10 Cara Membuat Pelanggan Setia Membeli Produk Bisnis

Cara Membuat Pelanggan Setia

Bisnis dalam bidang jual beli menurut berbagai pengalaman lebih membutuhkan pelanggan yang setia membeli daripada pelanggan baru dalam jumlah banyak. Atau dengan kata lain, bisnis sangat membutuhkan cara membuat pelanggan setia membeli, tidak hanya tertarik membeli. Promosi yang bagus pastinya dapat menarik pembeli, namun apakah promosi juga yang dapat mempertahankan pelanggan untuk kembali membeli lagi? Jawabannya tidak, karena keputusan pelanggan untuk setia membeli produk bisnis kamu biasanya berkaitan dengan aspek-aspek lain.

Disebut-sebut pelanggan yang setia lebih berharga hingga 7 kali lipat daripada pelanggan baru. Hal ini juga yang membuat pebisnis harusnya melakukan berbagai cara untuk dapat mendapatkan kesetiaan pelanggan. Menjaga kesetiaan pelanggan dapat dilakukan dengan biaya yang lebih murah, lebih menguntungkan, dan pastinya lebih mudah daripada harus menarik perhatian pelanggan baru lagi. Oleh sebab itu, kamu membutuhkan cara membuat pelanggan setia untuk membeli produk kamu secara berkala bukan? Jika kamu belum mengetahuinya, maka simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

10 Cara Membuat Pelanggan Setia Membeli Produk Bisnis

Secara umum, mempertahankan dan menjaga kesetiaan pelanggan yang sudah ada ternyata berhubungan dengan bagaimana kualitas produk dan pelayanan yang bisnis kamu berikan. Semakin sempurna kombinasi keduanya, semakin tinggi juga peluang pelanggan yang sudah pernah membeli akan membeli kembali. Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat pelanggan setia dengan kualitas produk dan pelayanan yang baik.

1. Adakan Program Khusus untuk Pelanggan yang Setia

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga bahkan meningkatkan kesetiaan pelanggan yang sudah pernah membeli adalah dengan melakukan program khusus (special event). Misalnya berikan bonus produk atau potongan harga bagi pelanggan yang membeli dalam batas harga tertentu atau lebih dari berapa kali pembelian. Cara ini akan membuat pelanggan kembali dan kembali lagi membeli.

2. Aktif Manfaatkan Media Sosial Bisnis Kamu

Jangan sampai bisnis kamu tidak memiliki sosial media. Pastikan untuk membuat beberapa akun bisnis kamu di berbagai media sosial. Lakukan pemasaran produk-produk baru untuk membuat pelanggan yang sudah pernah membeli kembali membeli karena keberadaan produk baru kembali. Manfaatkan juga media sosial untuk berkomunikasi dengan pelanggan mengenai apa yang mereka inginkan kembali dijual.

3. Jujur kepada Pelanggan

Cara yang paling mudah untuk mendapatkan kesetiaan pelanggan ternyata datang dari diri kamu sendiri, yaitu sikap jujur. Jujur dalam hal waktu pengiriman, kondisi produk, dan hal-hal lainnya dalam pembelian membuat pelanggan tidak akan kecewa dan kehilangan kepercayaannya pada bisnis kamu. Jadi pastikan untuk membiasakan jujur dalam setiap kesempatan.

4. Manfaatkan Email untuk Menjaga Ketertarikan Pelanggan

Kamu dapat menggunakan email untuk memberikan informasi-informasi terbaru dari bisnis kamu ke pelanggan yang sudah pernah membeli. Misalnya kamu dapat mengirimkan penawaran bulanan, katalog produk baru, diskon, dan banyak lagi. Jadi pastikan untuk meminta email pelanggan dan manfaatkan fungsi email untuk mempertahankan pelanggan tetap setia membeli.

5. Manfaatkan Program Sosial untuk Pembelian Tertentu

Jika kamu membuat program sosial yang berkaitan dengan pembelian produk bisnis, maka pelanggan  akan tertarik kembali membeli lagi dan lagi. Maksud program sosial di sini adalah, misalnya setiap pembelian yang dilakukan akan disumbangkan untuk orang yang membutuhkan sebesar berapa persen. Hal ini akan membuat banyak pembeli berlomba-lomba untuk terus membeli dan melakukan kebaikan.

6. Membuat Ekspektasi Pelanggan yang Realistis

Cara membuat pelanggan setia membeli produk kamu juga dapat dilakukan dengan selalu membuat ekspekati yang realistis. Misalnya dalam tips bisnis kaos yang berkaitan dengan hal kualitas bahan, katakan kualitas bahan apa adanya dan jangan melebih-lebihkan. Hal ini dilakukan agar pelanggan tidak terlalu berekspektasi tinggi dengan kaos dan ketika akhirnya produk sampai pelanggan tidak kecewa dengan kualitas bahan yang tidak sesuai dengan ekspektasinya yang tinggi.

7. Pasarkan Sesuai Selera Target Pelanggan

Seperti diketahui, kamu dapat mengetahui riwayat setiap pelanggan melalui produk yang dibelinya sebelumnya. Kamu kemudian dapat memasarkan produk sejenis yang sesuai selera dengan target pelanggan kepada pelanggan tersebut. Pelanggan jadi tahu pilihan lain lagi yang sesuai dengan seleranya ternyata masih ada di toko kamu untuk dapat dibeli.

8. Selalu Perhatikan Pertanyaan yang Pelanggan Ajukan

Pelanggan biasanya akan sering mengajukan pertanyaan sebelum membeli. Walau terkesan merepotkan, namun dengan perhatian terhadap pertanyaan-pertanyaan ini pelanggan akan merasakan pelayanan yang maksimal dari bisnis kamu. Jadi pastikan untuk sellau memperhatikan apa yang pelanggan tanyakan dan berikan jawaban yang mereka butuhkan untuk kembali dapat tertarik membeli.

9. Tanggapi Segera Keluhan dari Pelanggan

Selain pertanyaan, ada juga keluhan yang mungkin disampaikan oleh pelanggan kepada kamu. Pastikan untuk menanggapi seluruh keluhan tanpa terkecuali. Tanggapan yang kamu berikan harus dapat memberikan solusi terhadap pelanggan dan jangan sampai pelanggan kecewa terhadap pelayanan ini dan tidak mau membeli lagi produk yang kamu jual.

10. Targetkan Pelanggan Melalui Media Sosial

Kamu juga harus dapat memastikan bahwa pelanggan yang kamu targetkan aktif dan terinformasi dengan baik melalui media sosial. Mintalah para pelanggan yang setia untuk memantau terus produk baru melalui akun media sosial kamu. Sehingga pembeli terus tertarik dengan produk-produk yang ada dan tetap membelinya kembali.

Demikianlah penjelasan mengenai apa saja 10 cara membuat pelanggan setia membeli produk bisnis yang kamu pasarkan. Ternyata menjaga kesetiaan pelanggan dapat dilakukan dengan mudah dan tanpa modal yang besar bukan? Itulah mengapa sebagai pebisnis penting untuk memastikan pelanggan yang sudah pernah membeli kembali membeli lagi. Sehingga penjualan produk bisnis kamu tidak akan pernah kekhawatiran tidak ada pembeli dan tidak perlu terlalu repot lagi mengurus pemasaran. Karena pelanggan yang setia juga dapat melakukan pemasaran tidak langsung ke orang-orang di sekitarnya yang mendatangkan keuntungan juga untuk kamu!