10 Cara untuk Bebas Finansial yang Efektif dan Efisien

Cara untuk Bebas Finansial

Impian setiap orang adalah memiliki kebebasan dan kemandirian secara finansial dalam hidupnya. Ternyata cara untuk bebas finansial ini dapat dilakukan oleh semua orang, siapapun termasuk kamu memang bisa bebas dan mandiri secara finansial. Hanya saja mungkin informasi mengenai apa yang harus kamu lakukan untuk mencapai kedudukan bebas finansial tadi belum pernah kamu pelajari sebelumnya. Tenang saja karena setiap masalah keuangan yang kamu hadapi memiliki penyelesaian hingga kamu pun dapat memahami dengan baik arti dari kebebasan finansial.

Sesuai dengan namanya, bebas finansial (financial independence) memiliki arti kamu memiliki kepemilikan secara bebas terhadap engaturan keuangan kamu. Pendapatan yang kamu dapat sudah dapat diandalkan untuk kamu dapat menjalankan hidup seperti yang kamu inginkan. Tidak ada lagi kekhawatiran untuk kamu mengenai pembayaran tagihan dan pengeluaran tidak terduga. Apalagi soal hutang, seseorang yang sudah memiliki kondisi bebas finansial tidak akan lagi memiliki hutang. Kamu pasti sudah mengerti bukan mengapa setiap orang ingin bebas secara finansial?

Permasalahannya apakah kamu pun bisa mencapai kondisi bebas finansial ini? Jika bisa, maka apa saja yang harus kamu lakukan untuk perlahan-lahan mencapai kondisi tersebut? Simak penjelasannya pada bagian di bawah ini.

10 Cara untuk Bebas Finansial yang Efektif dan Efisien

Tentu kamu pun sudah tidak sabar bukan ingin mengatur keuanganmu sendiri agar dapat mencapai bebas finansial secepat mungkin? Maka lakukanlah beberapa cara di bawah ini yang diketahui sangat efektif untuk menuntun kamu pada kondisi di mana keuangan bukanlah lagi hal yang memusingkan.

1. Ketahui Kondisi Keuangan Kamu Sekarang

Menuju target bebas finansial pertama-tama dapat kamu lakukan dengan mulai mempelajari kondisi keuangan kamu saat ini. Ketahui berapa penghasilan yang kamu dapatkan secara rutin, berapa hutang yang kamu miliki, berapa tabungan yang ingin kamu miliki, dan berapa jauh kamu dari harapan tersebut. Catat setiap hal tentang kondisi keuangan secara detail dan catat juga jika kamu memiliki berbagai tabungan dan peluang investasi yang menguntungkan.

2. Lihat Kepemilikan Uang sebagai Hal Positif

Jika sudah cukup mengetahui bagaimana kondisi keuanganmu sekarang, maka mulailah membangun mindset yang tepat. Dalam kondisi kesulitan keuangan, mungkin kamu akan selalu menganggap bahwa uang adalah hal negatif yang merugikan dan terus membebani kamu. Ketahui bahwa hal tersebut yang harus kamu lalui dengan menganggap kepemilikan uang sebagai hal positif.

3. Tulis Semua Tujuan Kamu dalam Hidup

Agar kamu memiliki motivasi untuk mencapai bebas finansial tadi, maka cara selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mencatat apa saja tujuan kamu dalam hidup. Misalkan kamu ingin bisa berkeliling dunia suatu hari nanti. Atau bisa juga seperti apa kamu ingin pernikahan kamu berlangsung dan berapa kira-kira biaya yang dibutuhkan. Melihat angka yang diperlukan untuk mencapai tujuan itu akan membuat kamu semakin bersemangat dan teratur dalam menggunakan uang.

4. Catat Setiap Pengeluaran yang Kamu Lakukan

Cara untuk bebas finansial selanjutnya adalah tidak bebas dalam mengeluarkan uang. Artinya kamu harus mengetahui apa saja jenis pengeluaran yang paling utama. Catat setiap pengeluaran tersebut untuk kamu pahami apakah ada pengeluaran yang sebenarnya tidak diperlukan dan harus segera kamu hentikan melakukannya untuk dapat menghemat uang dan melakukan cara berikutnya.

5. Menabunglah!

Tabunglah sejumlah uang secara rutin dalam jangka waktu tertentu. Sebab untuk dapat bebas finansial tahapan utama yang sering kali tidak dilakukan adalah membayar hidup kamu sendiri secara rutin. Membayar setiap hari kehidupanmu pada dirimu sendiri membuat kamu memiliki sejumlah uang yang dapat menjadi modal kamu menuju bebas finansial tadi.

6. Kurangi Pengeluaran yang Tidak Dibutuhkan

Kamu sudah memiliki daftar pengeluaran rutin yang kamu lakukan dan memutuskan menabung sejumlah uang secara rutin. Agar kamu dapat melaluinya dengan lebih mudah maka yang harus kamu lakukan adalah mengurangi pengeluaran yang tidak dibutuhkan. Itulah mengapa jika kamu sadari kebanyakan orang yang benar-benar kaya tidak terlihat kaya sama sekali. Alasannya adalah karena mereka tidak menghabiskan uang yang dimiliki untuk hal yang tidak dibutuhkan.

7. Habiskan Uang untuk Pengalaman Bukan Benda

Terkadang kebanyakan orang merasa bahagia hanya karena dapat membeli suatu barang. Namun apakah kebahagian setelah membeli barang/ benda tersebut bertahan lama? Cobalah kamu membeli pengalaman dan memori, maka kebahagian yang kamu rasakan akan bertahan hingga kamu tidak dapat mengingatnya lagi. Lebih baik kamu menghabiskan uang yang kamu kumpulkan untuk hal-hal seperti itu.

8. Bayar Semua Hutang yang Kamu Miliki

Jika sebelumnya kamu sudah mendaftar kondisi keuangan dan menyadari sejumlah hutang yang belum kamu bayar, maka gunakan penghasilan kamu untuk membayarnya satu per satu. Dahulukan untuk membayar setiap hutang terlebih dahulu sebelum melakukan  berbagai impian kamu. Karena hutang adalah penghalang terbesar menuju kebebasan finansial yang kamu inginkan.

9. Tambahkan Sumber Penghasilan Lainnya

Usia yang masih muda dan semangat menuju bebas finansial dapat kamu manfaatkan untuk mencari berbagai sumber penghasilan lain. Jika kamu memiliki kemampuan, maka gunakan kemampuan tersebut untuk dapat memiliki lebih banyak sumber penghasilan dan semakin dekat dengan bebas finansial seperti yang tadi dijelaskan. Contohnya kamu dapat melakukan berbagai jenis strategi bisnis yang efektif untuk membuka bisnis dan sukses mengembangkannya.

10. Lakukan Investasi

Cara terakhir, cobalah berinvestasi walau memang beresiko. Tetapi saat ini sudah ada beberapa jenis investasi yang tidak beresiko tinggi, kamu dapat mencobanya di awal-awal. Hasil investasi ini akan membantu kamu dalam menyeimbangkan keuangan dan jika semakin mahir dan sukses bahkan investasi bisa menjadi sumber penghasilan utama kamu.

Nah demikianlah tadi penjelasan mengenai apa saja 10 cara untuk bebas finansial yang efektif dan efisien untuk kamu coba mulai dari sekarang. Semakin cepat kamu mengetahui kondisi keuangan kamu dan mengaturnya, maka semakin dekat juga kamu untuk mencapai bebas finansial. Artinya, kondisi bebas finansial memang tidak mungkin kamu capai tanpa adanya usaha dan persiapan