7 Cara Mendapatkan Uang dari Blog

7-cara-mendapatkan-uang-dari-blog

Aktivitas menulis di blog ternyata saat ini juga merupakan salah satu pekerjaan berpenghasilan menarik. Salah satu jenis bisnis online adalah dengan cara mendapatkan uang dari blog yang kontennya menarik pembaca. Walau sudah jelas menghasilkan uang yang jumlahnya tidak sedikit, tetapi masih banyak yang belum memahami bagaimana uang bisa dihasilkan dari blog ini. Itulah mengapa walau banyak yang tertarik dengan aktivitas menulis blog, hanya sebagian kecil saja penggunanya yang bisa menggunakannya sebagai sumber pendapatan.

Sangat menarik tentunya jika semua blogger bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk mencari uang melalui blogging. Namun sayangnya informasi mengenai bagaimana cara mendapatkan uang dari blog ini tidak diketahui secara umum. Tidak banyak yang memahami bagaimana prosesnya, hingga tulisan yang dipublikasikan melalui blog itu bisa mendatangkan uang.

Sebenarnya sumber pemasukan dari blog adalah pembaca yang terus dengan rutin mengunjungi blog kamu. Jika kamu ingin mendapatkan uang, maka pastikanlah ada pembaca yang menikmati karya tulis yang kamu publikasikan melalui blog ini. Jika tidak kamu ingin mendapatkan pembaca blog yang setia, maka kamu perlu tahu mengenai cara-cara yang bisa mendapatkan uang dari blog tadi. Itulah mengapa pada pembahasan di bawah ini akan dijelaskan bagaimana kamu bisa memulai menjalankan sebuah blog dan apa yang harus kamu lakukan di blog tersebut agar bisa menghasilkan uang. Tidak sabar ingin mengetahui apa saja informasinya? Simak penjelasannya berikut ini!

5 Langkah Mengembangkan Blog untuk Mendapatkan Uang

Agar bisa mendapatkan uang dari blog, sebelumnya kamu harus memiliki blog yang sudah berkembang dahulu. Pengembangan blog ini dapat dilakukan dalam 5 langkah mudah. Apa saja langkah mengembangkan blog agar bisa mendapatkan uang?

  • Pertama, buatlah blog memanfaatkan platform tertentu dan desain semenarik mungkin untuk menarik pembaca. Pastikan untuk mendesainnya sesuai dari tema penulisan yang kamu akan masukkan ke dalam blog nantinya.
  • Kedua, selalu terbitkan konten-konten blog yang menarik, bermanfaat, dan ditunggu dengan setia oleh pengunjung blog.
  • Ketiga, pastikan blog kamu bisa menarik target pembaca yang sudah kamu rumuskan sebelumnya sehingga ada banyak pengunjung blog sesuai harapan.
  • Keempat, jalin komunikasi dengan pembaca sehingga kamu memiliki kedekatan dengan pembaca rutin blog kamu. Semakin erat hubungan dengan pembaca, semakin tinggi juga intensitas pengunjung blog untuk mengunjungi blog kamu.
  • Kelima, manfaatkan beberapa cara mendapatkan uang dari blog yang akan dijelaskan pada bagian berikutnya nanti.

7 Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Setelah memiliki blog dengan mengembangkannya seperti yang dijelaskan pada langkah sebelumnya, kini kamu sudah bisa memanfaatkan sumber-sumber penghasilan di dalam blog dengan maksimal. Setidaknya ada 7 cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari blog. Apa saja ketujuh cara tersebut? Simak penjelasannya pada bagian berikut ini.

1. Melakukan Event

Cara pertama kamu bisa mendapatkan uang melalui blog adalah dengan melakukan event. Event adalah suatu kegiatan yang dilakukan blogger untuk menghasilkan uang. Biasanya jenis event ini diselenggarakan oleh beberapa blogger dengan mendatangkan para pembaca setia blog-nya. Namun acara ini dikenakan biaya masuk dan diselenggarakan dengan dukungan sponsor. Sehingga didapatkan keuntungan dari event yang dilaksanakan ini.

2. Melalui Donasi

Selanjutnya, kamu juga bisa mendapatkan uang dari blog dengan melalui donasi. Setiap pembaca bisa leluasa memberikan donasi untuk blog kamu, jika kamu memberikan peluang donasi tersebut. Pembca yang setia dan memang menginginkan untuk membaca tulisan kamu terus menerus, pastinya tidak akan segan-segan untuk memberikan donasi sebagai pendapatan operasional donasi.

3. Melalui Jasa dan Layanan

Kamu juga bisa melakukan cara mendapatkan uang dari blog dengan menawarkan jasa dan layanan di blog kamu. Jasa dan layanan yang kamu tawarkan di blog ini bisa sangat banyak jenisnya. Misalnya kamu bisa menawarkan jasa penulisan, jasa desain, dan berbagai layanan lainnya. Jadi pembaca bisa menggunakan jasa yang kamu tawarkan dengan sejumlah biaya tertentu yang langsung kamu terima.

4. Memasang Iklan

Biasanya cara inilah yang menjadi pendapatan utama dari seorang blogger. Iklan pada blog bisa diletakkan di banyak posisi. Jika kamu ingin mendapatkan penghasilan sebanyak mungkin, maka pasanglah iklan di banyak tempat. Namun sebaiknya kamu juga tetap memprtimbangkan kemudahan akses pembaca. Jangan sampai keberadaan iklan menutupi konten dari blog yang menarik pembaca untuk mengunjungi blog.

5. Memasarkan Produk Afiliasi

Afiliasi adalah teknik memasarkan produk yang dijual di suatu marketplace dengan menuliskan informasi dan reviewnya di blog kamu. Penulisan mengenai produk afiliasi ini akan mendatangkan keuntungan karena kamu akan mendapatkan komisi dari setiap produk yang berhasil laku. Itulah mengapa seorang blogger bisa menghasilkan banyak penghasilan yang lain juga.

6. Mendapatkan Pendapatan dari Membership Fee

Jika beberapa konten pada blog yang kamu miliki hanya bisa diakses oleh pemilik akun, maka kamu bisa memanfaatkannya untuk menjadi cara mendapatkan uang dari blog. Berikan kemungkinan pembaca memiliki membership blog kamu dengan membayar sejumlah biaya. Sehingga biaya pendaftaran dari menjadi anggota blog ini akan mendatangkan penghasilan untuk kamu.

7. Menjual Produk

Terakhir, blog juga bisa kamu fungsikan sebagai toko online. Sesuai dengan namanya, blog yang berfungsi sebagai toko online dapat menjadi tempat kamu menjual produk-produk toko. Desain website blog ini sebaik mungkin untuk memudahkan pengunjung melakukan pembelian produk. Itulah sedikit tips untuk cara bisnis online untuk pemula yang menjual produk di websitenya.

Jadi demikian tadi penjelasan mengenai apa saja langkah mengembangkan sebuah blog untuk bisa menggunakan cara mendapatkan uang dari blog. Ternyata banyak sekali bukan sumber penghasilan yang bisa dimanfaatkan dalam suatu blog yang aktif. Itulah mengapa kamu yang memang menyukai aktivitas menulis dan ingin mengembangkan bisnis kamu, silahkan coba beberapa cara di atas. Pastinya kamu tidak akan kecewa dengan penghasilan menarik dari aktivitas yang menarik ini. Jadi jangan tunggu lama lagi dan kembangkan bisnis blogging kamu!