun menjadi salah satu bisnis yang susah untuk dikembangkan. Seperti misalnya pada cara memulai bisnis kaos online yang sangat banyak pesaingnya dan hanya dapat mengunggulkan kualitas untuk membedakan dari penjual lainnya. Oleh sebab itulah, kamu perlu mengetahui bagaimana caranya bisa menjual baju yang berkualitas unggul walau menggunakan supplier sekalipun. Jadi cobalah simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui berbagai macam cara tersebut.

1. Tentukan Penting Tidaknya Supplier

Sebelum mencari supplier ada satu hal pening yang perlu kamu tentukan, yaitu apakah keberadaan supplier baju memang diperlukan dan penting dalam bisnis kamu. Misalkan kamu bisa membuat sendiri baju yang akan dijual, maka tidak diperlukan keberadaan supplier ini. Apalagi jika kamu masih baru memulai bisnis, supplier biasanya memiliki persyaratan minimal pesanan yang merugikan dan membebani untuk kamu.

2. Gunakan Rekomendasi dari Relasi

Namun jika memang kamu membutuhkan supllier karena tidak bisa produksi baju sendiri, pastikan hanya memilih menggunakan supplier yang sudah kamu atau relasi kamu ketahui kinerjanya. Khususnya carilah relasi dari beberapa rekanan kamu mengenai supplier baju tersebut. Rekanan tersebut yang pernah bekerja sama atau juga pernah menggunakan produk dari supplier akan sangat membantu menentukan bagaimana kelayakannya untuk dipilih sebagai supplier.

3. Lakukan Pertemuan Langsung

Salah satu cara mencari supplier baju terbaik untuk bisnis kamu juga dapat dilakukan dengan menemui supplier secara langsung. Misalnya kamu dapat melakukannya dengan mendatangi supplier dan tempat produksi pakaiannya. Kamu dapat melihat secara langsung bagaimana baju diproduksi dan apakah supplier memiliki kualitas dan kepercayaan seperti yang kamu harapkan. Pertemuan langsung juga bisa dilakukan di luar dengan membuat janji terlebih dahulu tentunya.

4. Manfaatkan Mesin Pencari Online

Saat ini hampir semua hal dapat kamu temukan secara online. Kamu hanya perlu memasukkan kata kunci dan yang kamu cari dapat dimunculkan secara lengkap informasinya. Begitu juga untuk kamu yang sedang mencari supplier baju untuk bisnis kamu. Cobalah manfaatkan mesin pencari online dan lihat riwayat supplier tersebut. Ketahui bagaimana tanggapan para pengguna layanannya mulai dari kualitas baju, kecepatan pengiriman, hingga perbandingan harga dari beberapa supplier lainnya.

5. Pastikan Kualitas Baju yang Dipasok

Salah satu hal yang penting namun mungkin sering terlupakan adalah memastikan sendiri kualitas baju yang dipasok sebelum bekerja sama. Karena tergiur dengan penawaran harga yang miring, kecepatan pengiriman, kamu bisa jadi lupa bahwa kualitas baju yang paling utama menarik pelanggan. Kamu harus memastikan langsung sebelumnya dengan cara membeli dahulu produk yang dijual oleh supplier. Nilai produk tersebut seobjektif mungkin hingga akhirnya kamu bisa menentukan apakah dapat kamu jual kembali atau tidak.

6. Pertimbangkan Harga, Waktu Pengiriman, dan Pengalaman

Sebuah supplier yang layak dipilih adalah supplier dengan harga jual miring, waktu pengiriman cepat, dan pastinya memiliki pengalaman yang cukup lama dalam bidangnya. Kamu dapat mempelajari 3 hal tersebut dari calon supplier yang saat ini sudah kamu miliki. Setelah menemukan fakta-fakta terkaitnya, maka tentukanlah mana supplier yang memberikan pelayanan terbaik dari 3 hal di atas tadi.

7. Pilih Lokasi Supplier Berada

Kamu juga dapat mempertimbangkan cara mencari supplier baju yang tepat dari lokasinya berada. Ada supplier yang sangat baik namun lokasinya adalah di luarr negeri, maka perhitungkan berapa lama waktu pengiriman yang dibutuhkan. Begitu juga jika jaraknya dekat dengan anda, apakah kualitas produknya sudah cukup unggul untuk bersaing dengan penjual baju sejenis lainnya yang sudah lebih dahulu terjun ke bisnis baju ini.

8. Pilih Supplier yang Melayani Pembelian Ecer dan Grosir

Cara yang terakhir, sebaiknya kamu memilih supplier yang tidak hanya melayani pembelian grosir tetapi juga eceran. Jenis supplier yang seperti ini yang sangat dibutuhkan oleh kamu yang baru memulai bisnis. Pasalnya kamu pasti tidak bisa menghabiskan banyak modal untuk stok baju, jadi kamu harus memilih supplier yang melayani pembelian eceran tetapi dengan selisih harga yang tetap menguntungkan.

Demikian tadi penjelasan mengenai apa saja cara mencari supplier baju untuk kebutuhan bisnis yang kamu miliki. Tentunya kamu pun ingin mencari supplier yang paling tepat bukan untuk menyukseskan bisnis pakaian yang kamu miliki? Maka cobalah gunakan beberapa cara yang disebutkan di atas. Diharapkan dengan melakukan beberapa cara di atas, kamu dapat menemukan supplier baju yang paling cocok, bagus, dan juga berkualitas. Jadi jangan tunggu lama lagi dan temukanlah supplier terbaik untuk bisnis pakaian yang kamu miliki.