6 Cara Mendapatkan Leads dalam Bisnis Online

Cara Mendapatkan Leads

Leads adalah istilah yang digunakan pada individu yang banyak diikuti dalam berbagai bidang. Beberapa tahun belakangan ini cara mendapatkan leads dalam bidang e-commerce adalah yang paling ingin diketahui masyarakat. Seperti yang pasti juga sudah kamu sadari, e-commerce atau pasar dengan teknologi yang semakin berkembang bisa diakses dalam genggaman tangan memang sangat memudahkan banyak tanggung jawab manusia. Termasuk juga dalam jual beli ini.

Walau terkesan suatu kondisi yang sulit dicapai, ternyata mendapatkan leads dalam bidang e-commerce jauh lebih dibandingkan bidang lain seperti ekonomi, otomotif, dan sebagainya. Oleh sebab itu, kamu yang tertarik ingin mendapatkan leads dalam bidang ecommerce dapat mencoba untuk melakukan beberapa cara yang direkomendasikan. Cara-cara ini akan sangat membantu kamu memahami ecommerce dan melakukannya dengan cara yang tepat hingga menjadi leads. Namun sebelumnya, penting untuk kamu memahami lebih jauh terkait apa itu leads terlebih dahulu. Jadi simak penjelasannya berikut ini.

Apa dan Bagaimana Mendapat Leads?

Sebelum lanjut ke penjelasan mengenai cara-cara mendapatkan leads, kamu perlu memahami dahulu apa dan bagaimana leads itu bisa didapatkan. Sebuah lead adalah seseorang yang menunjukkan ketertarikan pada brand, produk, atau jasa yang bisnis yang kamu miliki. Karena merupakan suatu bentuk ketertarikan, maka ada banyak jenis cara menunjukkan seseorang merupakan lead dari bisnis kamu. Dalam hal bisnis online, lead dapat ditunjukkan melalui hal-hal berikut ini:

  • Bisnis Kamu Dikenal oleh Leads

Apapun bisnis yang kamu kembangkan, seorang lead pasti akan mengetahui keberadaan kamu walau belum menjadi lead tadi. Jadi intinya seorang leaad adalah seseorang yang memiliki kepekaan/ pengenalan yang tinggi. Kemunculan di mesin pencari, iklan, dan promosi dari mulut ke mulut adalah yang dapat mencapai leads dengan cara seperti ini tadi.

  • Leads Dapat Meyakinkan Konsumen

Satu lagi seorang lead juga dapat meyakinkan konsumen, jadi antara produsen dan konsumen peran dari lead sangatlah penting. Semakin berpengaruh lead tersebut, maka semakin besar juga kemungkinan lead untuk menjual lebih banyak produk ke konsumen dengan kemampuan meyakinkannya. Jadi seorang lead haruslah memiliki kemampuan meyakinkan yang baik dan dapat mempengaruhi konsumen.

  • Konten adalah Alat Leads untuk Meningkatkan Ketertarikan

Seorang lead diketahui juga memiliki kemampuan membuat konten terkait produk yang menarik, karena seperti diketahui konten adalah alat yang digunakan oleh leads. Konten tersebut dapat berupa foto, video, testimoni, dan banyak jenis lainnya sesuai dengan bisnis kamu. Jadi seorang lead yang baik, pasti sudah memahami bagaimana konten yang seharusnya dibuat.

6 Cara Mendapatkan Leads dalam Bisnis Online

Setelah mengetahui dan memahami mengenai peran leads dalam bisnis kamu, sekarang pasti kamu ingin segera mendapatkan leads ini. Bagaimana kamu bisa segera mendapatkan leads dan mengembangkan bisnis kamu dengan baik? Simaklah mengenai cara-cara yang dapat kamu lakukan berikut ini.

1. Bangun dan Dapatkan Followers di Media Sosial

Cara mendapatkan leads yang pertama untuk berbagai jenis kamu adalah dengan membangun dan mendapatkan followers sebanyak mungkin di media sosial. Apapun media sosial yang kamu miliki, pastikan untuk menarik semakin banyak pengguna akun media sosial tersebut mengikuti akun bisnis yang kamu miliki. Lakukanlah beberapa trik untuk meningkatkan jumlah followers di instagram ini.

2. Desain Bisnis Kamu Memudahkan Digunakan oleh Leads

Kamu juga dapat mendesain bisnis kamu mulai dari sekarang untuk memudahkan leads menggunakannya. Leads akan meningkatkan ketertarikan pada bisnis kamu jika mereka mengenal dan menggunakannya. Bagaimana bisa lead tertarik menggunakannya jika desainnya tidak memudahkan mereka. Jadi harus dipertimbangkan desain bisnis yang bagaimana yang membuat leads mudah menggunakannya dan dapat memasarkannya ke konsumen.

3. Gunakan Promosi Menggunakan Email

Email juga merupakan alat yang sangat baik untuk kamu gunakan sebagai alat mencari leads. Cukup dengan mencari tahu alamat email yang mereka gunakan, kamu dapat menghubunginya secara personal untuk membantu menjadi leads dalam bisnis online kamu. Jadi cobalah bangun dan cari koneksi yang dapat menghubungkan kamu dengan leads yang kamu inginkan.

4. Manfaatkan Cookies Pengunjung

Sebenarnya kamu dapat mencari kandidat leads melalui pengunjung website kamu. Informasi mengenai pengunjung ini dapat kamu temukan melalui cookies website. Jadi pastikan untuk selalu memeriksa siapa-siapa pengunjung website danĀ  mana yang memiliki kemungkinan kamu dapatkan sebagai leads karena paling menunjukkan ketertarikan yang besar pada produk bisnis yang kamu tawarkan dengan terus mengunjungi website.

5. Manfaatkan SEO untuk Traffic yang Lebih Tinggi

Mendapatkan leads juga dapat kamu lakukan dengan memanfaatkan SEO yang baik. SEO yang baik diketahui mempengaruhi tingkat kunjung website. Hal ini yang sering diabaikan oleh banyak pebisnis online. Semakin tinggi traffic website kamu, maka semakin tinggi juga peluang leads akan kamu dapatkan. Jadi pastikan untuk membenahi dahulu SEO untuk dapat menarik semakin banyak pengunjung.

6. Tawarkan Promo dan Diskon

Jenis promosi yang menarik yang terakhir namun mungkin menjadi yang paling ampuh dapat kamu lakukan adalah dengan mengadakan promo dan diskon. Sama seperti SEO namun dengan cara yang berbeda, traffic website bisnis kamu akan terus meningkat jika ada promo dan diskon. Hal ini membuat leads menjadi lebih mudah didapatkan karena kemungkinan sukses yang lebih tinggi.

Jadi demikianlah tadi penjelasan mengenai apa saja 6 cara mendapatkan leads dalam bisnis online yang kamu miliki. Semoga dengan cara-cara yang disebutkan di atas anda dapat segera mengembangkan bisnis dan merasakan keuntungan dari bisnis yang dikembangkan dengan baik tersebut. Tentunya tetaplah tekun dan lakukan upaya pengembangan bisnis satu per satu namun dengan cara-cara yang tepat!