5 Tips Branding yang Ampuh untuk Berbagai Jenis Bisnis

62
Tips Branding

Branding adalah teknik pemasaran yang mengedepankan masyarakat mengenal brand dari produk melalui karakteristiknya. Namun hal tersebut tidak mudah untuk dicapai tanpa menggunakan tips branding yang memang sudah diakui keampuhannya, khususnya dalam hal meningkatkan kepekaan masyarakat terhadap brand tersebut.  Salah satu contoh brand terkuat di dunia saat ini adalah Coca-Cola. Siapa dan di negara mana yang tidak mengetahui brand Coca-Cola ini? Bahkan tidak hanya mengenal brand saja, masyarakat pun mengetahui apa saja produk dari Coca-Cola. Itulah mengapa branding dengan cara yang dilakukan Coca-Cola terlihat sangat menjanjikan.

Namun kamu tidak disarankan mengikuti teknik branding Coca-Cola saat ini, mengingat memang brand Coca-Cola sudah sangat sukses dengan pekerja puluhan ribu dan keuntungan milyar dollar. Kamu perlu melakukan branding dengan cara-cara yang tepat sesuai dengan bisnis yang kamu kembangkan. Walaupun cara branding tertentu berhasil di suatu bisnis, belum tentu berhasil juga untuk bisnis kamu. Itulah mengapa penting memahami dahulu branding yang tepat untuk produk bisnis kamu dan lakukan pemasaran dengan branding tersebut.

Ada beberapa tips branding yang dapat kamu coba untuk memaksimalkan branding produk bisnis. Tips ini diketahui sangat ampuh namun membutuhkan ketekukan dan usaha yang gigih untuk dapat merasakan hasilnya berupa branding produk yang dikenal dalam masyarakat. Apa saja yang harus kamu lakukan? Simak penjelasan lengkapnya pada bagian di bawah ini.

5 Tips Branding yang Ampuh untuk Berbagai Jenis Bisnis

Walau tidak semua tips branding ampuh untuk semua jenis bisnis, namun ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memaksimalkan branding. Tips memaksimalkan branding tersebut yang akan dijelaskan pada bagian ini. Setidaknya ada 5 cara yang perlu kamu lakukan untuk memastikan bahwa produk bisnis kamu akan dikenal di masyarakat dan masyarakat tidak ragu lagi membeli produknya. Apa saja tips dan caranya?

1. Identifikasi Keunikan Produk Bisnis Kamu

Tips yang pertama dan yang paling penting dalam melakukan branding produk adalah identifikasi keunikannya. Branding seperti diketahui adalah teknik mengenalkan brand ke dalam masyarakat, sehingga cukup ditunjukkan produknya orang mengetahui namanya atau sebaliknya cukup disebutkan namanya orang mengetahui produknya. Itulah mengapa harus ada yang unik dari produk bisnis kamu. Tanpa keunikan atau dengan kata lain produk kamu sama saja dengan produk lain, maka sulit untuk membuat masyarakat memilih produk kamu daripada produk lain yang sudah lebih dulu dikenalnya. Jadi pastikan untuk membuat sesuatu yang unik yang hanya dimiliki produk yang kamu pasarkan.

2. Kedepankan Nilai Positif dalam Strategi Branding

Selanjutnya, agar branding kamu dapat mencapai pasar yang lebih luas penting juga untuk mengedepankan nilai positif dalam strategi branding. Ketahui bahwa branding juga dapat dilakukan dengan mengedepankan nilai negatif. Misalnya dengan membuat settingan yang menarik perhatian adalah salah satu contoh branding cara negatif. Jika ingin melakukan dengan nilai positif, maka lakukanlah berbagai kegiatan amal dengan menggunakan brand produk bisnis kamu. Selain lebih bermanfaat, cara ini pun akan lebih mempertahankan kesetiaan dan ketertarikan yang lama dari pelanggan. Jadi selalu kaitkan nilai positif dari berbagai branding yang kamu lakukan.

3. Manfaatkan Nama, Logo, dan Link Website sebagai Alat Branding

Kamu juga harus membuat nama, logo, dan link website yang menarik sebagai alat branding. Jangan buat nama yang standar dan umum didengar. Seperti disebutkan sebelumnya, keunikan adalah senjata utama dalam teknik branding. Begitu juga dengan logo, pastikan membuat logo yang mencirikan keunikan produk kamu dan membuatnya menarik perhatian bagi siapapun yang melihat. Bentuk logo pun sekaligus dapat kamu jadikan cara branding dengan product tag. Soal link website akan sangat baik jika kamu memanfaatkan website sebagai alat branding. Website dapat kamu desain sesuai dengan konsep branding yang kamu pilih. Tidak hanya itu, website juga memiliki banyak fitur yang bermanfaat untuk berbagai jenis cara branding.

4. Miliki Halaman Website Khusus untuk Branding

Berikut ini salah satu teknik branding yang dapat kamu gunakan dengan menggunakan website. Halaman dalam website dapat kamu tambahkan sesuai kebutuhan dan untuk kebutuhan branding pastikan untuk menambahkan halaman About Us. Halaman ini dapat kamu desain dan isikan informasi yang lengkap dan menarik menggunakan banyak demografi untuk menjelaskan keunikan brand kamu. Misalnya kamu dapat memasukkan sejarah perkembangan bisnis, hingga bagaimana brand kamu dibuat dan apa saja yang brand kamu lakukan untuk membantu orang yang membutuhkan. Pastinya keberadaan halaman website ini akan memudahkan masyarakat untuk memahami brand kamu, mengenalnya, hingga mempercayainya.

5. Selalu Konsisten dalam Memilih Konsep Branding

Terakhir, branding harus memiliki konsep. Konsep ini yang akan kamu kedepankan untuk seterusnya. Jangan berganti-ganti konsep sehingga pelanggan tidak mengenalinya. Selalu konsisten adalah teknik terbaik dalam branding. Bahkan hingga saat ini Coca-Cola menggunaka kemasan warna merah setelah 125 tahun lamanya. Alasannya sederhana yaitu konsistensi. Sangat mungkin masyarakat tidak mengenali Coca-Cola jika tidak berkemasan warna merah dengan tulisan putih. Jadi  begitu juga dengan bisnis kamu, tentukan konsep branding dan gunakan terus menerus dengan konsisten. Kreativitas tidak digunakan untuk mengganti konsep branding tetapi dalam menemukan cara pemasarannya saja.

Jadi itulah tadi penjelasan mengenai apa saja tips branding yang ampuh untuk berbagai jenis bisnis. Kamu yang memiliki bisnis dan ingin mempunyai branding yang bagus dari bisnis tersebut, maka cobalah beberapa tips di atas. Semoga hasilnya tidak akan mengecewakan dan peningkatan penjualan produk bisnis dapat segera terasa. Jadi tetap tekun dan sabar dalam mengembangkan bisnis masih menjadi strategi utama berbisnis!