7 Tips Menjadi Reseller dan Trik Pemasarannya

Tips Menjadi Reseller

Reseller adalah teknik berjualan barang dengan menjual kembali barang yang dimiliki oleh penyedia produk yang disebut juga sebagai supplier. Bagi kamu yang ingin menjadi reseller, maka ketahuilah bahwa tips menjadi reseller adalah informasi yang paling kamu butuhkan saat ini. Tips-tips dari para reseller yang sudah berhasil mengembangkan bisnis yang dimilikinya hingga sukses bisa menjadi panduan untuk kamu. Panduan menjadi seorang reseller akan sangat membantu kamu dalam menjalani bisnis reseller ini dengan baik dan bisa mencapai kesuksesan.

Berbicara mengenai memulai bisnis reseller, tentunya kamu harus mulai dari awal melakukan setiap tahapannya. Tahapan berbisnis reseller ini ada banyak dan agar kamu tidak kebingungan, maka sebaiknya kamu pun bisa mempelajari informasi mengenai tips-tips ini untuk membantu kamu. Jadi apa saja tips menjadi reseller yang perlu kamu ketahui? Cobalah simak penjelasannya pada bagian berikut ini.

7 Tips Menjadi Reseller dan Trik Pemasarannya

Jika kamu ingin menjadi reseller, maka kamu harus tahu bahwa bisnis reseller ini bergantung sekali pada kualitas produk yang baik hingga teknik pemasaran yang tepat. Itulah mengapa tips-tips yang akan dijelaskan pada bagian di bawah ini akan sangat berkaitan dengan pemilihan produk reseller hingga pemasaran produknya sebaik mungkin. Penasaran apa saja kira-kira tips tersebut? Silahkan kamu pelajari penjelasannya dalam 7 tips menjadi reseller di bawah ini.

1. Tentukan Produk Reseller yang Paling Tepat

Tips menjadi reseller yang pertama adalah kamu harus menentukan dahulu apa produk yang ingin kamu jual. Produk yang akan kamu jual sebagai produk reseller tidak bisa sembarangan dipilih. Sebaiknya kamu memilih produk yang memiliki supplier yang sudah berpengalaman dan dipercaya. Selain itu, produk yang dijual secara reseller sebaiknya juga adalah produk yang dibutuhkan terus menerus oleh konsumen. Hindari menjual produk yang dibutuhkan sekali waktu saja karena akan membuat penjualan produk kamu tidak rutin.

2. Pelajari Pesaing yang Menjual Produk Sejenis

Kamu juga perlu melakukan tips dalam hal memperhitungkan saingan yang akan kamu hadapi. Seperti diketahui, sebelumnya kamu sudah menentukan produk reseller yang ingin kamu pasarkan. Namun ketika kamu menjual produk tertentu penting untuk kamu memperhatikan siapa saja pesaing dari penjualan produk ini. Setelah menemukan para pesaingnya, cobalah juga untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pesaing tersebut. Dengan begitu kamu bisa melakukan penjualan lebih baik karena belajar dari kelebihan dan kekurangan pesaing kamu.

3. Lakukan Riset Kecil Menentukan Kelayakan Produk

Selanjutnya tips menjadi reseller untuk kamu adalah juga penting untuk kamu melakukan riset kecil. Riset kecil ini dapat kamu lakukan untuk mengetahui kelayakan produk tersebut dijual. Produk yang layak dijual perlu kamu lakukan riset mengenai kualitasnya, harganya, dan kebutuhannya di masyarakat. Pastikan untuk melakukan evaluasi dari hasil riset yang kamu lakukan sehingga bisa mendapatkan hasil kelayakan produk yang paling baik untuk kamu jual kembali nantinya pada usaha reseller yang didirikan.

4. Buat Website untuk Toko Online

Salah satu media jual produk reseller yang paling tepat adalah dengan membuka toko online. Toko online utama yang sebaiknya kamu miliki adalah website. Website dapat kamu atur sesuai kebutuhan penjualan kamu. Itulah mengapa kamu sangat disarankan untuk membuat toko website yang menarik, mudah diakses, dan aktif menjual produk-produk reseller yang dibutuhkan. Kamu sebaiknya tidak langsung membuat toko online di media sosial tanpa toko utama di website ini. Jadi pastikan untuk mendesain website dengan sebaik mungkin ya.

5. Buat Akun Media Sosial untuk Pemasaran

Setelah memiliki website sebagai toko utama produk reseller kamu, maka tips untuk reseller pemula yang selanjutnya harus kamu lakukan adalah melakukan pemasaran dengan baik. Pemasaran dapat kamu lakukan mulai dari membuat akun media sosial. Pemasaran menggunakan media sosial diketahui sangat baik untuk membantu kamu melakukan pemasaran tepat dan langsung ke target konsumen. Jika kamu melakukan upgrade toko, maka kamu pun bisa juga sekaligus memasarkan dengan memilih target konsumen tertentu agar produk kamu dapat dilihat oleh mereka.

6. Manfaatkan Subscribe Email untuk Memudahkan Pemasaran

Setiap pembeli produk reseller kamu sebaiknya kamu tetap jalin informasi dengan baik. Pastikan untuk selalu mengirimkan pemberitahuan mengenai produk-produk baru yang sejenis dengan produk yang menarik bagi konsumen tersebut. Kamu dapat mengirimkan pemberitahuan ini melalui email pengguna. Itulah mengapa kamu harus meminta informasi email setiap konsumen yang membeli di toko kamu. Semakin sering kamu mengirimkan pemberitahuan produk baru yang menarik untuk mereka, maka semakin tinggi juga kemungkinan kamu untuk kembali menjual produk tadi.

7. Kerjasama dengan Influencer untuk Pemasaran yang Lebih Luas

Produk reseller yang sudah kamu pilih harus kamu pasarkan dengan sebaik mungkin. Salah satu cara pemasaran yang diketahui ampuh dan menunjukkan hasil yang memuaskan adalah dengan memanfaatkan peran influencer. Para influencer diketahui memiliki pengaruh yang kuat pada calon konsumen untuk tertarik membeli produk yang kamu jual. Oleh sebab itu, pastikan untuk melakukan kerjasama dengan influencer jika kamu memiliki budget yang cukup untuk pemasaran yang lebih luas dari yang biasanya dilakukan.

Jadi itulah tadi penjelasan mengenai apa saja 7 tips menjadi reseller hingga trik pemasarannya. Jika kamu berhasil melakukan ketujuh tips dan trik di atas dengan baik, maka bisnis yang kamu miliki sangat berpeluang untuk meraih kesuksesan. Itulah mengapa kamu sebaiknya mencoba mengikuti panduan berupa tips yang dijelaskan di atas. Tips di atas telah banyak dilakukan oleh para reseller dan kamu pun pasti bisa sukses dengan tips-tips di atas. Jadi selamat mencoba dan belajar menjadi reseller ya!