7 Tips Sukses di Instagram Melalui Bisnis Online

Tips Sukses di Instagram

Instagram adalah salah satu media sosial yang paling banyak digunakan untuk pemasaran bisnis online. Tentunya kesukses berjualan online di instagram ini tidak terlepas dari berbagai tips sukses di instagram yang banyak dibagikan oleh para pebisnis tersebut. Walau kesuksesan bisnis di instagram sudah tidak diragukan lagi, ternyata informasi bagaimana supaya dapat memanfaatkannya dengan tepat dan menghasilkan keuntungan masih belum diketahui oleh banyak orang. Tidak aneh rasanya menemukan banyak pebisnis online pun belum memiliki akun instagram dan hanya meemanfaatkan marketplace atau website saja.

Sebenarnya tidak ada salahnya berjualan di marketplace atau website saja. Namun peluang untuk promosi dapat menjangkau pasar yang lebih luas dapat kamu miliki dengan memanfaatkan instagram ini. Masyarakat Indonesia sendiri diketahui sebagian besarnya memiliki akun instagram dan menggunakannya dengan rutin. Bahkan lama waktu penggunaan instagram setiap hari untuk setiap orang dapat mencapai hingga lebih dari 5 jam. Hal ini tentu menjadi peluang iklan yang sangat menjanjikan, mengingat produk bisnis yang kamu jual dapat menjangkau target yang rata-rata adalah pengguna instagram. Namun bagaimana kamu dapat memastikan bahwa penjualan kamu di instagram benar-benar menjangkau target konsumen tadi? Itulah mengapa kamu memerlukan tips sukses di instagram berikut ini.

7 Tips Sukses di Instagram Melalui Bisnis Online

Berjualan online atau bisnis online menggunakan instagram sebenarnya berkaitan erat dengan banyaknya pengikut dan reaksi pengikut pada unggahan yang kamu lakukan. Oleh sebab itu, berbagai tips untuk dapat sukses berbisnis di instagram ini akan berkaitan dengan hal-hal tersebut juga. Jadi pastikan untuk memahami setiap tipsnya dan segera lakukan pemasaran dengan tepat di akun instagram bisnis kamu. Selamat mencoba!

1. Fokus pada Konten Unggahan

Tips yang pertama agar kamu dapat melakukan pemasaran dengan tepat di instagram adalah dengan membuat konten unggahan yang menarik. Jika menggunakan instagram, tentu konten unggahan yang utama adalah foto. Namun tidak cukup hanya foto saja, kamu pun harus melengkapinya dengan caption yang informatif. Jika foto produk kurang menarik, tentu sudah mengurangi minat target konsumen untuk mengetahui lebih jauh. Apalagi jika ditambah dengan informasi produk dalam captionyang tidak lengkap.

2. Gunakan Bantuan Ambassador

Tahukah kamu apa itu ambassador? Ambassador adalah duta atau perwakilan yang mencirikan produk kamu dan dapat kamu unggah fotonya di akun instagram bisnis kamu. Tentunya ambassador ini sama saja seperti kamu mempekerjakan model untuk memasarkan produk. Namun memilih ambassador yang tepat tidak selalu harus yang terkenal. Pilihlah yang paling sesuai image antara ambassador dengan produk kamu. Misalkan untuk memasarkan bisnis online kaos yang kamu miliki, maka gunakanlah brand ambassador yang masih muda, menarik, dan fit dengan kaos yang kamu pasarkan.

3. Hanya Unggah Foto Otentik dan Asli

Masalah yang sering membuat seorang pebisnis online gagal mendapatkan pembeli melalui pemasaran di instagram adalah karena kualitas fotonya. Foto yang sebaiknya diunggah adalah  foto asli yang kamu miliki sendiri. Jangan pernah menggunakan foto dari toko lain, karena kamu sama saja telah melakukan pelanggaran hak cipta jika menggunakannya tanpa izin. Selain itu, foto yang kamu ambil sendiri pun sebaiknya asli tanpa hasil editan. Sehingga konsumen dapat benar-benar menilai produk yang kamu jual.

4. Manfaatkan Berbagai Fitur Iklan

Akun instagram yang sudah diupgrade menjadi akun instagram untuk bisnis menawarkan banyak fitur iklan. Cobalah kamu mengeluarkan sedikit modal untuk melakukan upgrade ini dan menggunakan sendiri fitur iklan tadi. Hasilnya akun instagram kamu tidak akan lagi repot jika ingin memasarkan produk dengan harganya sekaligus. Bahkan kamu juga dapat memilih mana unggahan yang ingin kamu promosikan dengan luas dan pada karakteristik konsumen yang seperti apa. Tidak tanggung-tanggung, instagram akan mempromosikan unggahan kamu langsung ke timeline target konsumen kamu. Inilah yang menjadi salah satu cara sukses jualan di instagram yang wajib dicoba.

5. Tambahkan Nilai-nilai Sosial

Kamu juga dapat menambahkan nilai-nilai sosial dalam unggahan yang kamu buat. Berbagai nilai sosial menjadi salah satu hal yang menarik untuk para pengguna instagram memeriksa produk bisnis yang kamu pasarkan. Misalnya lakukan event, setiap penjualan hingga batas jumlah tertentu akan didonasikan untuk yang membutuhkan sebanyak berapa persen. Tips sukses di instagram seperti ini sangat banyak yang enggan melakukan, tetapi pada faktanya memiliki hasil yang tidak perlu diragukan.

6. Tunjukkan Kelebihan Bisnis Kamu

Setiap unggahan yang kamu lakukan sebaiknya berfokus pada apa yang menjadi kelebihan dari produk bisnis kamu dibandingkan produk bisnis lainnya. Kamu dapat melakukannya dengan memanfaatkan caption salah satunya. Berikan informasi lengkap mengenai keunggulan dan kelebihan produk yang akan membuat target konsumen tertarik untuk membelinya. Pastinya cara ini pun membutuhkan kemampuan menyiapkan konten yang baik. Jadi tidak ada salahnya juga jika kamu mempekerjakan penulis konten yang berpengalaman.

7. Variasikan Jenis Unggahan

Terakhir, jenis unggahan yang sebaiknya kamu buat harusnya bervariasi. Jika kamu menjual kaos sebagai bisnis online, maka sebaiknya unggahan produk kaos harus divariasikan tidak hanya dalam bentuk kaos langsung. Bisa juga kamu mengunggah produk kaos kamu yang dikenakan oleh model, atau bahkan yang dikenakan oleh pembeli. Jadi pastikan untuk selalu berinteraksi dengan pembeli dan mintalah mereka mengirimkan foto menggunakan produk kamu untuk diunggah di akun bisnis yang kamu miliki.

Akhirnya, kini kamu sudah mengetahui bukan apa saja tips sukses di instagram melalui bisnis online yang kamu miliki? Ternyata sangat banyak cara yang dapat dilakukan dan tidak sulit untuk dipelajari bukan? Jadi jangan ragu untuk mencoba berbisnis online dan pastikan untuk menggunakan manfaat dari instagram untuk mengembangkan dan meningkatkan jumlah penjualannya dengan tepat. Semoga bisnis kamu pun dapat sukses dengan ketekunan kamu dalam memasarkannya!