5 Cara Menjadi Reseller dan Memulai Bisnis Sendiri

5-cara-menjadi-reseller-dan-memulai-bisnis-sendiri

Peluang usaha menjadi reseller adalah salah satu peluang bisnis online yang mudah dan menjanjikan saat ini. Walau begitu masih banyak yang belum memahami bagaimana cara menjadi reseller bisa mendatangkan kesuksesan. Seperti diketahui, reseller adalah pebisnis online yang menjual kembali barang supplier ke pembeli dengan menambahkan keuntungan dari selisih harganya. Bisnis reseller ini menjadi salah satu bisnis yang paling menjanjikan, khususnya bagi kamu yang baru ingin memulai menjadi pebisnis. Namun memang tanpa trik-trik ampuh, sulit juga untuk memastikan kesuksesan dalam dunia reseller ini.

Berdasarkan berbagai pengalaman para reseller yang sudah melalui masa-masa sulitnya mengembangkan bisnis, kamu bisa mempelajari cara menjadi seorang reseller. Biasanya, tips dan trik yang diberikan akan berkaitan erat dengan bagaimana kamu bisa memanfaatkan internet semaksimal mungkin untuk pengembangan bisnis yang kamu rintis. Pastinya kamu membutuhkan informasi yang lebih jelas lagi mengenai hal ini bukan? Tenang saja karena bagian berikutnya akan memaparkan secara lengkap 5 cara menjadi reseller yang bisa kamu jadikan panduan dalam berbisnis online.

5 Cara Menjadi Reseller dan Memulai Bisnis Sendiri

Seperti yang dijelaskan pada bagian sebelumnya, bagian berikut ini akan membantu kamu memulai bisnis sendiri sebagai reseller. Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi reseller dan bagaimana cara-caa tepat yang harus kamu lakukan untuk mewujudkannya, maka cobalah kamu simak penjelasan di bawah ini. Lakukan beberapa cara di bawah ini dengan sebaik mungkin dan semoga bisnis reseller kamu bisa mencapai kesuksesan yang kamu harapkan.

1. Cara Memilih Produk yang Tepat untuk Dijual Kembali

Langkah pertama menjadi seorang reseller adalah dengan memilih produk apa yang akan kamu jual kembali. Seperti dijelaskan sebelumnya, reseller adalah penjual kembali suatu produk untuk mendapatkan keuntungan dari selisih harganya. Namun kamu biasanya tidak akan melakukan pengiriman barang langsung. Kamu akan menjadikan supplier sebagai dropshipper untuk mengirimkan produk ke pembeli. Itulah mengapa kamu wajib memilih produk yang tepat untuk dijual kembali.

Biasanya hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih produk yang tepat untuk dijual kembali adalah harga. Pastikan harga produk tidak terlalu mahal setelah kamu tambahkan harga keuntungan penjualan kembali. Selain itu, pertimbangkan juga mengenai ukuran dan biaya pengiriman, pilihlah produk yang tidak sulit untuk dikirimkan karena ukurannya besar. Alasannya karena kamu tidak mengurus sendiri hal ini dan tidak bisa menjaminnya.

2. Cara Memilih Supplier Produk yang Terpercaya

Selanjutnya, kamu juga perlu memilih supplier produk yang terpercaya untuk produk yang akan kamu jual. Karena kamu tidak memiliki stok produk yang dijual sendiri, maka kamu harus menjual produk supplier dalam bisnis reseller. Itulah mengapa penting untuk kamu mencari supplier yang benar-benar membantu bisnis kamu berkembang. Supplier bisnis yang kamu pilih harus kamu periksa dahulu menggunakan internet jejak digitalnya.

Ketahui informasi terkait lokasi supplier, kualitas produknya, kinerja kerja samanya, dan banyak aspek penilaian lain. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Komunikasi kamu sebagai reseller dengan supplier akan bergantung penuh pada komunikasi tidak langsung. Jika kamu salah memilih supplier, maka besar sekali resiko kamu akan tertipu.

3. Cara Mempelajari Persaingan dengan Kompetitor

Jangan lupa bahwa bisnis reseller bergantung penuh dengan bagaimana cara kamu menjual produk. Jika kamu ingin bisa menjual produk dengan jumlah yang banyak, maka kamu harus memperhitungan kompetitor kamu dan penjualannya. Kompetitor yang sudah berkembang dengan baik bisnisnya akan menandakan penjualan yang sangat tinggi. Pastikan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasarannya.

Jika ada kekurangan dari kompetitor, tawarkan kelebihan kamu yang menjadi solusi dari kekurangan itu. Namun kamu pun selain itu harus bisa membuat pembeli lebih terarik pada produk kamu daripada produk yang dijual oleh kompetitor. Jadi pelajari kompetitor kamu sebaik mungkin sebagai modal awal.

4. Cara Merumuskan Sistem Pelayanan Konsumen

Penting juga bagi kamu untuk melayani konsumen dengan baik. Pelayanan konsumen yang baik biasanya tidak dilakukan dengan spontan, tetapi sudah dirumuskan standar dan sistemnya. Jika bisnis kamu belum memiliki sistem pelayanan konsumen ini, maka segeralah susun sekarang juga. Bisnis reseller kamu akan sangat membutuhkan kepercayaan konsumen dan kepercayaan konsumen hanya bisa kamu dapatkan dari pelayanan yang baik.

Misalnya hal-hal yang harus kamu atur dalam sistem pelayanan konsumen adalah informasi lengkap mengenai proses pemesanan, pembayaran, hingga pengiriman. Juga ketentuan-ketentuan dalam menjawab pertanyaan dari konsumen.Dengan sistem pelayanan yang disusun rapi ini, pastinya konsumen tidak akan kecewa membeli produk bisnis kamu.

5. Cara Melakukan Pemasaran dengan Maksimal

Tanpa adanya pemasaran yang maksimal, ketahui bahwa kamu akan kesulitan untuk menjual produk reseller. Pemasaran produk ini pun biasanya harus berupa pemasaran online, karena kamu tidak memiliki produk yang akan diperjualbelikan. Bagaimana kamu dapat melakukan pemasaran dengan maksimal? Pemasaran produk reseller secara online sangat banyak caranya. Namun yang paling utama adalah dengan memanfaatkan media sosial.

Media sosial mampu membuat produk yang kamu jual langsung dikenal oleh masyarakat. Oleh sebab itu, pastikan untuk memaksimalkan pemasaran produk dengan berbagai cara menarik. Hingga akhirnya kamu bisa menjual produk-produk reseller ini sebaik mungkin.

Jadi demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai apa saja 5 cara menjadi reseller sukses dan memulai bisnis kamu sendiri. Ternyata kamu hanya perlu melakukan kelima cara di atas dengan baik danĀ  bisnis reseller kamu berpeluang besar untuk dapat laku dengan laris di pasaran online. Itulah mengapa penting untuk kamu memanfaatkan internet sebaik mungkin dalam bisnis reseller. Sebagai penjual barang kembali yang tidak kamu miliki barang fisiknya, andalan kamu adalah internet mulai dari pemilihan produk hingga pemasarannya kembali. Pastikan untuk giat dan tekun dalam pengembangan bisnis ini dan jadilah salah satu reseller yang paling sukses!